Bandara Internasional Lombok

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lombok International Airport | Doc: Fazword

1. Bandara Internasional Lombok

Welcome to LOP at Check-in Area

Welcome to LOP at Check-in Area

Bandara Internasional Lombok, Bandara yang beroperasi sejak Oktober tahun 2011 ini telah berhasil menjadi gerbang utama kedatangan wisatawan ke Pulau Lombok. Terbukti, dengan semakin banyaknya jumlah penerbangan harian ke Lombok baik domestik maupun internasional. Tambahan maskapai baru, juga tambahan rute dan frekuensi penerbangan tiap-tiap maskapai termasuk faktor vital meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Lombok melalui jalur udara. Pencapaian ini tentu saja sebuah perkembangan positif bagi pariwisata NTB, Lombok khususnya.

Nah, untuk teman-teman traveler yang akan datang ke Lombok melalui jalur udara, sudah pasti kedatangan kalian adalah melalui Bandara Internasional Lombok. Ada banyak pilihan maskapai dan rute yang dapat dipilih, dan berikut akan saya bagikan informasinya. Semoga dapat dijadikan referensi memilih penerbangan terbaik untuk kedatangan ke Lombok 🙂

2. Rute-Rute Penerbangan Bandara Internasional Lombok

Berikut ini daftar maskapai dan rute-rute yang dilayani dari dan ke Bandara Internasional Lombok:

– Penerbangan Internasional

– Penerbangan Domestik

Rute-rute penerbangan di atas adalah rute yang dilayani saat ini oleh Bandara Internasional Lombok (terus saya update), harapannya adalah teman-teman traveler jadi dapat memilih jadwal dan maskapai terbaik untuk ke Lombok.

Update Tahun 2013

Update terbaru (21 Agustus 2013): informasi yang saya dapatkan dari official social media account Sky Aviation, bahwa rute Sky Aviation Lombok – Denpasar pp sudah ditutup untuk sementara 😦 Be back soon Sky Aviation!

Update terbaru (24 September 2013): Jetstar Airways telah memulai penerbangannya menghubungkan Perth dan Lombok pada tanggal 24 September 2013.

Update terbaru (22 November 2013): Tigerair Singapore telah memulai melayani penerbangan Singapore – Lombok pada 22 November 2013.

Update Tahun 2014

Update 15 Januari 2014: Transnusa sementara waktu tidak melayani penerbangan Lombok – Denpasar dan Lombok – Bima, hanya beroperasi di rute Lombok – Sumbawa.

Update terbaru (4 April 2014): Mulai 30 Maret 2014, Garuda Indonesia telah melayani rute Lombok – Kupang direct dengan satu flight sehari.

Update terbaru (4 April 2014): Mulai 22 April 2014, Tigerair menghentikan penerbangan Singapura – Lombok (belum terkonfirmasi permanen atau sementara)

Update terbaru (4 April 2014): Mulai 1 Mei 2014, AirAsia menambah frekuensi penerbangan di rute Kuala Lumpur – Lombok dari 7 flights per minggu menjadi 10 flights per minggu dengan tambahan penerbangan 2x sehari di hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Update terbaru (15 April 2014): Mulai 12 Juli 2014, AirAsia akan membuka rute baru Johor Bahru – Lombok dengan frekuensi penerbangan 3x seminggu pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Tigerair at LOP November 22, 2013 | Doc: eswelowtunes on indoflyer.net

Tigerair at LOP November 22, 2013 | Doc: eswelowtunes @ indoflyer.net

Update terbaru (1 Agustus 2014): Telah terjadi perubahan konfigurasi layanan Lion Group di rute Surabaya – Lombok dan Denpasar – Lombok. Kini Surabaya – Lombok dilayani oleh Lion Air dengan frekuensi 6x sehari menggantikan Wings Air, sementara itu Denpasar – Lombok kini dilayani 5x sehari (Wings Air 4x dan Lion Air 1x).

Update terbaru (September 2014): Mulai 4 Mei 2015, Wings Air mulai melayani penerbangan Lombok – Bima pp, Lion Air menambah frekuensi penerbangan Surabaya – Lombok menjadi 6x sehari.

Update terbaru (Desember 2014) : Mulai 18 Desember 2014, Indonesia AirAsia telah mulai melayani penerbangan Surabaya – Lombok – Surabaya 1x sehari.

Update terbaru (Desember 2014) : Mulai 23 Januari 2015, AirAsia menambah frekuensi penerbangan Kuala Lumpur – Lombok – Kuala Lumpur menjadi 2x sehari.

Update terbaru (Desember 2014) : Mulai 28 Januari 2015, Indonesia AirAsia akan melayani penerbangan Lombok – Singapura – Lombok 3x sehari pada hari Rabu, Jumat, Minggu.

Update Tahun 2015

Update terbaru (April 2015): Citilink Indonesia telah melayani penerbangan Bandung – Lombok – Bandung 1x sehari per 12 Februari 2015.

Update terbaru (April 2015): Batik Air akan melayani penerbangan Jakarta – Lombok – Jakarta 2x sehari mulai 24 April 2015.

Batik Air Lombok

Batik Air | Photo by Fazword on Instagram

Update terbaru Mei 2015: Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan Jakarta – Lombok pp menjadi 4x sehari dengan tambahan jadwal penerbangan sore dari Jakarta.

Update terbaru Mei 2015: Indonesia AirAsia menutup layanan penerbangan Surabaya – Lombok mulai awal Juni 2015. Be back soon AllStars!!

Update September 2015: Batik Air menambah frekuensi penerbangan Jakarta (CGK) – Lombok PP menjadi 3x sehari.

Update September 2015 : Batik Air telah melayani penerbangan Jakarta Halim Perdana Kusuma (HLP) – Lombok 1x sehari mulai 23 September 2015.

Update Tahun 2016

Update April 2016: Citilink Indonesia telah melayani penerbangan Lombok – Jakarta, menuju dua bandara di Jakarta: Jakarta Soekarno-Hatta (CGK) dan Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP) dengan frekuensi masing-masing 1x sehari.

Update Oktober 2016: Lion Air melayani penerbangan langsung Solo – Lombok – Solo 1x sehari mulai 6 Oktober 2016.

Update Desember 2016: Lion Air melayani penerbangan langsung Kupang – Lombok – Kupang 1x sehari

Update Desember 2016: Lion Air menambah frekuensi penerbangan Jakarta – Lombok – Jakarta dengan JT652-JT653

Update Tahun 2017

Update Januari 2017: Indonesia AirAsia mulai melayani penerbangan Lombok – Kuala Lumpur 1x sehari mulai 26 Januari 2017.

