Bandara Internasional Lombok

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Emergency: Update terbaru status Bandara Lombok terkait erupsi Gunung Agung dapat dibaca di link ini: Lombok Airport Status Update.

 

1. Bandara Internasional Lombok

Welcome to LOP at Check-in Area

Welcome to LOP at Check-in Area

Bandara Internasional Lombok, Bandara yang beroperasi sejak Oktober tahun 2011 ini telah berhasil menjadi gerbang utama kedatangan wisatawan ke Pulau Lombok. Terbukti, dengan semakin banyaknya jumlah penerbangan harian ke Lombok baik domestik maupun internasional. Tambahan maskapai baru, juga tambahan rute dan frekuensi penerbangan tiap-tiap maskapai termasuk faktor vital meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Lombok melalui jalur udara. Pencapaian ini tentu saja sebuah perkembangan positif bagi pariwisata NTB, Lombok khususnya.

Nah, untuk teman-teman traveler yang akan datang ke Lombok melalui jalur udara, sudah pasti kedatangan kalian adalah melalui Bandara Internasional Lombok. Ada banyak pilihan maskapai dan rute yang dapat dipilih, dan berikut akan saya bagikan informasinya. Semoga dapat dijadikan referensi memilih penerbangan terbaik untuk kedatangan ke Lombok 🙂

2. Rute-Rute Penerbangan Bandara Internasional Lombok

Berikut ini daftar maskapai dan rute-rute yang dilayani dari dan ke Bandara Internasional Lombok:

– Penerbangan Internasional

– Penerbangan Domestik

Rute-rute penerbangan di atas adalah rute yang dilayani saat ini oleh Bandara Internasional Lombok (terus saya update), harapannya adalah teman-teman traveler jadi dapat memilih jadwal dan maskapai terbaik untuk ke Lombok.

Update Tahun 2013

Update terbaru (21 Agustus 2013): informasi yang saya dapatkan dari official social media account Sky Aviation, bahwa rute Sky Aviation Lombok – Denpasar pp sudah ditutup untuk sementara 😦 Be back soon Sky Aviation!

Update terbaru (24 September 2013): Jetstar Airways telah memulai penerbangannya menghubungkan Perth dan Lombok pada tanggal 24 September 2013.

Update terbaru (22 November 2013): Tigerair Singapore telah memulai melayani penerbangan Singapore – Lombok pada 22 November 2013.

Update Tahun 2014

Update 15 Januari 2014: Transnusa sementara waktu tidak melayani penerbangan Lombok – Denpasar dan Lombok – Bima, hanya beroperasi di rute Lombok – Sumbawa.

Update terbaru (4 April 2014): Mulai 30 Maret 2014, Garuda Indonesia telah melayani rute Lombok – Kupang direct dengan satu flight sehari.

Update terbaru (4 April 2014): Mulai 22 April 2014, Tigerair menghentikan penerbangan Singapura – Lombok (belum terkonfirmasi permanen atau sementara)

Update terbaru (4 April 2014): Mulai 1 Mei 2014, AirAsia menambah frekuensi penerbangan di rute Kuala Lumpur – Lombok dari 7 flights per minggu menjadi 10 flights per minggu dengan tambahan penerbangan 2x sehari di hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Update terbaru (15 April 2014): Mulai 12 Juli 2014, AirAsia akan membuka rute baru Johor Bahru – Lombok dengan frekuensi penerbangan 3x seminggu pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Tigerair at LOP November 22, 2013 | Doc: eswelowtunes on indoflyer.net

Tigerair at LOP November 22, 2013 | Doc: eswelowtunes @ indoflyer.net

Update terbaru (1 Agustus 2014): Telah terjadi perubahan konfigurasi layanan Lion Group di rute Surabaya – Lombok dan Denpasar – Lombok. Kini Surabaya – Lombok dilayani oleh Lion Air dengan frekuensi 6x sehari menggantikan Wings Air, sementara itu Denpasar – Lombok kini dilayani 5x sehari (Wings Air 4x dan Lion Air 1x).

Update terbaru (September 2014): Mulai 4 Mei 2015, Wings Air mulai melayani penerbangan Lombok – Bima pp, Lion Air menambah frekuensi penerbangan Surabaya – Lombok menjadi 6x sehari.

Update terbaru (Desember 2014) : Mulai 18 Desember 2014, Indonesia AirAsia telah mulai melayani penerbangan Surabaya – Lombok – Surabaya 1x sehari.

Update terbaru (Desember 2014) : Mulai 23 Januari 2015, AirAsia menambah frekuensi penerbangan Kuala Lumpur – Lombok – Kuala Lumpur menjadi 2x sehari.

Update terbaru (Desember 2014) : Mulai 28 Januari 2015, Indonesia AirAsia akan melayani penerbangan Lombok – Singapura – Lombok 3x sehari pada hari Rabu, Jumat, Minggu.

Update Tahun 2015

Update terbaru (April 2015): Citilink Indonesia telah melayani penerbangan Bandung – Lombok – Bandung 1x sehari per 12 Februari 2015.

Update terbaru (April 2015): Batik Air akan melayani penerbangan Jakarta – Lombok – Jakarta 2x sehari mulai 24 April 2015.

Batik Air Lombok

Batik Air | Photo by Fazword on Instagram

Update terbaru Mei 2015: Garuda Indonesia menambah frekuensi penerbangan Jakarta – Lombok pp menjadi 4x sehari dengan tambahan jadwal penerbangan sore dari Jakarta.

Update terbaru Mei 2015: Indonesia AirAsia menutup layanan penerbangan Surabaya – Lombok mulai awal Juni 2015. Be back soon AllStars!!

Update September 2015: Batik Air menambah frekuensi penerbangan Jakarta (CGK) – Lombok PP menjadi 3x sehari.

Update September 2015 : Batik Air telah melayani penerbangan Jakarta Halim Perdana Kusuma (HLP) – Lombok 1x sehari mulai 23 September 2015.

Update Tahun 2016

Update April 2016: Citilink Indonesia telah melayani penerbangan Lombok – Jakarta, menuju dua bandara di Jakarta: Jakarta Soekarno-Hatta (CGK) dan Jakarta Halim Perdanakusuma (HLP) dengan frekuensi masing-masing 1x sehari.

