Flightdiary AirAsia AK306 Kuala Lumpur – Lombok

Flightdiary AirAsia AK306 Kuala Lumpur – Lombok

Pukul 15.40 kami baru nyadar dan selesai belanja di KLIA 2 (belanjanya bisa dibaca disini: Kuala Lumpur Family Trip Day 3), padahal flight kami ke Lombok AK306 terjadwal berangkat jam 16.45. Kurang satu jam sebelum boarding untuk melewati departure gate, antrian imigrasi, antrian security check dan ke gate. Akhirnya kami buru – buru jalan keluar airport mall kembali ke departure hall, walaupun saya sempat berhenti sebentar beli coklat lagi 🤣

Kami langsung ke International Departures / Perlepasan Antara Bangsa. Tapi sebelum masuk, cabin baggage pax AirAsia akan ditimbang dulu untuk memastikan tidak overweight dari jatah 7Kg / pax. Untungnya koper kabin kami tidak berat – berat banget sekitar 8-9kgan dan karena kami dihitung jatah berlima, secara total gak lebih dari 35Kg. Yup, kami lolos langsung masuk ke terminal keberangkatan.

International Departure KLIA 2 | photo: fazword

Kami langsung ikut antrian imigrasi yang ternyata rame banget.

Imigration Gate KLIA 2 | photo: fazword

Proses imigrasi kami baru selesai sekitar 15 menit setelahnya, dan kami belum tau kalo ternyata gate Q17 tempat flight AK306 boarding juga jauh… wait for it.

to Gate P & Q KLIA 2 | photo: fazword

Setelah lewat imigration check, saya samperin Pak Cik sopir golf cart service KLIA 2 nanya gate Q apa jauh, katanya jauh.. haha ya sudah tolong uncle antar kami kesana numpang golf cart nya udah mau boarding nih. Akhirnya melajulah kami di atas golf cart, lumayaaan…

Golf/Buggy Cart Service KLIA 2 | photo: fazword

Ternyata bener cukup jauh, kalo jalan kaki mungkin sekitar 10 menitan melewati deretan duty free shopnya KLIA 2. Terima kasih Pak Cik sudah mengantar kami, sangat membantu 🙏

Turun dari golf cart, kami turun satu lantai untuk menuju security check terakhir sebelum ke gate.

KLIA 2 Departure Gate P & Q | photo: fazword

Gate Q1 – Q21 KLIA 2 | photo: fazword

Antrian security checknya panjang, ditambah lagi pemeriksaan disini lebih ketat karena posisinya last check, jadi lebih lama. Bapak saya juga sempat ditahan diminta keluarin isi tasnya karena terdeteksi ada benda tajam, padahal itu cuma gantungan kunci oleh – oleh 🤣

Security Check Gate KLIA 2 | photo: fazword

Sambil menunggu Bapak saya yang masih diperiksa tasnya, saya cek FIDS status flight ke Lombok sudah Boarding, haha mepet banget.

FIDS Departure KLIA 2 | photo: fazword

Beres dari security check ini tinggal lurus saja ikuti lorong boarding sampai ketemu pintu 17.

to Gate Q17 KLIA 2 | photo: fazword

Saat kami sedang jalan ke gate 17 terdengar panggilan boarding AK306 ke Lombok, makin cepat dah tuh jalannya karena kami gak tau seberapa jauh gate 17 yang ternyata lumayan jauh juga. Sampe di gate 17 ternyata belum boarding, alhamdulillah, tapi tadi itu panggilan boarding apa 😞

Boarding gate didominasi oleh turis bule dan turis Malaysia yang akan ke Lombok, selain juga beberapa pax asli Lombok termasuk kami berlima. Senang banget rasanya ketemu sesama orang Lombok di luar negeri haha..

Boarding Gate Q17 KLIA 2 | photo: fazword

Ini dia pesawat kami sore itu sudah siap di gate, 9M-AGE Airbus A320 NEO.