Update Januari 2017: Lion Air menutup sementara layanan penerbangan Lombok – Kupang pp.

3. Transportasi Dari dan Ke Bandara Internasional Lombok

Tiba di Bandara Internasional Lombok, tidak perlu bingung transportasi ke hotel maupun tujuan lainnya. Di Bandara Internasional Lombok terdapat layanan bis Damri Bandara Lombok dengan tujuan ke Senggigi dan Terminal Mandalika di Kota Mataram. Terbaru, Damri Bandara Lombok juga melayani rute ke Lombok Timur, yaitu ke Terminal Pancor. Tarif Bis Damri Bandara Lombok ke Senggigi adalah 35rb (IDR 35.000) dan ke Mataram adalah 25rb (IDR 25.000), sedangkan tarif Damri Bandara Lombok ke Lombok Timur adalah 30rb (Rp 30.000,- ). Damri Bandara Internasional Lombok beroperasi untuk melayani penerbangan paling pagi sampai terakhir. Selain bis Damri, ada juga pilihan Taksi resmi Bandara Lombok yang siap mengantar Anda ke tujuan, tarif taksi sesuai tujuan, bisa dilihat di konter taksi resmi sebelum pintu keluar terminal kedatangan domestik.

Damri Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Damri Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Update April 2016: Jadwal Lengkap Keberangkatan Bis Damri Bandara dari Senggigi, Mataram dan Selong, Lombok Timur.

Jadwal Bis Damri Bandara Lombok | Credit: @infolombok

Jadwal Bis Damri Bandara Lombok | Credit: @infolombok

Belum cocok juga dengan Taksi atau Damri, masih ada pilihan kendaraan Travel yang dapat dipesan atau dibook terlebih dahulu sebelum kedatangan di Lombok. Tapi yang satu ini sepertinya lebih cocok jika berlibur berkelompok atau membawa banyak barang karena bisa ada partner sharing cost 😀 . Masih belum ada yang cocok juga? Baiklah, kita masih memiliki opsi angkot (orang di sini nyebutnya Keri (dari Carry)). Tapi, Keri tidak ada di dalam area Bandara. Anda harus mau jalan kaki ke luar area Bandara kurang lebih 500 meter. Keluarlah ke bypass bandara, dan tunggu Keri lewat di situ. Keri yang lewat depan Bandara Lombok adalah Keri rute Sengkol – Praya, sehingga kalau Anda ingin ke Praya atau ke Sengkol cocok menggunakan transportasi ini. Kekurangan dari Keri ini adalah jarang yang beroperasi sampai malam, paling aman ada sampai jam 5 sore. Tapi kelebihannya tentu saja di ongkos, tentu saja budget Traveler kayak saya suka ini 😀 .

4. Inside Bandara Internasional Lombok

Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok dimulai pukul 6.00 pagi (penerbangan pertama) sampai pukul 12 malam (penerbangan terakhir).

Bandara Internasional Lombok memiliki 24 check-in counters untuk seluruh maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Lombok.

Check-In Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-In Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-in Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-in Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Di dalam gedung terminal, terdapat Premium Lounge, beberapa Resto dan Shopping Area, untuk yang ingin berbelanja oleh-oleh dan keperluan lainnya. Dalam beberapa waktu ke depan, Bandara Internasional Lombok akan segera memiliki Duty Free Shop untuk mengakomodir belanja international passenger, saat ini masih tender (sumber: lombok-airport.co.id). Selain itu, posisi ruang tunggu Bandara yang langsung menghadap ke Apron dan Runway dengan kaca bisa memberikan penumpang pemandangan langsung terhadap aktivitas di Airside bandara.

Waiting Room Lombok International Airport | Doc: Fazword

Domestic Waiting Room Lombok International Airport | Doc: Fazword

Dan, lebih indah lagi bahwa dari ruang tunggu penumpang dapat melihat langsung Gunung Rinjani dengan gagahnya menampakkan diri. Pemandangan ini lebih indah di sore hari sehabis hujan atau pagi hari saat sunrise.

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lombok International Airport | Doc: Fazword

View from Waiting Room LOP | Doc: Fazword

View from Waiting Room LOP | Doc: Fazword

View from Apron LOP | Doc: Fazword

View from Apron LOP | Doc: Fazword

5. Perkembangan Rute Penerbangan Bandara Internasional Lombok

Bandara Internasional Lombok berhasil menjadi salah satu bandara di Indonesia yang berkembang pesat terkait penambahan rute penerbangan.  Bahkan, menurut statistik resmi, Bandara Internasional Lombok adalah bandara dengan pertumbuhan tertinggi tahun 2013 dibandingkan bandara-bandara lainnya di seluruh Indonesia (sumber: di sini).

Sejak mulai beroperasi Oktober 2011 yang lalu, telah banyak rute penerbangan baru dibuka untuk menghubungkan Lombok dengan kota lain baik domestik maupun internasional. Selain itu, beberapa maskapai juga mulai melayani atau menambah kapasitas penerbangan ke Lombok. Beberapa tambahan diantaranya yaitu:

Domestik:

  • Makassar (Ujung Pandang): Garuda Indonesia (rute baru)
  • Bima: Garuda Indonesia dan Wings Air (rute baru maskapai)
  • Surabaya: Lion Air (pergantian layanan dari Wings Air ke Lion Air 6x sehari)
  • Jakarta: Garuda Indonesia (penambahan frekuensi menjadi 3x sehari)
  • Denpasar: Garuda Indonesia menambah frekuensi menjadi 3x sehari, Lion Group mengubah konfigurasi layanan dengan 4x Wings Air dan 1x Lion Air sehari
  • Kupang: Garuda Indonesia Explore Jet (rute ini sudah ditutup sementara oleh Garuda Indonesia)
  • Bandung: Citilink, membuka koneksi pertama dan langsung antara dua kota tujuan wisata ini dengan penerbangan Bandung – Lombok setiap hari.
  • Surabaya: AirAsia Indonesia membuka rute pertamanya di Lombok dengan layanan penerbangan ke Surabaya. (Rute ini telah ditutup sementara oleh AirAsia Indonesia)
  • Jakarta: Batik Air telah melayani penerbangan ke Lombok dari Jakarta Soekarno Hatta dan Jakarta Halim Perdana Kusuma dengan total 4x sehari.
  • Jakarta: Citilink Indonesia melayani penerbangan ke Jakarta CGK dan HLP masing-masing 1x sehari.