Update Oktober 2016: Lion Air melayani penerbangan langsung Solo – Lombok – Solo 1x sehari mulai 6 Oktober 2016.

Update Desember 2016: Lion Air melayani penerbangan langsung Kupang – Lombok – Kupang 1x sehari

Update Desember 2016: Lion Air menambah frekuensi penerbangan Jakarta – Lombok – Jakarta dengan JT652-JT653

Update Tahun 2017

Update Januari 2017: Indonesia AirAsia mulai melayani penerbangan Lombok – Kuala Lumpur 1x sehari mulai 26 Januari 2017.

Update Januari 2017: Lion Air menutup sementara layanan penerbangan Lombok – Kupang pp.

Update Juli 2017: Korean Air akan memulai layanan charter non stop flight Seoul Korea Selatan – Lombok pada 29 Juli 2017. Total akan ada tujuh flights selama periode Juli – Oktober 2017.

Update Agustus 2017: Layanan penerbangan Lombok – Solo – Lombok yang sebelumnya dilayani oleh Lion Air, per 21 Agustus 2017 diganti oleh Wings Air.

Update Agustus 2017: Indonesia AirAsia menghentikan layanan penerbangan Lombok – Kuala Lumpur vv mulai 21 Agustus 2017.

3. Transportasi Dari dan Ke Bandara Internasional Lombok

Meja Reservasi Damri Bandara Lombok | photo: fazword (2017)

Tiba di Bandara Internasional Lombok, tidak perlu bingung transportasi ke hotel maupun tujuan lainnya. Di Bandara Internasional Lombok terdapat layanan bis Damri Bandara Lombok dengan tujuan ke Senggigi dan Terminal Mandalika di Kota Mataram. Terbaru, Damri Bandara Lombok juga melayani rute ke Lombok Timur, yaitu ke Terminal Pancor. Tarif Bis Damri Bandara Lombok terbaru (berlaku mulai 11 September 2017): Bandara Lombok ke Senggigi 40rb (IDR 40.000), ke Mataram 30rb (IDR 30.000), dan ke Lombok Timur 35rb (Rp 35.000,- ).

Damri Bandara Internasional Lombok beroperasi untuk melayani penerbangan paling pagi sampai terakhir. Selain bis Damri, ada juga pilihan Taksi resmi Bandara Lombok yang siap mengantar Anda ke tujuan, tarif taksi sesuai tujuan, bisa dilihat di konter taksi resmi sebelum pintu keluar terminal kedatangan domestik.

Damri Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Damri Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Update April 2016: Jadwal Lengkap Keberangkatan Bis Damri Bandara dari Senggigi, Mataram dan Selong, Lombok Timur.

Jadwal Bis Damri Bandara Lombok | Credit: @infolombok

Jadwal Bis Damri Bandara Lombok | Credit: @infolombok

Belum cocok juga dengan Taksi atau Damri, masih ada pilihan kendaraan Travel yang dapat dipesan atau dibook terlebih dahulu sebelum kedatangan di Lombok. Tapi yang satu ini sepertinya lebih cocok jika berlibur berkelompok atau membawa banyak barang karena bisa ada partner sharing cost 😀 . Masih belum ada yang cocok juga? Baiklah, kita masih memiliki opsi angkot (orang di sini nyebutnya Keri (dari Carry)). Tapi, Keri tidak ada di dalam area Bandara. Anda harus mau jalan kaki ke luar area Bandara kurang lebih 500 meter. Keluarlah ke bypass bandara, dan tunggu Keri lewat di situ. Keri yang lewat depan Bandara Lombok adalah Keri rute Sengkol – Praya, sehingga kalau Anda ingin ke Praya atau ke Sengkol cocok menggunakan transportasi ini. Kekurangan dari Keri ini adalah jarang yang beroperasi sampai malam, paling aman ada sampai jam 5 sore. Tapi kelebihannya tentu saja di ongkos, tentu saja budget Traveler kayak saya suka ini 😀 .

4. Inside Bandara Internasional Lombok

Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok dimulai pukul 6.00 pagi (penerbangan pertama) sampai pukul 12 malam (penerbangan terakhir).

Bandara Internasional Lombok memiliki 24 check-in counters untuk seluruh maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Lombok.

Check-In Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-In Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-in Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-in Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Di dalam gedung terminal, terdapat Premium Lounge, beberapa Resto dan Shopping Area, untuk yang ingin berbelanja oleh-oleh dan keperluan lainnya. Dalam beberapa waktu ke depan, Bandara Internasional Lombok akan segera memiliki Duty Free Shop untuk mengakomodir belanja international passenger, saat ini masih tender (sumber: lombok-airport.co.id). Selain itu, posisi ruang tunggu Bandara yang langsung menghadap ke Apron dan Runway dengan kaca bisa memberikan penumpang pemandangan langsung terhadap aktivitas di Airside bandara.

Waiting Room Lombok International Airport | Doc: Fazword

Domestic Waiting Room Lombok International Airport | Doc: Fazword

Dan, lebih indah lagi bahwa dari ruang tunggu penumpang dapat melihat langsung Gunung Rinjani dengan gagahnya menampakkan diri. Pemandangan ini lebih indah di sore hari sehabis hujan atau pagi hari saat sunrise.

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lombok International Airport | Doc: Fazword

View from Waiting Room LOP | Doc: Fazword

View from Waiting Room LOP | Doc: Fazword

View from Apron LOP | Doc: Fazword

View from Apron LOP | Doc: Fazword

5. Perkembangan Rute Penerbangan Bandara Internasional Lombok

Bandara Internasional Lombok berhasil menjadi salah satu bandara di Indonesia yang berkembang pesat terkait penambahan rute penerbangan.  Bahkan, menurut statistik resmi, Bandara Internasional Lombok adalah bandara dengan pertumbuhan tertinggi tahun 2013 dibandingkan bandara-bandara lainnya di seluruh Indonesia (sumber: di sini).

