Pelabuhan Lembar

Dermaga Pelabuhan Lembar | Doc: Fazword
Dermaga Pelabuhan Lembar | Doc: Fazword

Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu Pintu Masuk ke Lombok melalui jalur laut selain Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Pelabuhan ini tepatnya terletak di desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, +- 20 km dari kota Mataram. Pelabuhan Lembar melayani penyebrangan kapal penumpang (Kapal Ferry) dan kapal barang dari wilayah barat dan utara Lombok, seperti Bali dan Makassar (kapal Pelni).  Pelabuhan ini memiliki tiga dermaga, dimana dua dermaga adalah dermaga kapal penumpang dan satu dermaga adalah dermaga kapal barang. Pelabuhan ini dilengkapi loket tiket 24 jam, fasilitas Musholla, ruang tunggu dan meeting point penumpang. Juga terdapat area tunggu yang luas untuk kendaraan yang akan menyeberang.

Aktivitas penyebrangan berlangsung 24 jam (selama cuaca bagus). Penyebrangan ke Lombok – Bali dilayani dengan frekuensi keberangkatan 1 jam sekali. Oleh karena itu, rekan-rekan Traveler tidak perlu khawatir mau nyebrang jam berapapun, bisa dipastikan tetap ada kapal. Penyebrangan Bali – Lombok /Lombok –  Bali dengan kapal ferry normalnya ditempuh selama 3-4 jam, kadang bisa lebih lama sampai 5 jam, tergantung cuaca dan aktivitas bongkar muat di dermaga.

Tarif penyebrangan Lombok – Bali /Bali – Lombok dengan kapal ferry terbaru (update Desember 2014)

  • Pejalan Kaki (Dewasa): Rp 45.000,- / prs
  • Pejalan Kaki (Anak-anak): Rp 30.000,- /prs
  • Pengendara Sepeda: Rp 65.000,- /unit
  • Pengendara Sepeda Motor: Rp 125.000,- /unit
  • Motor di atas 500cc: Rp 250.000,- /unit
  • Mobil penumpang: Rp 895.000,-/unit
  • Mobil Pick-Up: Rp 840.000,-/unit
  • Mini Bus dengan panjang body max. 7m: Rp 1.810.000/unit
  • Truck Sedang: Rp 1.485.000,- /unit
  • Truck Besar: Rp 2.440.ooo,- /unit
  • Bis: Rp 3.060.000,- /unit
  • Tronton: Rp 3.115.000,- /unit
  • Trintin: Rp 4.625.000,- /unit

Sumber info: twitter @infolombok

Nah, rincian tarif di atas dapat menjadi referensi menyusun budget bagi rekan-rekan traveler yang akan ke Lombok melalui jalur laut di Pelabuhan Lembar.

Pelabuhan Lembar, selain melayani penyebrangan kapal ferry dan kapal barang, akhir-akhir ini juga banyak disinggahi kapal-kapal pesiar dari luar negeri. Entah itu dari Eropa, Amerika bahkan Asia sendiri. Tentu saja karena Lombok memang sedang naik daun dengan pariwisatanya yang sudah mulai banyak dijadikan primadona oleh turis Asing. Jadi, jangan heran ketika nanti rekan-rekan traveler naik kapal ke Pelabuhan Lembar melihat Kapal Pesiar sedang menepi di Pelabuhan Lembar. Justru beruntung bisa melihat langsung kapal besar dari luar negeri😀

Kapal Pesiar @ Lembar | Blur Doc: Fazword
Kapal Pesiar @ Lembar | Blur Doc: Fazword

Oh ya, opini pribadi dari saya: Waktu paling bagus untuk nyebrang dari Lembar, Lombok ke Bali adalah waktu sore sekitar jam 3/4 karena selama perjalanan ke arah Bali (barat) Anda akan disuguhkan pemandangan indah sunset di selat Lombok. Sedangkan jika menyebrang dari Bali ke Lombok, waktu paling baik menurut saya adalah sekitar jam 1-2 siang karena selama perjalanan ke Lombok, kita akan disuguhkan pemandangan indah selat Lombok dan sunset yang menemani berjalannya kapal ke Lombok. Saya pernah merasakan kalo yang ini😀😉

Berikut penampakannya😀

to Pelabuhan Lembar | Doc: Fazword
to Pelabuhan Lembar | Doc: Fazword
The Beauty of Selat Lombok | Doc: Fazword
The Beauty of Selat Lombok | Doc: Fazword

Sekian review tentang Pelabuhan Lembar dari saya. Lagi-lagi saya hanya bisa mengatakan Selamat Datang di Lombok, rumah saya. Anggap rumah sendiri ya🙂 Tapi ingat, tetap jaga kebersihan dan ketentraman rumah sang tuan rumah😉