Internasional:

  • Kuala Lumpur, Malaysia: AirAsia
  • Perth, Australia: Jetstar Airways (rute ini telah ditutup per Oktober 2014)
  • Johor Bahru, Malaysia: AirAsia (Update November 2015: Rute ini untuk sementara ditutup oleh AirAsia)
  • Singapore: Tigerair (Update April 2014penerbangan rute ini ditutup Tigerair mulai 22 April 2014).

Selain rute-rute di atas, juga terdapat beberapa rumor rute yang akan segera dilayani, diantaranya oleh Garuda Indonesia untuk Lombok – Labuan Bajo dan Lombok – Sumbawa, Jetstar Asia untuk Singapura – Lombok, Cathay Pacific untuk Hongkong – Lombok, China Airlines yang sudah diundang Pemprov NTB untuk menghubungkan Lombok dengan daratan China, Jetstar Hongkong yang belum mendapatkan AOC ternyata sudah apply rute Hongkong – Lombok, Indonesia AirAsia yang dikabarkan sudah apply rute Lombok – Perth, Garuda Indonesia yang berencana melayani penerbangan Surabaya – Lombok – Sumbawa mulai September 2014, dan lainnya. Selain penambahan dan penjajakan rute/kapasitas baru, Bandara Internasional Lombok juga pernah kehilangan rute penerbangan yakni Lombok – Surabaya – Jakarta pp oleh Batavia Air karena maskapai tersebut yang dinyatakan pailit pada akhir Januari 2013 yang lalu. Selain itu, maskapai Sky Aviation juga menutup penerbangan Lombok – Denpasar pp untuk sementara dan beberapa update rute lainnya yang sudah saya sebutkan di atas

Jetstar Airways at Lombok | Doc: Fazword

Jetstar Airways at Lombok | Doc: Fazword

Nah, sekian dulu review tentang salah satu gerbang utama Pulau Lombok, Bandara Internasional Lombok. Kalo nanti ada update info, pasti saya share di sini, terutama tambahan rute dan maskapai ya 😀 . Semoga semakin banyak rute dan maskapai yang melayani penerbangan ke Lombok. Aamiin.

Selamat datang di Lombok, selamat datang di “rumah” saya, anggap rumah sendiri 😀 . Tapi tetap hormati pemilik rumah dengan menjaga kebersihan dan keindahan rumahnya 🙂

Terima kasih

db275-ttd

========================================================

577 thoughts on “Bandara Internasional Lombok

    • Siang mas,
      Wah, hari ini ya? Apa sudah di Lombok? Semoga jawaban saya tidak telat hehe

      Hotel Lombok Raya tidak dilewati bis damri mas, ke pool damrinya tidak lewat sana.
      Tapi, dari pool damri sudah lumayan dekat, bisa pake angkutan kota juga angkot warna kuning karena lewat dekat Hotel Lombok Raya di Jalan Panca Usaha, Mataram.
      Semoga membantu dan selamat datang di Lombok! 🙂

  1. siang mas,

    Saya hari in pesawat sore. kemungkinan nyampe jam 8 malam di lombok.
    jadi kalo naik damri dari bandara naik damri jurusan apa? turunnya dimana? trus abis itu naik apa?
    malam hari apakah masih ada angkutan umum gak mas? aman gak ya?

    • Ooh malam ini ya nyampenya..
      Mas naik damri yang ke Mataram ya, turunnya di pool di terminal mandalika.
      Karena sudah malam, angkot kuning yang saya sebut tadi sudah tidak ada biasanya, mas bisa gunakan taksi saja yang mangkal di sekitaran pool damri.
      Jaraknya sudah dekat sekitar 3-4 km saja. Aman mas hehe..
      Selamat datang di Lombok

  2. Ada opsi lain gak mas turunnya dimana? jadi ke hotelnya hanya tinggal jalan kaki saja. atau memang harus turun di terminal ? pengalaman di jakarta kalo naik taksi yang jarak dekat agak susah

    • Kebetulan rute yang dilewati damrinya pas ke pool tidak ada yang mendekati ke sekitar Hotel Lombok Raya, posisinya tegak lurus.
      Kalo ada yang dekat atau bahkan lewat di depan hotel sebenarnya boleh banget minta turun ke kondektur.
      Di Lombok taksi dengan argo ada Bluebird dan Express, harusnya sih mau saja. Kalo perlu kontak taksi, ini saya share no telp Bluebird Lombok: 0370-627000

  3. Malam mas,
    Hr kamis rencana saya mau flight ke bandung, pake pesawat jam 17.00 dr praya.
    Namun saya check out dr hotel pagi2 jam 08.00
    Kira2 kalo saya menunggu di airport ada fasilitas penitipan luggage nggak ya?
    Jd spy saya bisa jalan2 dlu sekalian nggu flight

  4. mohon info saya ke senggigi november ini apakah damri dekat dengan hotel sheraton senggigi? terus apa lebih baik naik taksi kalo rombongan

    • Halo,
      Pool damri ke Sheraton cukup dekat, Sheraton terletak 500 meter setelah pool damri.
      Kalo dengan rombongan, mungkin pertimbangannya barang bawaan, sepertinya akan lebih praktis dengan taksi karena lebih mudah kontrol barangnya.
      Sedangkan untuk tarif, coba dibandingkan saja tarif taksi yang informasinya disediakan di konter taksi bandara dengan total tarif damri masing masing orang 35Rb.
      Semoga membantu 🙂

  5. Permisi kak..
    Kalau dari BIL mau ke mataram pasnya ke Rumah Sakit Harapan Keluarga, transportasi apa yg bisa saya gunakan hingga sampai tujuan?? Karena saya sampai BIL sekitar jam 8 malam waktu setempat..
    Terimakasih..

    • Halo mbak,
      Mbak bisa gunakan Damri bandara sampai pool damri mandalika mandalika.
      Dari sana, untuk ke RS Harapan Keluarga bisa lanjut dengan taksi, karena sudah malam kendaraan umum kayak angkot sudah gak ada.
      Kalo perlu telp taksi, ini saya share nomer bluebird lombok: 0370-627000
      Jarak dari pool damri ke RS Harapan Keluarga sudah dekat, sekitar 3km saja.