Sejak mulai beroperasi Oktober 2011 yang lalu, telah banyak rute penerbangan baru dibuka untuk menghubungkan Lombok dengan kota lain baik domestik maupun internasional. Selain itu, beberapa maskapai juga mulai melayani atau menambah kapasitas penerbangan ke Lombok. Beberapa tambahan diantaranya yaitu:

Domestik:

  • Makassar (Ujung Pandang): Garuda Indonesia (rute baru)
  • Bima: Garuda Indonesia dan Wings Air (rute baru maskapai)
  • Surabaya: Lion Air (pergantian layanan dari Wings Air ke Lion Air 6x sehari)
  • Jakarta: Garuda Indonesia (penambahan frekuensi menjadi 3x sehari)
  • Denpasar: Garuda Indonesia menambah frekuensi menjadi 3x sehari, Lion Group mengubah konfigurasi layanan dengan 4x Wings Air dan 1x Lion Air sehari
  • Kupang: Garuda Indonesia Explore Jet (rute ini sudah ditutup sementara oleh Garuda Indonesia)
  • Bandung: Citilink, membuka koneksi pertama dan langsung antara dua kota tujuan wisata ini dengan penerbangan Bandung – Lombok setiap hari.
  • Surabaya: AirAsia Indonesia membuka rute pertamanya di Lombok dengan layanan penerbangan ke Surabaya. (Rute ini telah ditutup sementara oleh AirAsia Indonesia)
  • Jakarta: Batik Air telah melayani penerbangan ke Lombok dari Jakarta Soekarno Hatta dan Jakarta Halim Perdana Kusuma dengan total 4x sehari.
  • Jakarta: Citilink Indonesia melayani penerbangan ke Jakarta CGK dan HLP masing-masing 1x sehari.

Internasional:

  • Kuala Lumpur, Malaysia: AirAsia
  • Perth, Australia: Jetstar Airways (rute ini telah ditutup per Oktober 2014)
  • Johor Bahru, Malaysia: AirAsia (Update November 2015: Rute ini untuk sementara ditutup oleh AirAsia)
  • Singapore: Tigerair (Update April 2014penerbangan rute ini ditutup Tigerair mulai 22 April 2014).

Selain rute-rute di atas, juga terdapat beberapa rumor rute yang akan segera dilayani, diantaranya oleh Garuda Indonesia untuk Lombok – Labuan Bajo dan Lombok – Sumbawa, Jetstar Asia untuk Singapura – Lombok, Cathay Pacific untuk Hongkong – Lombok, China Airlines yang sudah diundang Pemprov NTB untuk menghubungkan Lombok dengan daratan China, Jetstar Hongkong yang belum mendapatkan AOC ternyata sudah apply rute Hongkong – Lombok, Indonesia AirAsia yang dikabarkan sudah apply rute Lombok – Perth, Garuda Indonesia yang berencana melayani penerbangan Surabaya – Lombok – Sumbawa mulai September 2014, dan lainnya. Selain penambahan dan penjajakan rute/kapasitas baru, Bandara Internasional Lombok juga pernah kehilangan rute penerbangan yakni Lombok – Surabaya – Jakarta pp oleh Batavia Air karena maskapai tersebut yang dinyatakan pailit pada akhir Januari 2013 yang lalu. Selain itu, maskapai Sky Aviation juga menutup penerbangan Lombok – Denpasar pp untuk sementara dan beberapa update rute lainnya yang sudah saya sebutkan di atas

Jetstar Airways at Lombok | Doc: Fazword

Jetstar Airways at Lombok | Doc: Fazword

Nah, sekian dulu review tentang salah satu gerbang utama Pulau Lombok, Bandara Internasional Lombok. Kalo nanti ada update info, pasti saya share di sini, terutama tambahan rute dan maskapai ya 😀 . Semoga semakin banyak rute dan maskapai yang melayani penerbangan ke Lombok. Aamiin.

Selamat datang di Lombok, selamat datang di “rumah” saya, anggap rumah sendiri 😀 . Tapi tetap hormati pemilik rumah dengan menjaga kebersihan dan keindahan rumahnya 🙂

Terima kasih

db275-ttd

========================================================

Advertisements

666 thoughts on “Bandara Internasional Lombok

  1. Mas 2 minggu lagi saya mau ke Gili, dr bandara ke penyebrangan apakah aman utk naik damri dan lanjut taxi? Mohon info nama terminal damrinya dan perkiraan tarif taxi. Dan utk penyebrangan akomodasinya ada apa dan dgn tarif Berapa? Thank you

    • Halo mbak,
      mohon maaf lama sekali jawab pertanyaannya, akhir – akhir ini lagi sibuk banget hehehe..
      semoga jawaban saya tidak telat dan bisa membantu 😀
      dari bandara ke penyebrangan dengan damri dan taksi insya Allah aman mbak, damri ini adalah damri resmi airport, hanya melayani naik penumpang di bandara saja dengan jadwal keberangkatan 1x per jam. Mbak naik damri yang ke Senggigi ya, kemudian dari Senggigi lanjut taksi. Di Senggigi ada banyak taksi termasuk taksi argo seperti Bluebird (Lombok Taksi) dan Express.

      Untuk penyebrangan, dari pelabuhan Bangsal dengan public boat, tarifnya terakhir kali saya kesana 15rb/pax dengan durasi tempuh sekitar 40 menit sampai Gili Trawangan.

      Semoga informasinya membantu ya mbak dan enjoy Lombok! 🙂

      • Mas,dari bandara ke pelabuhan lembar cuma taksi aja atau ada alternatif lain?kalo gak delay,saya sampai sana jam 21.30. Mohon infonya. Terima kasih

      • mungkin yg mbak fika maksud dr BIL ke plabuhan bangsal kali ya? kalo yg langsung selain taksi bisa pake mobil sewa. tapi sebaiknya di-booking jauh hari biar aman dan terhindar calo.