AirAsia Airbus A320Neo 9M-AGE | photo: fazword

::Flight Details::

Flight Number: AXM/AK306

Origin: Kuala Lumpur International Airport (KUL/WMKK)

Destination: Lombok International Airport (LOP/WADL)

Fleet: Airbus A320-251N (NEO) 9M-AGE

Date: Sunday, 22 July 2018

Takeoff: 4.45 PM (Scheduled) – 5.03 PM (Actual)

Landing: 8.10 PM (Scheduled) – 8.02 PM(Actual)

Seat: 20 A B C D E

Crew: Captain Qiu Ji, FO Taufik, SFA Darlina

Cruising Alt.: FL370

Sekitar pukul 16.20 akhirnya boarding dimulai dari penumpang hot seat dan front row.

Boarding Flight AirAsia AK306 Kuala Lumpur to Lombok | photo: fazword

Tiba di seat kami row 20 A B C D dan E. Kali ini saya yang duduk di window A dulu, nanti setelah takeoff saya gantian pindah ke aisle C.

Proses boarding berlangsung cukup lama sambil pesawat mengisi bahan bakar. Penumpangnya kali ini penuh lagi, sama seperti flight kami ke Kuala Lumpur tiga hari sebelumnya. Pantas saja AirAsia sampai terbang 3x sehari Kuala Lumpur – Lombok pp.

View from seat 20A AirAsia Ak306 to Lombok | photo: fazword

Sambil menunggu boarding selesai, saya asik spotting di rumahnya AirAsia ini, red planes, red planes everywhere.

AirAsia’s Home at KLIA 2 | photo: fazword

Pukul 16.50 akhirnya pesawat kami pushback, slight delay tapi arrivalnya nanti lebih cepat dari jadwal.

Pushback leaving KLIA 2 | photo: fazword

Kemudian lanjut taxi ke active runway 33.

Taxi to Runway 33 KLIA 2 | photo: fazword

Pesawat kami sudah di runway 33, tepat pukul 17.03 akhirnya kami takeoff. Good bye Kuala Lumpur, until the next visit!

Lineup for Takeoff Runway 33 KLIA 2 | photo: fazword

Pemandangan yang khas kalo takeoff dari Kuala Lumpur adalah hamparan perkebunan sawit sejauh mata memandang.

Taking-off out of Kuala Lumpur | photo: fazword

Kemudian memasuki lautan Selat Melaka, dan seat belt sign switched off.

Saya gantian duduk ke aisle, kali ini tukeran dengan Bapak saya supaya bisa menikmati view sepanjang penerbangan. Ada view Malaka, Singapore, kepualauan Riau, laut Jawa dan gemerlap lampu di Surabaya dan Madura akan menemani kami sepanjang penerbangan ini.

Bapak was enjoying the view down there | photo: fazword

Cabin View from Aisle | photo: fazword

30 menit setelah takeoff, Flight Attendant mulai mendistribusikan inflight meals kepada penumpang yang sudah prebook, termasuk kami. Untuk flight pulang kali ini saya sudah prebook signature dishnya AirAsia, apalagi kalo bukan Nasi Lemak Pak Nasser.

Nasi Lemak Pak Nasser AirAsia | photo: fazword

Bagaimana rasanya? Seperti di flight sebelumnya yang saya prebook Nasi Briyani, rasa Nasi Lemak ini tidak kalah enak, atau bahkan enak sekali. Bapak, Ibu dan Adik saya semuanya suka. Inflight meals nya AirAsia memang gak pernah mengecewakan, menurut saya AirAsia adalah LCC yang paling niat dalam hal berjualan inflight meals, kualiti dan kuantitinya terjamin, good job AirAsia!

Kami sudah selesai makan, sekarang ngapain? flight ini ditempuh 2 jam 59 menit, harus ada yang dilakukan untuk menghilangkan penat dan kaku di badan. Seperti flight sebelumnya, saya sering mondar mandir kabin depan dan belakang dengan modus ke toilet dan nyapa FA nya hahaha… daripada kaki kaku dan cepat bosan, mending gitu kan, sama seperti beberapa om bule yang kaki panjangnya udah kaku duduk di kursi LCC, beberapa kali bolak balik depan belakang kayak lagi jalan – jalan di komplek aja 😆

Semakin terbang ke timur semakin gelap karena sudah masuk malam.