      Semoga membantu 🙂

  6. Mau tanya mas..saya menginap di aruna senggigi, rencana jumat kembali ke bandara ..apakah damri lewat di depan hotel atau saya harus ke pool damri? Kalau harus ke pool damri yg terdekat dari hotel aruna senggigi apa ya?

    • Halo mas,
      Iya benar, Aruna dilewati oleh bis damri saat dari pool ke bandara, tapi naiknya harus tetap di pool damri. Setau saya, hanya boleh menaikkan penumpang dari pool.
      Poolnya terletak sekitar 1km dari Aruna (cek di gmaps).
      Dari Aruna, mas bisa naik kendaraan atau jalan kaki jika memungkinkan ke pool damri yang di dekat pasar seni senggigi.

      Semoga membantu ya

    • halo mas.
      bisa minta turun di depan kila langsung, kebetulan dilewati damri nya sebelum sampai di pool
      Info saja ke kondekturnya kalo mau ke kila

      semoga membantu 🙂

  7. Hallo mas..mau tanya dong…saya akan ke Sheraton senggigi beach resort yang lebih dekat dengan lokasi tersebut bandara lombok atau lombok praya ya?
    Apakah dari Bandara bisa naik damri ke Sheraton senggigi?
    Terima kasih

    • Halo mbak,
      Bandara Lombok dan Lombok Praya itu satu bandara yang sama hehe 😀
      Iya benar, dari Bandara Lombok bisa naik damri ke Senggigi, turunnya di pool damri Senggigi di dekat pasar seni.
      Untuk ke Sheraton, masih perlu lanjut lagi sekitar 500m dari pool damri. Kalo mau jalan kaki juga bisa

      Semoga membantu

  8. Sore mas.. sy akan ke mataram dlm waktu dekat kira2 hotel yg paling dekat dgn RSUD Mataram apa ya…dan berapa jauh jarak dari bandara ke hotelnya dan naik apa…trimakasih jawabannya

    • Halo mas,
      di bandara lombok hanya bisa naik taksi resmi bandara, tarif ke masing – masing destinasi sudah ditentukan.
      Untuk informasi tarif taksi dari bandara Lombok ke Kuta nanti langsung cek di tempat reservasi taksinya ya, bayar juga langsung di situ, bukan di driver… saya punya catatan tapi sayangnya hilang karena sdcard tempat catatan tarifnya corrupt. Mas bisa bandingkan dengan menggunakan jarak google maps sekitar 15km, berarti tarifnya sekitar 60-80K.
      Di Lombok belum ada kendaraan online kayak uber, grab, maupun gojek hehe..
      semoga membantu ya mas 🙂

    • Halo mas,
      Iya benar, on the way hostel dilewati damri sebelum sampai di poolnya di pasar seni.
      Mas bisa info ke kondekturnya sekalian minta turun di akses terdekat ke hostel ya..
      Maaf agak telat balasnya, semoga belum telat 8 November 😀
      Semoga membantu 🙂

    • Halo mas,
      Bisa naik damri yang ke Mataram mas, kemudian dari pool damrinya bisa lanjut dengan taksi. Jaraknya sudah cukup dekat sekitar 6km saja ke favehotel langko.

      Semoga membantu 🙂

  9. Pagi mas. Saya rencana ke lombok akhir november ini. Kira2 transportasi apa ya mas klo saya punya tujuan ingin ke sembalun???

    Terima kasih

    • Pagi mbak,
      ke Sembalun dari bandara lombok ya?
      Setau saya biasanya teman – teman yang ke Sembalun bisa naik damri bandara ke terminal pancor, lombok timur. kemudian dari sana biasanya ada kendaraan yang ke sembalun. saya kurang paham kalo daerah sembalun apakah ada kendaraan umum seperti angkot, setau saya banyakan pada charter kalo kesana hehe..
      maaf ya info ke sembalunnya kurang lengkap, tapi semoga membantu 🙂

  10. siang mas…
    Mau tanya…saya besok rencana ke lombok dan menginap satu hari di golden palace hotel mataram lombok n 3 hari d pool villa club lombok…..klw dri bandara ke golden palace hotel bisa naik damri gak mas? n nanti mst nyambung lgi kah? atw? n dri golden palace hotel ke pool villa club lombok, bisakah saya naik damri mas?
    Terima kasih

    • Pagi mbak,
      Maaf baru balas, semoga belum telat ya karena hari ini ke Lombok.
      Dari bandara lombok ke golden palace mataram bisa pake damri yang ke pool mataram, kemudian dari pool masih perlu lanjut lagi dengan taksi sekitar 3km dari pool jaraknya. Sedangkan dari golden palace ke pool villa club di senggigi tidak bisa dengan damri, pilihannya hanya taksi karena kendaraan umum seperti angkot belum ada yang masuk senggigi setau saya.
      semoga membantu ya 🙂

  11. siang mas..mau tanya donk..bsk saya ke lombok mau nginap ke living asia resort lombok senggigi..dari bandara bs naik damri turun dimana dan damri itu ada sampai jam brp yg ke senggigi?terima kasih

    • Malam mbak,
      Mohon maaf banget jawaban saya pasti sudah telat, saya baru bisa jawab pertanyaan lagi, dua minggu kemarin tidak aktif di blog.
      Tapi semoga bisa membantu untuk kedatangan berikutnya di Lombok 😀
      Living Asia lokasinya masih cukup ke utara, jadi tidak dilewati damri, jadi turun damrinya di pool kemudian lanjut dengan taksi..
      Jarak pool damri ke LIving Asia sekitar 7km.
      Semoga membantu, dan terima kasih sudah datang ke Lombok 🙂

  12. Pagi mas,

    Mohon info, kalau dari bandara ke hotel Kila Senggigi (tiba pkl. 18an) apakah dilewati oleh Damri? Mohon saran kalau dari hotel Kila ke Bandara (sore, sekitar maghrib) sebaiknya naik apa? trims

    • Malam mas, mohon maaf banget saya baru bisa jawab pertanyaannya.. semoga belum telat ya 🙂
      Lokasi Kila Senggigi cukup dekat dengan pool damri, dan dilewati damri sebelum damrinya sampai di pool. Jadi bisa minta turun langsung di akses terdekat ke Kila Senggigi.
      Sore ke Bandara juga bisa dengan damri, operasionalnya sampai flight terakhir. Sesuaikan saja waktunya dengan jadwal flightnya mas.
      Semoga membantu ya 🙂

  13. Assalamualaikum mas …insyaallah saya ada rencana ke lombok akhir november bersama balita,rencana rental mobil yg lepas kunci mau road trip keliling pulau lombok…tapi sampai sekarang masih blm dpt..ditolak semua..ada rekomendasi kah ?