      • Pelabuhan lembar mas. Pelabuhan yg dari bali ke lombok. Kalo bangsal,pelabuhan yg mau ke gili. Lebih safety mana ya,naik damri turun di mataram lanjut taxi atau langsung taxi dari bandara ke pelabuhan lembar. Maaf jd bnyk nanya karena nyampe lomboknya mlm sktr 21:30. Mohon info. Makasih

      • Ooh, maaf, kemarin saya salah sambung, kirain ke pelabuhan bangsal hehehe..
        kalo ke Lembar, sebaiknya langsung dengan taksi saja menurut saya, lebih safe karena tidak perlu nunggu taksi lagi di mataram, tarifnya juga kayaknya jadi lebih mahal jika damri + taksi.
        Tarif taksi resmi bandara Lombok ke Lembar terakhir saya update sebulan yang lalu 165 ribu all in, langsung dibayar di meja reservasi taksi di depan pintu kedatangan domestik.
        Semoga membantu ya mbak 🙂

      • mbak fika kalo mau ke gili jangan ke lembar dulu tapi ke senggigi (atau ke mataram) aja mbak. lembar arahnya ke selatan, senggigi dan bangsal ke utara. kalo menurut saya damri dan taksi sama2 aman. masyarakat lombok udah sadar wisata. beda damri/taksi pada sisi kepraktisan, waktu tempuh dan biaya aja.

  2. Saya tgl 28 april ini rencana ke lombok dari jakarta mungkin sampai lombok jam 11 malam. Sebaiknya saya naik apa ya dari bandara ke kota mataram? Atau apakah ada sewa motor 24 jam yg bisa diantar ke bandara? Terima kasih.

    • Halo mbak,
      dari bandara lombok ke mataram ada layanan bis damri airport, yang melayani sampai penerbangan terakhir. Penerbangan mbak landing jam 11 dengan JT650 ya? Jika iya, damri yang ke mataram masih ada, mbak bisa dengan damri saja ke mataramnya, tarifnya 25rb / pax.
      Atau ada opsi juga dengan taksi resmi bandara dengan tarif ke mataram 165rb.

      Kalo sewa motor 24 jam saya kurang tau infonya hehe… saya belum pernah sewa motor di Lombok, kan rumah sendiri 😛

      Mbak bisa gunakan damri atau taksi ke mataramnya,
      semoga membantu dan selamat datang di Lombok 🙂

    • Halo mbak,
      saya kurang tau juga rute damri bandara yang ke mataram lewat jalan mana saja kalo sudah masuk ke kota mataramnya, yang saya tau jalurnya mereka lewat by pass, kemudian dari bundaran patung sapi belok kanan ke jalan yang arah dasan cermen. Dari situ saya kurang tau lewat mana lagi utk sampai poolnya, tapi seharusnya daerah sweta tetap dilewati sama damrinya.
      Nanti bisa tanya ke petugas damri saat beli tiket ya 🙂

      • Apa ada nomor telepon damri bandara lombok? bus damri dr bandara apa tetap beroperasi pada tgl 24juni2017 (malam takbiran)? Apa ada jadwal keberangkatan yg dari bandara? Terimakasih

      • halo
        kebetulan saya gak ada info kontak damri bandara lombok
        bis damri seharusnya masih tetap beroperasi di malam takbiran juga..
        kalo jadwal keberangkatan dari bandara, jam 8 seharusnya sudah ada yang berangkat ke mataram, jadwal selanjutnya setiap 1 jam sekali sampai flight terakhir sekitar jam 10.30 malam

  3. Hallo, rencana saya mau ke lombok bulan depan. Dengan penerbangan jam 8 malam dari jakarta. Sampai lombok jam 10an. Damri dari bandara lombok ke selong melayani hingga jam berapa, Dan berapa tarifnya? Terima kasih 🙂

    • Halo,
      setau saya damri yang ke selong tidak sampai flight terakhir yang jam 10an, setau saya sampai sekitar jam 8 / 9 malam. tapi nanti bisa ditanya dulu ke damrinya, kalo masih ada bisa tetap dengan damri, kalo sudah tidak ada, ada pilihan dengan taksi resmi bandara.
      Tarif damri ke Selong 30rb, dengan taksi mungkin sekitar 200rb.
      Semoga membantu ya infonya 🙂

      • saya baru saja dari bandara lombok, saya sudah tanyakan ke petugas damri bandara, informasinya damri ke Selong ada sampai maksimal jam 9 malam saja. Untuk setelah jam itu, mereka bisa melayani jika ada pemesanan, mungkin maksudnya rombongan.
        sedangkan yang ke Mataram – Senggigi tetap ada sampai flight terakhir sekitar jam 11 malam WITA.

  4. Halo.. mau tanya.. kw bus damri beneran ada sampai jam 9 malam gk? soalnya sy prnah liat jdwal resminya kw bus damri dari bil ke mataram cuma sampai jam 7 malam.. mohon infonya.. makasih

    • saya cukup sering landing di lombok dengan flight terakhir jam 10an malam dan bis damri nya ada nungguin.
      sesuai aturan damri, bis damri beroperasi melayani sampai flight terakhir, di Lombok flight terakhir landing sekitar jam 11 malam.
      seharusnya jam 9 masih ada mbak

      • damri nya tetap masih ada sampai flight terakhir, tenang saja.
        tadi malam saya landing jam 11.30 di LOP, damri masih ada dan tetap melayani mataram – senggigi

    • btul gan trnyata masih ada sampai jam 11 yg k mataram. tapi silakan diperhatikan buat yg pake maskapai sering delay. takut meleset jadwalnya, damri sudah gak ada nanti repot.

  5. halo mau tanya,
    mungkin ada kontak agen untuk transport dari senggigi ke gili? (paket shuttle + boat) skalian harganya mgkn hehehe
    thanknyou

    • halo,
      kebetulan saya kekurangan info kalo untuk info kontak travel/rental kendaraan di Lombok hehe..
      tapi dari senggigi ke gili sudah cukup dekat kok, ke pelabuhan bangsal dulu baru nyebrang ke gili

  6. Halo Mas, saya minta bantuannya ya, akhir tahun nanti saya n suami+anak 2th kurang mau liburan ke Lombok 6 hari, menurut mas lebih baik tujuan awal saya ke Lombok bagian mana dulu??