Terima kasih

db275-ttd

 

 

 

=======================================================

45 thoughts on “Pelabuhan Lembar

  1. hati-hati di pelabuhan Lembar pada malam hari.
    Banyak preman kacangan berkeliaran cari mangsa.
    1 januari 2014 jam 2.00 dini hari, saya mau nyeberang ke Padang Bai.
    Begitu di loket karcis pelabuhan Lembar petugas nya tidak mau menerima pembayaran, dan saya disuruh terus masuk ke kapal. Begitu di kapal, malah datang preman kacangan yg menghampiri saya yg minta uang 1 juta, padahal tarif penyeberangan Rp 733.000.
    Waktu saya sisanya buat apa?? Dia jawab buat keamanan.
    Karena saya ga menuruti kemauannya, akhirnya saya cekcok dgn preman di tempat parkir di kapal. Saya suruh yg nyuruh preman tsb datang ke kapal untuk temui saya, malah ga mau datang.
    Petugas pelabuhan & para ABK kapal hanya diam aja melihat keributan itu.
    Akhirnya saya kasih Rp 800.000, dia pergi sambil ngedumel.
    Setelah kapal berangkat, saya tanya ke ABK, kejadian seperti ini sering terjadi di pelabuhan Lembar terutama pada malam hari & pada mobil pribadi.
    Seandainya saya tidak mengajak anak istri & mertua, mungkin pistol saya yg akan bicara.
    Jika hal tsb dibiarkan terus, saya yakin suatu saat akan ada darah yg tumpah, hanya karena ulah preman. Kalo memang minta duit, minta yg wajar, jgn asal omong.
    Trims

    • Terima kasih pak atas informasi dan himbauannya, komentar bapak saya publish agar teman-teman traveler yang lain juga bisa lebih waspada terhadap hal-hal tidak mengenakkan seperti ini. Hal ini tentu saja tidak hanya terjadi di pelabuhan Lembar, tapi di tempat-tempat lainnya juga yang wajib diwaspadai bersama.
      Terima kasih

      • Fazwrod : selamat siang pak, di mna saya bisa download harga daftar tarif penyeberangan yg updated dari lombok ke bali ???

      • Selamat siang,
        untuk download info, saya kurang tau yang resminya di mana karena setau saya belum ada website.
        Info-info di post ini juga up to date, saya dapatkan di twitter @infoLombok dan @infoLembar yang up to date infonya. Bisa dapat infonya dari sana ya Bli🙂

  2. @ fazword: Terima kasih buat info nya.., kebetulan saya ingin melakukan perjalanan air dari bali menuju ke lombok… yang ingin saya tanyakan .. apakah kalo penyebrangan dari bali ke lombok bila sesampainya disana ada transportasi sprti taxi yg sdh standby dekat pelabuhan sekeluarnya penumpang keluar dari kapal ferry? semacam itu lah pak. NB: krn sy melakukan perjalanan backpacker dgn bbrp org teman dari bali, TRIMS

    • Halo mbak Celia,
      Terima kasih kembali sudah baca blog saya🙂
      Setau saya, taksi di pelabuhan tidak ada yang standby di terminal pelabuhan, taksi biasanya mangkal di jalan raya Gerung. Jalan kaki saja mbak sama teman-temannya ke luar area pelabuhan ke jalan raya terus ikuti jalan raya yang ke arah gerung jalan kaki +- 250m biasanya taksi mangkal di situ. Taksi bluebird yang biasanya mangkal di situ, atau kalo mau pasti telepon saja mbak operator taksinya.
      Di pelabuhan juga biasanya ada yang suka nawarin jasa charter. Sebenarnya ini bisa jadi solusi, tapi kalo mau lebih nyaman, taksi tetap pilihan utama🙂

      Good luck ya mbak dan selamat berlibur di Lombok🙂

  3. Hallo mas,

    Kalo boleh tau, apakah di sekitar Pelabuhan Lembar ada tempat penyewaan sepeda motor?krn saya & 3 travelmates saya memutuskan u/ keliling Lombok menggunakan spd motor saja..

    Thanks Mas sblmnya u/ infonya ☺

    • Halo mbak,
      setau saya belum ada mbak😦
      Mungkin bisa browsing di kaskus siapa tau ada infonya…
      Atau kalo mau kebetulan lewat Bali kan? Sewa motornya di Bali terus bawa ke Lombok, itu bisa, tapi cara ini kalo memang setelah dari Lombok akan kembali ke Bali lagi

      Maaf ya kurang lengkap infonya🙂
      Semoga membantu

  4. Selamat siang pak, mau nanya nih, kalo dari lembar menuju pelabuhan penyebrangan yang ke pulau sumbawa, berapa jam perjalanan ya. Dan berapa biaya penyebrangannya utk mobil penumpang.
    Terimaksih sebelumnya.