    • Wa’alaikum salam mbak, mohon maaf sekali baru sempat balas pertanyaannya, semoga belum telat ya jawaban saya
      Sebenarnya saya kurang tau rental mobil yang recommende banget hehe.. tapi saya ada tau rental mobil di praya, lokasinya sebelah selatan kantor pegadaian praya, Mitra Armada 0370-654811 & 0818369246. Silahkan bisa dicoba hubungi.
      Atau saya juga pernah lihat di kaskus ada yang namanya lombok pirates, kayaknya punya instagram @lombokpirates ini juga bisa sewa mobil lepas kunci..
      Good luck ya mbak dan selamat datang di Lombok, enjoy 🙂

  14. Sore mas
    Mau tanya kalau mau ke pelabuhan bangsal dari bandara int. Lombok transportnya pakai apa yah, soalnya saya mau ke gili trawangan dari soe-ta CGK
    Mohon infonya yah mas
    Thank’s

    • Halo mas.
      Dari Bandara Lombok mas bisa naik damri yang ke mandalika mataram, terus ke teminal bertais mas cari minibus yang ke Bayan, minibus ini akan lewat di depan pelabuhan bangsal. Pilihan dengan minibus ini kalo mas tiba di mataram sebelum sore ya, karena setau saya kalo sudah sore minibusnya sudah tidak ada lagi.
      Atau pilihan lainnya mas naik damri yang ke Senggigi kemudian dari Senggigi mas naik taksi ke Bangsalnya.

      Semoga membantu mas

  15. siang mas,

    besok pagi saya flight pagi ke lombok, dan rencana menginap di Puri Senggigi hotel..
    mohon info untuk angkutan ke hotel nya pakai taksi dari bandara aman atau tidak yaa, mksudnya dari segi biaya apakah sesuai argometer, karena takut ada pengemudi nakal.

    thanks yaa..

    • Siang mas,

      di bandara lombok, taksi yang boleh mengangkut penumpang adalah taksi resmi bandara saja. Taksi resmi bandara sistemnya reservasi di operator taksi di depan pintu keluar terminal domestik, sekalian bayar fee nya di situ langsung, bukan bayar di driver. Tarif ke masing – masing tujuan sudah ditentukan per kawasan, dapat dilihat di operator taksinya langsung saat akan bayar.
      Jadi, seharusnya tidak ada sopir taksi nakal 🙂
      Semoga membantu ya..

  16. Haloo bisa minta no pool damru senggigi
    Pesawat km ham 6.50 wita…kami mengnap di aruna..jam brp baiknya kami ke bandara bila pki damri …dan apakah sdh ada damri lewat di aruna jam 3 dini hari.tks

    • Halo mbak… kebetulan saya tidak punya nomor kontaknya.
      Tapi, damri dari senggigi sudah ada yang berangkat jam 3 pagi, pake damri yang jam 3 pagi saja mbak karena memang itu disediakan untuk flight paling pagi dari Lombok. Semoga membantu ya 🙂

  17. Malam mas..
    Saya rencana nnti mw tahun baruan di Lombok. Kira2 kalo pake Taksi ke wilayah Senggigi…kena berapa ya mas?
    makasih

    • Halo mas,
      Tarif taksi bandara sudah ditentukan oleh masing – masing operator taksi resmi di bandara lombok.
      Setau saya tarif ke Senggigi sekitar 200K,nanti mas bisa cek di konter taksi nya langsung di depan pintu kedatangan domestik sekalian reservasi dan bayar taksinya langsung di situ, bukan di driver.
      Atau mas juga punya pilihan dengan damri bandara, tarifnya 35K/pax ke Senggigi 🙂

    • Halo, boleh coba dengan bis damri bandara yang ke mandalika mataram. Dari sana lnjut dengan taksi karena bis damri tidak sampai ke sekitaran ampenan tempat pratama hotel 🙂
      Untuk flight pagi jam 6, sepertinya lebih aman dikejar dengan taksi karena praktis langsung berangkat.

  18. Pagi mas…
    Mau tanya kalau dari bandara (BIL) ke Holiday Resort Mangsit Senggigi berapa tarifnya kalau pakai taksi resmi atau taksi Blue Bird / Express ?

    • Pagi..

      Taksi resmi tarifnya sudah ditentukan untuk masing – masing tujuan, daftar tarifnya ada di stand reservasi taksi di depan pintu kedatangan domestik. Kalo saya tidak salah, ke Senggigi tarifnya sekitar 200K.
      Jika dengan taksi bluebird atau express, sepertinya akan kena argo sekitar 200anK juga dengan jarak sekitar 52km. Btw, bluebird dan express tidak boleh pick up penumpang di dalam bandara karena bukan taksi resmi, jika ingin dengan bluebird atau express, harus jalan keluar bandara dulu sekitar 400m, biasanya mereka banyak mangkal di dekat gerbang bandara di depan.

      Semoga membantu ya 🙂

  19. Selamat malam mas. Bln dpn saya mau ke sodara saya. Mau tanya kalo dari BIL ke Bagek Longgek Barat BTN permata hijau kelurahan rakam. Naik apa ya? Terimakasi

    • Selamat siang mbak,
      Yang di Selong ya? Kalo begitu, bisa dengan damri bandara yang ke Selong, turun di pool damri nya. Selanjutnya mungkin mbak bisa minta dijemput ke pool damri biar lebih mudah ketemu alamatnya.
      Semoga membantu 🙂

      • Selamat siang mas, bulan maret saya mau ke Lombok, Senggigi, sampai di Bandara LOP sekitar jam 8-9 malam apakah damri masih ada yah yg ke senggigi jam 9 malam?

        Kebetulan saya akan menginap di homestay jalan raya senggigi km 8, lombok barat, apakah Damri dari bandara ke Sengigi melewati rute tersebut?

        Mohon bantuannya mas, terimakasih

      • Sore mbak,
        Maaf baru balas..
        Jam 9 malam damri masih ada, jam operasi damri dari penerbangan pertama sampai terakhir sekitar jam 11.30 malam.