    • halo mbak,
      untuk tujuan awal, sepertinya paling ideal ke senggigi dulu sekaligus menginap di sana.
      posisinya yang lumayan mendukung untuk ke tujuan lainnya seperti gili, lombok utara, lombok barat maupun lombok tengah (sekitar 1.5 jam) dan lombok timur (sekitar 2 jam).
      btw, enam hari bisa sampai habis pulau lombok + gilis di explore tuh 🙂
      semoga membantu ya

      • Waw, pantai n gili d Lombok kan buanyak sekali mas, beneran bisa ta??
        Berarti mas menyarankan menginap d satu tempat saja ya…
        Bisa bantu buatkan kira2 jadwal nya ndak mas??

      • bisa mbak hehe.. asal per harinya dijadwalin ke masing – masing kawasan, misal saya susun begini dengan estimasi tiba di lombok pagi, pulangnya sore/malam
        Day 1: Senggigi dan Gili Trawangan
        Day 2: Lombok Tengah: Selong Belanak, Mawun, Kuta, Tj Ann, Desa Adat Sade
        Day 3: Lombok Barat -> Gili Nanggu, Sudak, Kedis
        Day 4: Lombok Timur -> Pantai Pink, Tanjung Ringgit dan sekitarnya
        Day 5: Lombok Utara -> Senaru, air terjun sekitaran senaru / hutan monyet pusuk
        Day 6: Kota Mataram -> City tour beli oleh oleh sekalian otw bandara

        Untuk tempat nginapnya, Senggigi cukup representative dan strategis untuk menyebar ke masing – masing tujuan setiap harinya.
        Yang Day 1, kalo memang agak telat sampai di Lombok, bisa langsung ke Trawangan dan menginap dulu disana semalam, baru day 2 dan seterusnya nginap di Senggigi..
        Kira2 seperti itu draft itinerary 6 hari di Lombok, itu sudah habis satu pulau + beberapa Gilis 🙂

    • bantu itinerary ya…
      day 1&2: dr airport langsung mnuju gili trawangan. bsoknya bsa ke gili meno dan air.
      day 3: ke sembalun untuk menikmati suasana perbukitan di taman wisata pusuk sembalun dan petik buah stroberi di ladangnya. malamnya menginap di mataram.
      day 4: mengunjungi pantai2 selatan yang eksotis, mulai dr selong belanak, mawun, kute, seger, dan bukit merese. kembali ke mataram.
      day 5: destinasi sekitar kota mataram seperti narmada dan mayura. bsa jga ke desa sade atau sukarara utk melihat lbih dekat budaya suku sasak. kembali ke mataram.
      day 6: belanja oleh2 dan menuju airport.

      menginap di mataram agar bisa mencoba ragam kuliner khas lombok. lbih bnyak opsi pilihan hotel, dan juga pilihan transport sesuai kebutuhan. smoga mmbantu

      • Terima kasi banyak mas @fazword n terima kasih juga untuk mas @Lombok cab…
        Bisa saya rundingkan dengan suami saran2 tersebut…
        Kalau ingin ke pantai daerah Sekotong itu bagaimana, mudah dijangkau ap sulit??
        Kami rencana mau sewa sepeda motor di sana nanti trus anak kami usia 2th kurang, jadi tempat yang akan kami tuju pantai2 yg mudah dijangkau saja,.

      • Pantai daerah Sekotong sekarang semuanya mudah dijangkau karena akses jalan sudah bagus semua
        Misal ingin ke sekitaran Sekotong Barat, kesana jalanannya sudah bagus semua seperti ke Pantai Mekaki, Pantai Elak Elak, Sundancer dan Bangko Bangko.
        Dengan sepeda motor apalagi, memang paling bebas dan mobile jalan jalan kalo bawa kendaraan sendiri tapi tetap harus safety first 🙂

        Silakan didiskusikan dulu mbak, kalo ada info yang masih diperlukan, silakan tanya tanya lagi di sini, dengan senang hati saya share info

  7. Hai.. Minggu dpn sy ke lombok, nginepnya di senggigi, rencananya smp BIL mau langsung ke pantai kuta dulu, setelah itu baru ke senggigi, kalau naik angkutan umum (bis damri) sy hrs naik yg rute mana ya, mohon infonya donk… Jd dr BIL ke kuta naik yg apa, lalu nti dr kuta ke senggigi naik yg apa? Makasih sebelumnya

    • Halo,
      selamat datang di Lombok 🙂

      Untuk ke Kuta saat ini belum ada damri, pilihannya jika ingin praktis adalah dengan taksi bandara atau jika ada sewa kendaraan sendiri bisa lebih bebas.
      Dari kuta ke Senggigi bisa dengan taksi juga, tapi jika ingin dengan damri, dari Kuta kembali lagi ke Bandara, kemudian dari bandara baru naik damri yang tujuan ke Senggigi.
      Kuta ada di arah timur dari bandara, sedangkan senggigi ke arah barat bandara, jadi, saat kembali dari Kuta ke Senggigi juga akan tetap melewati bandara.
      semoga informasinya bisa membantu ya dan enjoy Lombok! 🙂

    • halo,
      kuta ke gili trawangan ada beberapa opsi:
      – dengan layanan shuttle kuta – pelabuhan bangsal yang banyak ditawarkan di sekitaran kuta, saya banyak lihat flyer layanan shuttle di sekitar perempatan kuta-mawun dan sekitaran senex yang di sekitaran bar di sana.. tarifnya sekitar 100K sampai bangsal. sampai di pelabuhan bangsal, tinggal nyebrang public boat ke gili trawangan
      – dengan taksi langsung, ini pilihan paling praktis dengan taksi langsung ke pelabuhan bangsal. jarak kuta – bangsal sekitar 80km, jadi jika dengan argo jadi lumayan juga sih hehe.. sekitar 360rb.
      – dengan taksi + damri bandara + taksi. Ini bisa jadi alternatif, pertama dari kuta dengan taksi ke bandara, kemudian dari bandara lanjut damri bandara (tarifnya 30K/pax) ke Senggigi, dari senggigi tinggal lanjut dengan taksi ke pelabuhan bangsal sekitar 90rb.
      – paling asik kalo ada kendaraan sendiri atau di penginapan di kuta ada yang bisa antar ke bangsal dengan tarif yang negotiable, ini bisa juga..