    • Halo mbak Nisa,
      setau saya tarif penyebrangan penumpang di Lembar tidak naik di musim mudik ini.
      Biasanya juga kenaikan dilakukan terkait kenaikan harga bbm, bukan saat ada mudik seperti ini.

      Tapi nanti didouble check lagi ya di pelabuhan.
      Terima kasih

      • halo kang,
        insya Allah aman kok, ada petugas pelabuhan yang jaga-jaga. Saya juga pernah kok turun kapal di lembar sekitar jam 5 pagi, waktu itu tidak masalah.
        Tapi, tetap waspada ya karena kejahatan bisa saja kejadian kalo kita tidak waspada.

  5. Slam Mas….
    Maaf sebelumnya, yang ingin saya tanyakan kenapa petugas yang di pelabuhan ataupun pihak polisi tidak bertindak atas preman2 yang ada di sekitar pelabuhan?
    Karna saya pernah sudah beli tiket tapi malah di minta uang masuk lagi sama orang di sekitar loket….jelas saja saya tidak mau dan untungnya itu kejadiannya siang mungkin kalo malam mereka bertindak kasar sama saya….trims….

    • Salam mbak,
      Seharusnya pihak keamanan pelabuhan WAJIB melindungi semua pengguna jasa pelabuhan dari kegiatan tidak mengenakkan oleh siapapun.
      Apakah waktu itu mbak sempat menemui atau mencatat nomor pengaduan pelabuhan/syah bandar Lembar?
      Jika ada, mbak bisa coba laporkan saja kejadian tersebut beserta kronologi detailnya agar dapat ditindak lanjuti.
      Sekali lagi petugas keamanan WAJIB melindungi semua pengguna jasa pelabuhan.

      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya ya mbak🙂
      Semoga tidak terulang kembali.

      Regards,

      Fathul

      • Saya mau tanya mas kalau tengah malem dari lembar ke mataram transportasi murah tuh apa yah? Atau bisa saya sewa mtor dari lembar menuju mataram?

  6. salam Mas,,,
    mau tanya, kalau dari senggigi ke pelabuhan lembar berapa jam ya, terus ada bus ngga dari senggigi ke pelabuhan lembar?
    di Bali nama pelabuhannya apa ya?

    Thanks

    • Halo salam kenal juga…
      maaf baru bisa balas pertanyannya🙂

      Senggigi – Lembar +- 1,5 jam, kebetulan belum ada bis langsung dari Senggigi ke Lembar.
      Adanya kendaraan umum turun naik beberapa kali.

      Di Bali nama pelabuhannya untuk yang nyebrang dari Lombok Pelabuhan Padang Bai.

      Semoga membantu🙂

      • Lam kenal mas…
        Mau tanya neh dilombok penginapan paling murah brp ? Yg deket2 mataram.. trz klo sewa sepada motor kira2 brp? N tmpatnya dmn?
        Trimakasih mas… dan smg maz berkenan

      • Salam kenal mas,
        Penginapan ada juga yang rate 100an K mas, ada yang bisa isi berdua juga, biasanya yang gaya backpacker atau budget gitu, di sekitaran ampenan atau di Senggigi juga ada.
        Di Gili Trawangan juga setau saya ada tapi masuk ke dalam gang gitu lokasinya.

        Sewa motor di Mataram… saya kurang tau yang ini mas, maaf ya infonya kurang nih kalo sewa motor hehe, soalnya gak pernah coba juga..
        Semoga membantu ya mas informasinya🙂

  7. assalmualaikum admin, sy mau tanya. Sy berencana ke lombok dgn jalur makassar – bali- lombok. Ada gak yah jalur laut dari lombok ke makassar? estimasi biayanya berapaan yah min? terimaksih sebelumnya

    • Wa’alaikumsalam mas
      Jalur laut Lombok – Makassar dan sebaliknya ada mas, dengan kapal Pelni yang informasinya berangkat sekali seminggu.
      Nama kapalnya Kapal Motor Tilongkabila melayani rute LUWUK – BANGGAI – GORONTALO – BITUNG – KOLONEDALE – KENDARI – RAHA – BAU-BAU – MAKASSAR – LABUAN BAJO – BIMA – AMPENAN/LEMBAR- BENOA/DENPASAR. Untuk jadwal pastinya, mas bisa update lagi di websitenya Pelni https://www.pelni.co.id/ atau blog teman-teman yang rajin update jadwal kapal.