        Untuk homestaynya, namanya apa ya? saya kurang bisa cek kalo alamat jalan raya dengan kilometernya, nggak hafal hehe…
        Sebagai informasi, pool damri senggigi ada di depan pasar seni senggigi itu di Jalan Raya Senggigi no.16, jika maksudnya adalah kilometer 16 berarti seharusnya km 8 dilewati damri saat akan ke pool.

        Jika boleh diinfo nama homestay nya mungkin saya bisa kasih info yang lebih pasti mbak hehe.. info info lagi aja jika boleh

  20. Halo, boleh minta info pantai yang bisa dipakai untuk ngecamp dimana ya biasanya mas? Rencana April mau ke sana, dan ada wacana mau ngecamp di pantai supaya lebih murah. Terima kasih atas informasinya…

    • Halo mbak..
      Maaf baru balas 😀 *peace
      Biasanya pada camping di Tanjung Ringgit, di Tanjung Ann juga sepertinya bisa.. dulu banget waktu SMA teman saya pernah ada yang camping di sana
      Sepi sih katanya.. jadi serem 😀
      Seharusnya semua pantai yang open (bukan dikelola hotel) bisa digunakan untuk tempat camping, cari tempat ternyaman dan teraman aja di sekitarnya.
      Kalo mau camping, usahakan info dulu ke petugas/warga sekitar sambil tanya info apakah memungkinkan untuk camping.

      Pilihan pantainya mbak bisa coba di Tanjung Ringgit, Pantai Pink, Tanjung Ann/Kuta, atau ke Gili Nanggu/Kedis/Sudak di Sekotong.

  21. Hallo,
    Makasih banget nih infonya, rencana saya akhir bulan ini mau ke lombok dan tujuan pertama mau ke senggigi. Rencana mau nginap di hotel alam mimpi, hotel ini dilewati oleh damri ga yah? Klo tidak mungkin bisa kasih saran harus sambung naik apa, tiba dibandara sih jam 8 malam dan kemungkinan sampe senggigi jam 9.30 malam

    • Halo mas,
      Selamat datang di Lombok 😀
      Alam Mimpi dilewati oleh Damri saat akan ke pool, mas bisa minta turun di akses terdekat.
      Jam 8 malam Damri nya masih ada.. saya dapat info katanya kalo sudah malam damri nya tidak langsung sampai ke pool, hanya sampai Senggigi luar.
      Kalo nanti Damri nya tidak nyambung sampai pool, minta diturunkan yang terdekat dengan akses taksi saja mas karena di Senggigi belum ada kendaraan umum yang boleh masuk kecuali Taksi dan Damri.

      Semoga membantu ya 🙂

  22. Malam mas,
    Saya kamis tgl.19/01 akan ke Lombok. Rencana nya nginap di hotel Lombok Raya. Saya bersukur ketemu blog mas ini. Saya udah baca dr atas smp bawah, terimakasih utk petunjuk2 nya ya mas.

    • Halo..
      Kebetulan untuk saat ini damri bandara lombok belum melayani rute ke Kuta, hanya ada ke Senggigi, Mataram dan Selong Lombok Timur.
      Untuk ke Kuta ada pilihan taksi resmi bandara yang ada sampai penerbangan terakhir sekitar jam 11.30 malam.
      Pemesanan dan pembayaran dapat dilakukan di depan pintu terminal kedatangan domestik.
      Semoga membantu 🙂

  23. hai mas,
    mau tanya kalo dari gili trawangan ke lombok kan menggunakan fast boat, nah sampe di lombok kan di teluk nara, dari teluk nara ke bandara lombok naik apa ya ? terus ada transportasi apa saja dan variasi harga nya ada ga ? mohon informasinya ya mas 🙂
    terimakasih

    • hai mbak..
      benar, fast boat stop di Teluk Nare di Lombok. Untuk lanjut ke bandara, mbak bisa gunakan kombinasi taksi dan bis damri bandara. Caranya, dari Teluk Nare taksi ke arah pool damri senggigi yang ada di dekat pasar seni, dari situ lanjut damri langsung ke bandara.
      Tarif taksi dengan argo, jarak sekitar 28km 80K, kemudian damri tarifnya 35K/pax.
      Mbak juga bisa dengan taksi langsung dari Teluk Nare ke bandara, jaraknya sekitar 60km, estimasi dengan taksi argo sekitar 220K.
      semoga membantu 🙂

  24. Halo Mas Faz,

    Sangat informatif sekali blognya, apalagi info-infonya di kolom comments, terima kasih atas informasi-informasinya, semoga masih berkenan memberi saran untuk saya. Saya rencananya akan ke lombok Maret ini (5d4n) dan ingin menginap di Selong Belanak karena saya dengar pantainya sangat bagus dan ingin eksplor Lombok Selatan (semoga ga salah itu daerahnya). Dari bandara saat ini jika menuju Selong Belanak ada transportasi apa ya mas? Atau mas punya rekomendasi lebih baik menginap di mana jika ingin eksplor Lombok Selatan? Jika mas ada saran untuk itinerary saya, saya akan sangat berterima kasih, mas.

    • Halo mbak Anisa,

      Terima kasih banyak sudah baca baca di blog saya, saya juga senang bisa bantu 🙂
      Iya benar, Selong Belanak terletak di Kab. Lombok Tengah di bagian selatan, jadi sering disebut Lombok Selatan.
      Opsi menginap di Selong Belanak juga bagus, bagus tempatnya, bagus dan mudah akses ke pantai – pantai selatan juga. Mungkin mbak belum baca di blog saya juga pernah nulis trip sehari garis pantai selatan Lombok, dimulai dari Selong Belanak, kemudian ke timur ke arah Pantai Mawun, ke timur lagi ada Kuta dan Tanjung Ann. Mbak juga bisa sisipkan pantai Semeti di antara Selong dan Mawun. Opsi menginap lainnya bisa di Kuta, keunggulan Kuta dibanding Selong Belanak adalah pilihan penginapannya jauh lebih banyak, dan juga lebih hidup suasananya karena cukup ramai, jadi pusat pariwisata di selatan Lombok, dan juga adanya kawasan KEK Mandalika di sana.
      Untuk transportasi ke Selong, sayangnya belum ada kendaraan umum yang langsung ke sana, termasuk ke Kuta juga. Pilihan paling utama tentu saja taksi bandara, tarifnya mbak bisa cek di meja reservasi taksi yang ada di dekat pintu kedatangan domestik, bayar taksinya juga sekalian di situ, bukan ke driver.