      semoga membantu ya 🙂

      • Terima kasih banyak infonya mas hehe. Maaf mau tanya lagi, utk penyebrangan ke gili lebih baik public boat atau fast boat? Kalau fast boat boleh kasih tau ga namanya apa yg hrgnya cukup bersahabat hehe. Terimakasiii

      • kalo berdasarkan budget, saya lebih memilih dengan public boat, lebih murah hehehe.. tarif terakhir yang saya tau 15K per pax ke Gili Trawangan +- 40 menit..
        tapi kalo pertimbangan waktu dan lebih eksklusif, tentunya dengan fastboat.. yang terkenal dan sudah jadi pemain reguler fastboat gili biasanya dengan Marina Srikandi, tapi saya gak ada kontak atau daftar tarifnya..
        atau kalo di penginapan ada layanan sewa boat atau informasi boat juga bisa lebih baik direservasi via penginapan

  8. Hallo,mas. Mau tanya nih. Kebetulan saya ada rencana mau nginap di gili T di hari pertama kedatangan sy di lombok. Tapi rencananya di hari pertama, sampe di BIL, sy mau jalan2 dulu bentar di bukit nipah sebelum ke bangsal. Kira2 kalau naik damri, enaknya turun dimana trus lanjut pakai transportasi apa? Dan mungkin tahu estimasi harganya? Terima kasih

    • hallo mbak,
      Karena bukit Nipah itu satu kawasan dengan Senggigi, mbak bisa naik damri yang ke Senggigi. Turunnya pasti di pool damri di Senggigi.
      Jarak pool damri ke Bukit Nipah sekitar 13km, dan ke pelabuhan Bangsal sekitar 25km, jalannya searah ke Bangsal melewati Nipah dulu.
      Untuk ke Nipah dan Bangsal, mbak bisa lanjut dengan taksi. Setahu saya di Senggigi belum ada kendaraan umum selain taksi.
      Di Senggigi banyak taksi berargo seperti Blue Bird (namanya Lombok Taksi kalo disini) dan Express taksi. Kalo ke Nipahnya tidak terlalu lama, misal untuk foto foto sebentar saja, cocok bisa ditunggu juga oleh taksinya. Estimasi tarif dengan argo sekitar 100K, belum termasuk jika berhenti di Nipah karena argo tetap jalan.

      Di Lombok sudah ada kendaraan online Uber dan Gojek/GoCar juga, tapi info terakhir mereka sedang disuspend operasinya karena tidak diizinkan di Lombok

      Semoga membantu ya mbak dan enjoy Lombok! 🙂

    • halo mbak,
      boleh mbak, cari tempat paling nyaman dan aman aja ya di dalam terminal bandara.
      operasional bandara tutup sekitar jam 1 dan buka lagi jam 4 sudah ada aktivitas.
      tetap jaga diri dan barang bawaan 🙂

    • halo mbak,
      untuk saat ini belum ada moda transportasi langsung dari bandara lombok ke sekotong kecuali taksi bandara. Jika mbak mau, bisa reservasi sekaligus lihat tarifnya ke Sekotong di meja reservasi taksi bandara di depan pintu kedatangan domestik, sekaligus bayar taksinya disitu.
      Pilihan lainnya dengan kendaraan umum tapi turun naik sekitar 5 kali, kurang praktis dan lama hehe
      Setau saya di Sekotong belum ada penyewaan motor, kenapa tidak menyewa di Praya atau sekitar Mataram saja dan janjian motornya diantar ke bandara? Jadi bisa dipake untuk ke Sekotong langsung

      Semoga membantu 🙂

      • okee makasih mas,,kalau ke gili nanggu masih ada penginapan gak ya mas??dan sekalian berapa ya mas paket ke gili nanggu,sudak dan kedis??

      • di Gili Nanggu cuma ada satu cottages, namanya Gili Nanggu Cottages. Jika mau menginap disana, sebaiknya reservasi dari awal sebelum kedatangan karena jumlah kamarnya yang tidak terlalu banyak dan tingginya demand penginapan disana. Mbak bisa coba reservasi via website reservasi hotel.
        kalo paket ke tiga gili nanggu, sudak dan kedis, kebetulan yang ini saya belum pernah coba. waktu itu cuma ke Gili Nanggu (tulisannya ada di blog), sistemnya charter satu kapal seharian sampai puas. Kapalnya ada di dermaga Tawun atau di Pantai Cemara di Lembar. Utk ke tiga gili sekaligus, nanti bisa ditanya disana sekalian. Waktu itu saya lihat ada beberapa kapal yang membawa rombongan ke tiga gili langsung satu paket.

    • dari bandara ke pototano di pulau sumbawa, bisa naik damri yang ke terminal mandalika, terus darisana bisa nyambung minibus yang ke lombok timur atau ikut bis yang akan nyebrang ke pulau sumbawa mas.. pilihannya cuma itu
      semoga membantu 🙂

      • halo mbak, maaf baru balas, semingguan kemarian cuti 🙂

        wah, lima hari bisa habis se-pulau Lomboknya hehe, kalo saya breakdown itinerarynya secara umum jadi begini:
        – day 1: Gili Air – Gili Meno – Gili Air – Senggigi (nginap di Senggigi)
        – day 2: lombok timur: pantai pink, tanjung ringgit, dan sekitarnya atau ke trip empat gili Lombok Timur seperti yang saya pernah coba juga: trip empat gili lombok timur
        – day 3: lombok utara: senaru dan beberapa air terjun di sekitarnya
        – day 4: lombok selatan: selong belanak, kuta mandalika, bukit merese, tj ann, desa adat
        – day 5: city tour mataram dan beli oleh oleh sekaligus ke airport flight sore

        kurang lebih seperti itu, jadwal hariannya bisa diganti urutannya juga dan masih bisa ganti tujuan, misal yang day 4 bisa diganti dengan ke Lombok Barat ke Gili Tangkong, Nanggu dan Sudak.

        semoga membantu 🙂

  9. Halo mas,
    Bulan depan mau backpacker sendirian ke Lombok & penginapanku di Kuta. Dari bandara menuju Kuta naik apa ya mas?
    Disana cuma 3hari. Nyampe Lombok kurang lebih jam 11.30an, enaknya kemana dulu ya mas? Terimakasih 😊