      Untuk estimasi harga tiket, maaf saya kurang tau yang ini mas, mungkin mas bisa dapat infonya dari website Pelni atau blog blog lainnya ya

      Untuk pembelian tiketnya di Lombok, saya dapat informasi penjualannya di agen tiket depan SMA Hang Tuah Ampenan.
      Semoga membantu ya mas, dan safe trip ke Lombok nya🙂

  8. Mas, mau nanya dong
    Kalo penyeberangan dari Lembar ke bali, ada di jam berapa saja?
    Apakah setiap jam ada? atau hanya di jam tertentu?

    Terima kasih banyak atas informasinya

    • Halo mbak Dewi,
      maaf baru saya jawab pertanyaannya
      penyebrangan ada setiap jam dan beroperasi 24 jam mbak.
      jadi, tidak perlu khawatir jam penyebrangannya

      Semoga membantu ya🙂

    • Halo mas,
      Tiket bis penyebrangan banyak dijual di sekitar terminal sweta atau di dekat mal mataram juga ada kalo saya gak salah, salah satu operator bis ada yang beroperasi dari situ.

    • Halo mbak,
      sebenarnya yang murah pasti naik angkot, tapi kalo sudah tengah tidak ada angkot lagi dari Lembar.
      Pilihannya malam malam begitu yang ada hanya taksi, atau charter yang biasa mangkal di pelabuhan, ojek juga kalau ada.
      Untuk sewa motor saya kurang tau ada tidaknya di sekitar pelabuhan Lembar, maaf ya yang ini saya agak kurang informasinya.
      Kemungkinan juga sudah tutup kalau tengah malam.

      Semoga membantu ya🙂

  9. mas mau nanya kalau menyebrang pakai kendaraan mobil, tarif diatas sudah sama penumpang atau kita mesti beli tiket buat penumpang juga, rencana saya bawa 8 orang….

  10. Hallo mas
    Saya mau tanya kalo rute penyebrangan dari pelabuhan benoa ke pelabuhan lembar itu masih ada atau tidak ? Dan kira kira perjalanannya berapa lama ? Trims

    • Halo mbak,
      Setau saya sudah tidak ada lagi. Dari Tanjung Benoa adanya yang ke Senggigi/ Gili Trawangan.
      Kalo yang ke Lembar hanya dari Padanh Bai.
      Dari Padang bai ke Lembar kurang lebih 3-4 jam tergantung kondisi cuaca dan lamanya antri bersandar ke dermaga.
      Semoga membantu ya🙂

  11. salam lestari mas,
    mau nanya nih,, kita kalo dari padang bai ke lembar naik motor, apa kita beli lagi tiket buat yang penumpannya gak mas ? mohon infonya
    terimakasih

    • Halo mas,
      Tiket kapal ferry untuk kendaraan sudah termasuk untuk penumpangnya, jadi penumpang tidak perlu beli tiket lagi…
      Semoga membantu, pertanyaan yg di facebook juga sudah saya jawab ya🙂

    • Halo mas,
      Yang pasti bawa kartu identitas (KTP/Paspor).
      Kemudian jika membawa kendaraan sendiri, wajib membawa SIM dan STNK yang masih berlaku, karena di pelabuhan Padang Bai Bali ada pemeriksaan surat-surat kendaraan dan KTP.

      Semoga membantu🙂

  12. Selamat siang, Mas.
    Mohon info untuk tarif penyeberangan dari Bali ke Lombok dan dari Lombok ke Bali (PP) =
    1) Tarif untuk penumpang.
    2) Tarif untuk truk fuso dengan muatan penuh.
    3) Tarif untuk truk 6 roda dengan muatan penuh
    4) Tarif untuk colt diesel (L300) biasa dengan muatan penuh.

    Kami tunggu informasinya.

    Terima kasih
    Dwi

  13. salam kenal
    mas saya rencana dari bali ke lombok dengan orang tua. kalau dari pelabuhan lembar untuk cari penginapan baiknya disekitar mana yah? untuk wisata 2-3hari tempat yang diusulkan khususnya untuk orangtua di lombok apa yah?
    terimakasih sebelumnya

    • Halo, salam kenal
      Maaf baru reply komennya, lagi hectic minggu ini😀

      Penginapan sebaiknya cari di Mataram atau Senggigi, karena pilihannya lebih banyak dan dekat ke tempat wisata, jadi dekat pas ngajak orang tuanya jalan jalan🙂

      Wisata 2-3 hari, bisa coba:
      Day 1: ke kawasan pantai selatan: Kuta – Tanjung Ann – Mawun kemudian ke desa adat sade
      Day 2: wisata di senggigi dan mataram, atau kalo bisa diajak nyebrang laut ke Gili juga oke
      Day 3: bisa salah satu dari yang day 2 tadi

      Semoga membantu ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s