      Untuk 5D4N, ini bisa habis explore se-pulau Lombok hehehe… Saya coba buatkan kerangka itinerarynya ya, nanti bisa coba dibikin detailnya sendiri juga:
      – Day 1:
      Asumsi menginap di Selong Belanak dan tiba di Lombok sebelum siang.
      Garis pantai selatan: Selong Belanak – Mawun – Kuta – Tj Ann, sunsetan di Bukit Merese atau jika masih agak sore, bisa maen ke desa adat Sade dulu sebelum kembali ke Selong Belanak untuk sunsetan.

      – Day 2: Explore Lombok Timur,
      Pagi pagi sudah berangkat untuk ke Pantai Pink, kemudian ke Tanjung Ringgit.
      Boleh juga coba ke Tanjung Bloam tapi infonya sekarang pantainya sudah dikuasai hotel, khusus untuk tamunya.
      Waktu perjalanan Lombok Selatan ke Lombok Timur lumayan lama, jadi bisa disesuaikan jumlah destinasinya dengan sisa waktu.

      – Day 3: Explore Lombok Barat
      Langsung ke arah Sekotong, hari ini seharian maen ke Gilis: Gili Tangkong, Gili Nanggu, dan Gili Sudak. Trio Gili ini bisa didatangi dengan menyebrang dengan perahu wisata di Pelabuhan Tawun di Sekotong. Sistem perahunya charter seharian, charternya resmi melalui loket pelabuhan Tawun langsung. Perahunya akan “jadi milik sendiri” selama seharian dan akan diantar dan ditunggu di Gili tujuan sampai pulang sore.
      – Day 4: Explore Lombok Utara
      Karena day 3 sudah maen ke Gilis di Lombok Barat, jadi sepertinya trio Gili Trawangan, Meno dan Air dapat diskip hehehe.. atau jika ingin tetap ke sini, bisa dipindah ke Day 3 saja mengganti Gilis Lombok Barat.
      Day 4 ini habiskan untuk maen ke kaki Rinjani, maen ke Sembalun, ke Senaru dan beberapa air terjun di Kaki Rinjani.
      – Day 5: Kulineran di Praya sekaligus beli oleh oleh
      Sebenarnya kulineran dan beli oleh oleh ini bisa disisipkan di hari hari sebelumnya, tapi jika belum sempat bisa dilakukan di Praya.
      Bisa cobain Nasi Balap di desa Puyung, di rumah Inaq Esun sang penemunya langsung hehe..
      Kemudian beli oleh oleh bisa ke beberapa toko oleh oleh di Kuta… di Praya ada swalayan Monster yang menjual beberapa kuliner/snack oleh oleh Lombok. Kalo souvenir, bisa dicari di desa adat Sade atau di Kuta. Atau saat maen ke Lombok Utara bisa mampir sebentar belanja oleh oleh di Mataram/Senggigi.

      Kurang lebih seperti itu mbak.. jika masih ada yang perlu didiskusikan, silahkan tanya tanya lagi, via email juga boleh
      Semoga membantu 🙂

      • Wah Mas Faz, jawabannya super lengkap sekali. Saya akan ubek-ubek blog mas lagi kalau begitu :D. Terima kasih banyak sudah menyempatkan menjawab, membantu sekali. Saya memang agak bingung soal transportasi, rencananya mau sewa motor, tapi kalau terlalu jauh sepertinya agak sulit juga ya, apalagi saya bawa anak 3 tahun, enaknya dengan itinerary yang mas susun itu naik mobil ya. Mungkin memang harus dipertimbangkan ulang soal penginapannya.

      • Terima kasih kembali mbak, saya senang bisa bantu hehe..
        Iya jika dengan balita sebaiknya sih memang dengan mobil, sewa mobil aja di Lombok.
        Tapi jika oke, dengan motor juga harusnya bisa..
        Kalo masih ada yang mau ditanya tanya lagi, silahkan 🙂

    • Halo..
      jam 11 malam masih ada bis damrinya baik yg ke Mataram maupun Senggigi.
      Hotel terdekat yang dilewati bis di Mataram ya? Setau saya paling mungkin adalah Golden Tulip.. kebetulan bis damrinya ini sampai di terminal Mandalika (malam kemungkinan tidak masuk), terminal ini lokasinya masih agak di luar pusat kota, hotel gak terlalu banyak di luar, banyaknya di Jalan Sriwijaya, Jl Soekarno Hatta dan Jl Catur Warga. Untuk ke sana, nyambung taksi saja karena sudah malam.

      Atau kalo mau, di dekat Bandara juga ada hotel. Atau pilihan menginap di Senggigi bisa juga, hotel yang dilalui damri lebih banyak.
      Semoga membantu 🙂

  25. 1.kalo saya ingin menginap di senggigi atau di dkt bandara yang dilalui bus damri.. hotel apa aja mas?
    2. saya tiba di bil jam 11 mlm. kira2 saya menginap di senggigi atau dket bandara ya mas, rencana nya saya mau ke gili trawangan..
    3. transport ke gili trawangan naik kendaraan umum apa aja mas?
    tolong di jawab ya mas

    • Halo mbak.. saya jawab ya 🙂

      1. Kalo menginap di dekat bandara, ada beberapa pilihan hotel yang lokasinya sangat dekat dengan bandara: ZMaxD Hotel, dPraya Hotel dan Grand Royal. Semuanya ini ada di pinggir by pass bandara, lokasi detailnya sudah pernah saya tulis disini ya: Hotel Dekat Bandara Lombok Untuk ke hotel hotel ini sepertinya tidak perlu dengan damri, bisa dengan taksi resmi bandara saja tarifnya kalo belum berubah 55K ke area tsb. Kalo tetap mau coba dengan damri bisa coba tanya saja apakah damrinya mau berhenti di situ, lokasinya benar benar dekat paling jauh sekitar 4km.
      Sedangkan kalo ingin menginap di Senggigi, banyak banget hotel yang dilalui Damri, dari yang levelnya homestay sampai hotel bintang 5… saya biasanya browsing via google map juga sih hehe.. berikut saya kasih link google maps yang saya search hotel di Senggigi yang dilewati oleh Damri: Maps Hotel Dekat Damri Senggigi Untuk semakin banyak hasil pencariannya, mbak bisa zoom in dan zoom out mapsnya, juga scroll tarik ke kanan karena Damri datang dari arah kanannya maps yang saya share tadi. Untuk perbandingan tarifnya, mbak bisa coba browse di website – website booking hotel seperti booking.com, trivago, traveloka, maupun agoda.. karena saking banyaknya hotel yang dilalui jadi lebih enak cari dan bandinginnya pake maps..