    • Halo mbak,
      wih mantaap, solo backpacking 👍
      untuk ke Kuta saat ini belum ada kendaraan umum angkot yang tembus sampai sana, paling dekat angkot sampai pasar Sengkol, sekitar 8km sebelum Kuta. Biasanya sih pada lanjut ojek pangkalan dari sana tapi tidak menjamin ada.
      Pilihan lainnya adalah dengan taksi resmi bandara langsung dari bandara ke Kuta, tarifnya bisa dicek saat reservasi di taksinya sekalian bayar disitu. Atau kenapa tidak sewa kendaraan saja mbak untuk jalan jalannya? Minta diantar langsung ke bandara kendaraannya, jadi bisa langsung dipake hehe.. kebetulan juga landing Lombok jam 11.30, estimasi sampai di Kuta sekitar jam 1 siang bisa langsung maen dengan kendaraannya eksplor Kuta – Tanjung Ann – sunsetan di Bukit Merese (ini recommended pake banget! hehehe).

      Semoga membantu ya, kalo ada pertanyaan lagi, boleh komen lagi 🙂

      • Iya mas ada rencana sewa motor sih, bisa ya dianterin ke bandara?
        Tadi sempet sharing sama temen2 di grup fb, ada yg kasih saran supaya jalan2nya pake trijek 😊 udah ku googling juga biaya nya, mulai 125-250an selama 12jam. Tergantung zona katanya.
        Menurut mas sendiri gimana?

      • Ada beberapa rental yang saya lihat sering antar serah – terima kendaraan sewa di bandara, untuk kemudahan wisatawan juga, coba mbak tanya rental yang mau disewa motornya ya
        menurut saya, lebih mending sewa motor sendiri sih hehe.. kayaknya jadi lebih hemat karena sewa motor tidak sampai harga segitu untuk waktu yang sama. Mungkin keuntungan dengan trijek adalah yang bonceng sudah hafal jalan jadi gak perlu khawatir tersesat

  10. Pagi mas, mau tanya. Rencana naik damri dr bandara praya ke hotel sheraton senggigi. Turun dimana ya mas, dan lanjut naik apa? Flight siang ini. Tks

    • pagi mas
      Posisi Sheraton cukup dekat dari Pool Damri di Senggigi sekitar 500m, untuk lanjut jika barang banyak banget bisa lanjut taksi yang banyak di sekitar situ walaupun nanggung banget jaraknya, atau jika barang sedikit, jalan kaki saja ikuti trotoar, jalan dikit sekitar 400 meter nanti sudah ketemu trotoar khususnya Sheraton yang dikasih pagar di sebelah kiri jalan, tapi utk ke gerbangnya masih perlu jalan dikit lagi ke dekat tikungan
      semoga membantu dan selamat datang di Lombok

  11. Kalo dari taliwang sumbawa barat,
    Tujuan bandara lombok.
    Jadwal penerbangan 16:00 sore
    Sedangkan bus apapun termasuk damri berangkat pukul 08:00 pagi,
    mgkn kah ontime sebelum jadwal penerbangan pukul 16:00 ??

    Urgent

    • Halo mas,
      saya coba hitung dengan perkiraan durasi perjalanannya ya, target jam 15.00 sudah tiba di Lombok Airport untuk check in, atau bisa coba web check in terlebih dahulu dari 24 jam sebelum flight.
      pertama Taliwang – Pelabuhan Pototano: 1 jam (jam 9)
      Pelabuhan pototano – pelabuhan Kayangan lombok: 1 jam (jam 10)
      pelabuhan kayangan – mataram (terminal mandalika): 2 jam (jam 12)
      mataram – bandara (dengan damri): 1,5 jam (jam 13.30)

      Seharusnya aman mas bisa terkejar, asalkan tidak ada keberangkatan bis atau kapal yang tertunda, seharusnya sekitar jam 2 sudah sampai di bandara lombok.
      Jika kurang yakin, kenapa tidak coba ambil bis yang lebih pagi dari Taliwang mungkin ada yang berangkat pagi atau dini hari

      Semoga membantu ya dan safe trip

  12. Nam Air saya lihat di IGnya ada oenerbangan dari Surabaya (SUB) – Lombok (LOP).

    Mas, kalo titip motor di bangsal itu kira2 berapa ya biayanya. Transportasi dari Pool damri mataran ke Desa sade pakai apa ?

    • Sriwijaya Air group termasuk Nam Air belum ada buka rute ke Lombok mas, adanya ke Bima dari Denpasar

      Parkir nginap setau saya tarifnya 10rb / hari, nanti bisa ditanya langsung di parkirannya ya, sekitar segitu kok

      Belum ada kendaraan umum seperti angkot yang langsung ke Sade, paling dekat sampai Sengkol sekitar 3km sebelum Sade. Pilihannya dari pool damri mataram ke Sade, bisa dengan damri ikut sampai bandara, kemudian dari bandara lanjut taksi resmi bandara. atau, naik kendaraan umum mikrolet warna putih rute Sweta – Praya Renteng, kemudian dari Renteng naik angkot keri yang ke Sengkol sampai pasar. Dari situ lanjut ojek pangkalan. Ini jadi lumayan lama sih perjalanannya. Kalo mau paling praktis dengan taksi langsung dari mataram atau sewa kendaraan/motor sekalian 😀

  13. Halo Mas, saya ada rencana ke Lombok long weekend + cuti hehe.. jd total 4 hari 3 malam, itupun day 1 nyampe jam 3 sore di BIL.. rekomendasi enaknya kmn ya? trus, kalo pake motor, sunsetan di bukit merese tp nginep di senggigi, kejauhan ga ya? dan apakah aman? trima kasih ya