Inflight AirAsia AK306 to Lombok | photo: fazword

Sebelum gelap, FA nya membagikan kartu Custom Declaration untuk diisi pax. Waduh, saya gak bawa pulpen, bisa nih jadi alasan jalan ke depan pinjam pulpen FA nya 😀

Saya ke depan, pinjem pulpen mbaknya, balik ke seat bawa pulpen untuk dipake giliran ngisi kartu Custom.

Inflight AirAsia AK306 to Lombok |[photo: fazword

Sekitar pukul 19.30 kapten mengumumkan bahwa kita sedang terbang pada ketinggian 37 ribu kaki dan dalam beberapa menit lagi akan menurunkan ketinggian jelajah untuk persiapan mendarat di Lombok. Cabin crew please prepare for landing.

Cabin Crews were preparing the cabin for landing | photo: fazword

Sebelum kabin digelapkan dan final landing preparation, saya ke depan lagi balikin pulpen mbaknya, thank u. Beberapa menit kemudian lampu kabin digelapkan, lampu sabuk pengaman dinyalakan dan final preparation for landing.

Final Preparation for Landing AK306 to Lombok | photo: fazword

Tepat pukul 20.02 malam waktu Lombok flight AK306 landing di runway 13 LOP Airport dengan mulus. Selamat datang di Lombok!

AK306 Landing in Lombok | photo: fazword

Seperti kebiasaan saya kalo terbang, kali ini kami jadi penumpang yang turun terakhir lagi, lebih bebas jalan di kabin, bisa say thanks secara lebih personal ke crew nya dan tidak lupa bilang safe flight back to KL! Overall flight ini lancar, safe dan fun.

AirAsia AK306 Post Arrival at Lombok | photo: fazword

Kali ini untuk pertama kalinya kami tiba di Lombok via Kedatangan Internasional, wah hehehe

Kedatangan Internasional Bandara Internasional Lombok | photo: fazword

Saat akan turun ke imigrasi saya lihat penumpang AirAsia AK307 ke Kuala Lumpur sudah bersiap boarding ke pesawat yang kami tumpangi tadi. Rame lagi, AirAsia menang banyak di rute Lombok.

AirAsia AK307 Lombok – Kuala Lumpur Boarding | photo: fazword

Saat tiba di Imigrasi, antriannya sudah panjang. Nah, ini salah satu kerugian kalo turun pesawat terakhir hahaha… ada ruginya juga ternyata.

Imigras Bandara Internasional Lombok | photo: fazword

Imigrasi Bandara Internasional Lombok | photo: fazword

Walaupun ada total 3 meja imigrasi yang dibuka, kami baru lewat dari sini setelah mengantri sekitar 30 menit. Kami langsung keluar ke arrival, di jalan ketemu property penyambutan Korean Air di Lombok beberapa bulan lalu.

Korean Air Lombok | photo: fazword

Dan tiba di arrival hall.

Arrival Hall Bandara Internasional Lombok | photo: fazword

Saya dan Bapak langsung ke parkiran inap untuk ambil mobil, sedangkan adik dan Ibu saya nunggu di arrival ini.

Lumayan juga mobil ditinggalin sendiri tiga malam di bandara, tapi parkir inap bandara Lombok aman kok.

Parkir Inap Mobil Bandara Lombok | photo: fazword

Mobil siap, lanjut jemput adik dan Ibu kemudian keluar bandara. Total tarif parkir inap mobil tiga malam jadi Rp 105 ribu sesuai perhitungan tarif 35 ribu per hari.

Sekitar 20 menit kemudian kami tiba di rumah, alhamdulillah selesai juga akhirnya Kuala Lumpur Family trip kami. Tiga hari dua malam yang asik, jalan – jalan bareng dan bagi saya kepuasan tersendiri bisa ajak orang tua dan adik jalan – jalan ke luar negeri. Alhamdulillah segala puji syukur hanya untuk Allah.

Yang mau baca-baca trip lengkap Kuala Lumpur Family Trip 3D2N kami, bisa dibaca disini:

Terima kasih sudah mengikuti trip kami ke Kuala Lumpur.