      2. Tiba di LIA sekitar jam 11 artinya flight terakhir, saya pernah dapat informasi kalo damri yang last flight itu tidak sampai ke pool damri senggiginya, mereka cuma sampai Senggigi luar, kemudian penumpang biasanya lanjut dengan taksi ke hotel masing – masing. Sebenarnya karena tujuannya mbak ingin ke Gili Trawangan, paling baik pastinya nginap di Senggigi karena sudah dekat untuk ke pelabuhan penyebrangan ke Gilinya besok, tapi karena ada info kalo damri tidak langsung sampai pool kalo sudah tengah malam itu, mbak bisa pertimbangkan lagi. Bisa coba menginap di hotel dekat bandara tadi walaupun besoknya jadi masih lumayan jauh utk ke pelabuhan ke gili, tapi lebih mudah akses pas malam kedatangan. Tapi, jika ingin tetap ke Senggigi, mbak tetap bisa dengan damri tapi melanjutkan lagi dengan taksi di tempat perhentian damrinya, atau dengan taksi bandara langsung ke Senggigi nya,tarif sekitar 200K.
      Yang ini, keputusannya di mbak ya, saya hanya memberikan opini 🙂

      3. Transport ke Gili T, kalo menginap di Senggigi, pilihannya hanya taksi untuk ke pelabuhan bangsal, kebetulan setau saya di Senggigi angkot masih belum diperbolehkan beroperasi, hanya ada taksi, ojek dan damri. Estimasi tarif taksi sekitar 90K dengan argo.
      Kalo menginapnya di sekitar bandara, mbak bisa dengan kendaraan umum, tentu saja waktu tempuh lebih lama. Saya asumsikan menginap di salah satu hotel tadi, dari situ naik angkot (orang sini nyebutnya Keri) ke Praya -> kemudian lanjut mikrolet warna putih ke arah Sweta/Bertais -> dari sini naik mikrolet yang ke arah Bayan, minta turun di pelabuhan Bangsal, kemudian nyebrang dengan public boat ke Gili. Dengan kendaraan umum dari Praya ini bisa memakan waktu sampai 3 jam hehe.. karena cukup jauh + nunggu kendaraan umum berhenti sana sini..

      Semoga membantu ya, jika masih ada pertanyaan, boleh ditanya tanya lagi 🙂

  26. Assalamualaikum.
    Bolehkah direkomendasikan beberapa hotel di area pantai senggigi yang dilalui atau dekat dengan pool bus damri mas? Kalau boleh hotelnya bagus tapi tdk mahal ya mas 😀😀 juga praktis menuju pantai tidak jauh. Terima kasih ya mas sebelumnya

    • Wa’alaikum salam 🙂

      Biasanya saya browsing hotelnya dengan google maps juga.. ada cukup banyak hotel dekat damri senggigi, mulai dari yang levelnya homestay sampai bintang 5. Berikut saya share link google mapsnya saja ya, mbak bisa zoom in dan zoom out, atau scroll kiri dan kanan di maps nya untuk melihat daftar hotel dekat damri lebih banyak lagi. Hotel Dekat Damri Senggigi
      Untuk membandingkan tarif dan ratenya, mbak bisa gunakan website booking hotel seperti agoda, traveloka, trivago dll.. saya juga biasanya melihat apakah suatu hotel oke direkomendasikan dari website website tadi 😀
      Lokasi hotel – hotel tadi dipastikan dekat dengan pantai semua, karena jalan raya Senggigi itu memang ada di pinggir pantai 😀
      Semoga membantu ya 🙂

      • Assalamualaikum…Mas, minta infonya kalo ongkos keri dr depan bandara prays ke term.praya brp?trus angkot me term.bertais brp?lalu mini bus yg arah bayan qta turun deket pelabuhan bangsal bayar bro kira2,Mas Faz..Sy planning mau backpacker-an ke Gili Trawangan soalnya..Mohon pencerahannya..Mksh sblm’a

      • Wa’alaikum salam mas..
        Kebetulan saya juga sudah lama tidak naik kendaraan umum tsb di Lombok hehe… tapi saya estimasikan saja ya berdasarkan jarak dan waktu tempuhnya, seharusnya tidak jauh berbeda dari estimasi ini
        keri bandara – praya 6rb
        mikrolet praya – bertais 8rb
        bertais – bangsal 15rb

        Kira kira segitu mas… habis sekitar 25-30rb sampai Bangsal.
        Semoga membantu ya dan sukses trip backpacker ke Gili nya 🙂

  27. Siang mas,
    Maaf sblumnya waktu itu saya pernah chat tntang travel ke gili lombok, tapi sya mhon lbih detil lgi penjelasan dari anda soalnya saya re schedule april besok mas mohon sekali saran dari mas naik transport aph klo dari bandara LOP lngsung smpai ke gili entah taksi, sewa angkutan, damri & saya mau tau qlo harga taksi dri bandara ke Lab. Bangsal tarifnya Kisaran brpa tolong sarannya yah mas
    Arigato gozaemasu trimakasih mas

    • Siang mas..
      dari Bandara LOP ke Bangsal, jika dengan taksi kalo saya tidak salah sekitar 220rb, nanti tarif pastinya bisa mas cek di reservation desk taksi yang ada di depan pintu terminal kedatangan domestik.
      Jika dengan taksi tidak ok, bisa dengan damri ke Senggigi, kemudian dari Senggigi lanjut taksi lagi, jaraknya sudah lumayan dekat dengan argo sekitar 80rb.
      Atau dengan damri ke Mataram, kemudian lanjut minibus/mikrolet yang ke Bayan via Bangsal, opsi ini kalo mas sampe di Mataram siang ya, kalo sudah sore angkutan yang ke Bayan sudah tidak ada.
      Gitu pilihannya mas, semoga membantu 🙂

  28. Pagi Mas, saya rencananya Selasa depan mau ke Lombok. Kalo dari BIL ke Mataram tiba disana jam 21.25 pake transportasi apa ya yang aman dan murah tentunya, hehehe.. Oh ya kalo taxi online sudah beroperasikah di Lombok? Trims

    • Pagi..
      BIL ke Mataram bisa dengan damri bandara, tarifnya 30K, turunnya di pool damri di Mandalika.
      Utk taksi online dan kendaraan online sejenisnya belum ada di Lombok hehe..
      Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s