    • halo mbak, mohon maaf baru bisa jawab pertanyaannya, lagi sok sibuk nih semingguan kemarin 😥
      berarti itu efektif nya tiga hari ya kalo sampe LIA jam 3 sore, sisa waktu utk ke hotel di Senggigi sekalian sunsetan di malimbu sunset point
      sunsetan di merese terus balik ke senggigi sebenarnya lumayan jauh sih hehe.. sekitar 2 jam perjalanan + kalo malam kayaknya jalan sekitar merese agak gelap walaupun relatif aman karena rame yang sunsetan biasanya, kalo mau dicoba juga gpp sunsetan di sana dan mau nambah 2 jam setelah sunset utk balik ke senggigi 😀

      saya coba bikin itinerarynya ya:
      day 1: arrive lombok jam 3 sore, lanjut hotel + kalo masih sempat ke bukit malimbu sunsetan
      day 2: gili trawangan – meno – air, full one day gili trip sekalian snorkeling, island strolling kelilingin gili pake sepeda/cidomo, sore balik ke senggigi bisa sunsetah sambil makan ikan bakar di pantai nipah
      day 3: kalo mau pantai lagi, bisa coba ke lombok barat maen ke gili nanggu dan sekitarnya, nah tapi kalo mau yang beda, hari 3 ini bisa coba maen ke Senaru di Lombok Utara view gn. rinjani dan air terjun di sekitaran senaru
      day 4: mataram/senggigi city tour + beli oleh oleh + otw airport

      kurang lebih begitu mbak, oh ya apalagi kalo sewa motor jadi lebih mobile dan lincah kemana mananya hehehe..
      selamat datang di Lombok ya 🙂

  14. halo mas saya mau nanya saya mau ke lombok tgl 17 nov dan balik tgl 20 nov 2017 pesawat jam 12.30 supaya tdk terlambat bagusnya saya bergkt dari gili ke bandara jam brp ya mas

    • halo mbak,
      untung masih tanggal 13 november, jadi belum telat saya jawab pertanyaanya hehe.. maaf ya akhir akhir ini lagi sok sibuk kerjaan 😦

      karena flight 12.30, berarti maks jam 11.30 sudah tiba di airport dan beres check in, rekomendasi saya adalah berangkat dari gili dengan boat pertama, kalo gak salah ada jam 7.30. Kalo saya estimasi perjalanan ke airportnya akan jadi +- 3 jam : gili – bangsal/teluk nare 45 menit + bangsal/teluk nare – airport +- 2 jam, berarti sampai di airport sekitar jam 10.30 kalo berangkat jam 7.30, aman tidak akan telat untuk flightnya.
      Selamat datang di Lombok ya 🙂

  15. halo mas rncn mau ke lombok pertengana bulan ini berangkat jumat pulang senin…. keberangkatan jm 1 siang sampe di. perkirakan jam 8 mlm.. nah tujuan saya ingin ke gili terawangan hari sabtu subuh, nginap di gili semalam.. nah minggu bagusnya ke mana ya mas dengan buget pas passan karena senin sekitar jam 4 sore sudah balik lagi ke kota saya .. supaya bisa lgsg ambil hotel.. apakah bgusnya tetap sampai pulang saya nginap di gili atau ada saran lain

    thank you

    • halo mas,
      mohon maaf baru bisa jawab pertanyaannya, akhir akhir ini kesibukan kerjaan lagi tinggi loadnya hehe.. saya jawab ya semoga tidak telat jawaban saya
      kalo tetap ingin nginap di Gili T, saran saya semalam itu saja mas yang malam minggunya, karena akses ke gili maksimal ada jam 5 sore, kayaknya akan jadi terbatas sekali jalan jalan hari minggunya jika harus balik ke gili jam 5 sore. Yang hari kedua sampai pulang nginapnya di Senggigi.
      Atau kalo mau, mas nginap nya di Senggigi saja full, jadi yang ke Gili nya one day pp langsung, tapi kalo tetap mau nginap di Gili juga gpp, tetap bisa puas jalan jalan nya 😀

      Yang hari Minggu bisa coba main ke Lombok Tengah bagian selatan seharian langsung ambil rute trip: Gili – Bangsal – Selong Belanak – Pantai Mawun – Kuta Mandalika – Tanjung Ann – Bukit Merese – Desa Adat Sade – Senggigi.
      Yang hari kedua bisa digunakan untuk City tour + beli oleh oleh di Senggigi, Mataram, desa kerajinan tenun Sukarara dan Puyung terus langsung ke airport karena ini sudah searah Senggigi – Mataram – Puyung/Sukarara – Airport.

      semoga membantu ya mas, kalo masih ada pertanyaan boleh ditanya lagi
      Selamat datang di Lombok 🙂

  16. siang mas,
    mau tanya……..transportasi dari BIL ke Hotel Lombok plaza, klo uda mlm jam 8, bisa ditempuh dengan armada apa ya mas??

    • Halo mbak,
      mohon maaf pertanyaannya baru bisa saya balas, terlalu sibuk minggu kemarin 😦
      Jam 8 malam masih ada damri yang ke Mataram, bisa gunakan damri turun di terminal mandalika kemudian dari sana bisa lanjut (+- 4km) dengan taksi atau kalo punya aplikasi kendaraan online juga bisa di Lombok sudah ada taksi dan ojek online.
      Kalo mau yang praktis, di bandara ada layanan taksi resmi bandara yang tarifnya sudah ditentukan per tujuan, kota Mataram seingat saya tarifnya 125rb dibayar saat reservasi, bukan ke driver taksinya.
      semoga membantu ya dan selamat datang di Lombok 🙂

  17. Halo mas, saya mau tanya , apakah punya rekomendasi penyewaan mobil? Karena skrg. Susah cari rental yg bisa kelililing2. Mintanya mereka hanya seputaran senggigi dan kota mataram.

    Saya rencana mau keliling dari tanjung aan, sampe ke benang skotel.

    Mohon infonya ya mas.

    Salam.
    Fajar.ap

    • Halo mas,
      wah rental mana tuh yg gak mau? rental – rental setau saya bebas dibawa keliling kemana aja se Lombok nya
      saya sebenarnya tidak ada rekomendasi rental mobil karena belum pernah ngerental juga hehe… tapi saya tau beberapa rental yang pernah saya info ke yang nanya di blog atau email ke lombok-pirates (ini ada website dan instagram nya, bisa dicari) dan rental mitra armada di kota praya dekat pegadaian, saya ada kontaknya 0370-654811 & 0818369246 mungkin mas bisa kontak
      semoga membantu ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s