Trip ke Gili Nanggu, Lombok Barat

Trip ke Gili Nanggu | Photo: fazword

Gili Nanggu di Sekotong ini berhasil menjelma menjadi salah satu “a must visit” baru di Lombok, setidaknya bisa dilihat dari jumlah postingan dengan hashtag #gilinanggu di Instagram yang sudah mencapai ribuan posts. Nah, dari instagram ini pula saya tau keberadaan Gili Nanggu yang bikin saya mupeng terus setiap browse hashtagnya, maklum lagi merantau di luar daerah, cuma bisa mupeng aja.😦

Libur lebaran tahun 2015 ini akhirnya saya jadi juga ke Gili Nanggu. Kebetulan teman-teman SMA ngajakin ngetrip dan pilihannya ke Gili Nanggu.

Kamis 23 Juli 2015, ber 10 orang kami ngetrip Gili Nanggu pake motor. Dari Praya kami langsung gas ke Sekotong. Gili Nanggu terletak di Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk kesana kita perlu nyebrang dengan boat, penyebrangan resmi ke Gili Nanggu ada di Pelabuhan Tawun, Sekotong. Lama perjalanan dari Praya – Pelabuhan Tawun +- 1,5 jam, dengan rute: Praya – Gerung – Lembar – Sekotong – Pelabuhan Tawun. Patokan jalannya adalah pasar Sekotong, di bundaran di bawah ini kita datang dari arah Lembar ambil ke kanan

Bundaran Pasar Sekotong | photo: fazword

O ya, kami berhenti dulu di pasar Sekotong untuk beli bekal. Kalo ke Gili Nanggu wajib bawa bekal sendiri, tidak ada yang jualan di Gili Nanggu, jangan sampe kelaparan ya😀. Dari sini sudah dekat, sekitar 4-5 kilometer lagi melewati jalan raya Sekotong – Bangko Bangko yang mulus dan fotogenik. Di satu titik, kita dapat melihat aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Lembar, dan waktu itu sedang ada kapal pesiar Dawn Princess Cruise yang merapat di Lombok

Cruise / Kapal Pesiar di Pelabuhan Lembar | photo: fazword

Ada lagi spot yang bagus, waktu itu banyak sih yang mampir di situ buat foto foto aja, termasuk kami😀

Tikungan Potogenik dalam Perjalanan ke Pelabuhan Tawun | photo: fazword

Tikungan Fotogenik dalam Perjalanan ke Pelabuhan Tawun | photo: fazword

Numpang narsis dikit, lihat belakangnya aja ya ada kapal pesiar😛

Narsis dalam Perjalanan ke Pelabuhan Tawun | photo: fazword

Narsis | photo: fazword

Ayo sudah sudah, jangan kelamaan di sini, mending lama – lama di Gili Nanggu. Lanjut perjalanan, menjelang 1-2km sebelum Pelabuhan Tawun sudah ada beberapa warga yang menawarkan penyebrangan dan sewa kapal ke sana, biasanya menawarkan di pinggir jalan ke wisatawan yang lewat. Tapi, saya dan teman-teman lebih memilih untuk ke Pelabuhan, pake jasa yang resmi saja. Akhirnya kami tiba di Pelabuhan Tawun. Pelabuhan Tawun ini memiliki satu dermaga dan gedung pelabuhan yang dilengkapi toilet, kamar ganti dan area parkir kendaraan yang luas.

Pelabuhan Tawun Sekotong | photo: fazword

Untuk menyebrang ke Gili Nanggu, kita harus memesan tiket di gedung Pelabuhan. Di sini sistemnya pesan ke petugas pelabuhan, kemudian kita akan berangkat dengan kapal warga. Sistem penggunaan kapal ke Gili Nanggu adalah charter seharian. Tarif kapal ke Gili Nanggu waktu itu kami ber 10 orang patungan masing – masing 35rb, artinya tarif ke Gili Nanggu sekitar 350rb rupiah. Mungkin tarif tersebut juga menyesuaikan dengan jumlah penumpang, mungkin semakin banyak kita semakin mahal tarifnya. Kalo saya tidak salah, sebelumnya dapat info tarif penyebrangan ke Gili Nanggu 250rb rupiah dengan maksimal 6 orang. Kapal akan kita charter seharian, kita akan ditunggu di Gili Nanggu sampai sore pulang.

Contact Person Pelabuhan Tawun Sekotong | photo: fazword

Oh ya, tarif kapal Gili Nanggu tadi tidak termasuk alat snorkeling, untuk alat snorkeling dapat disewa di sekitar pelabuhan banyak yang menyewakan alat. Tarifnya sehari kalo tidak salah waktu itu saya sewa 50rb rupiah untuk life vest dan masker nafas, tarif ini masih bisa dinego. Di sekitar Pelabuhan Tawun juga terdapat beberapa kios untuk persiapan bekal ke Gili Nanggu, kalo tidak salah juga sudah ada penginapan seperti homestay gitu.

Oke, kapal sudah siap, semua barang sudah siap, yuk mari kita nyebrang ke Gili Nanggu, sudah gak sabaran pengen liat yang bikin mupeng di ig😛

Naik Kapal ke Gili Nanggu | photo: fazword

Durasi penyebrangan ke Gili Nanggu sekitar 30 menit saja, karena dari Pelabuhan Tawun tadi Gili Nanggu juga sudah kelihatan bersama dengan Gili Tangkong dan Gili Sudak di sampingnya.

Gili Nanggu Insight | photo: fazword

Gili Nanggu dan Gili Tangkong Insight | photo: fazword

trip-gili-nanggu-lombok-faztravelog7

Trio Gili Nanggu Gili Tangkong dan Gili Sudak | photo: fazword

Selama perjalanan ditemani lalu lalang kapal wisatawan yang waktu itu lagi rame libur lebaran.

Kapal ke Gili Nanggu | photo: fazword

Saya sempat ngobrol dengan co-captain cilik kapal kami yang menemani bapaknya sebagai captain. Katanya dulu Gili Nanggu ini sepi, tapi sekarang jadi rame, mereka sangat senang dan berterima kasih dengan adanya Gili Nanggu dan sekitarnya, masyarakat bisa dapat penghasilan tambahan.

My Boat Co-Captain | photo: fazword

Semangat ya dik! Semoga nanti kita bisa bersama – sama maju dengan pariwisata Lombok.

Apalah namanya ngetrip rame – rame kalo gak groufie di kapal😀

Bersama Genk di Boat menuju Gili Nanggu | photo: fazword

Kita sudah tiba di Gili Nanggu, dan apa yang menyambut kami? Yes, crystal clear water yang bikin mupeng itu

Crystal Clear Water at Gili Nanggu | photo: fazword

Rasanya pengen langsung nyebur😀

Turun dari kapal, kita langsung bersiap untuk explore Gili Nanggu. Ada banyak aktifitas yang dapat dilakukan di Gili Nanggu termasuk snorkeling, sun bathing, jalan jalan keliling pulau, atau sekedar foto – foto. Pilih sendiri😀
Fasilitas – fasilitas yang ada di Gili Nanggu antara lain toilet, kamar ganti, berugak untuk santai santai, dan penginapan. Waktu itu ada satu cottage saja yang saya lihat di sini:

Cottage at Gili Nanggu | photo: fazword

Tentu saja yang saya lakukan adalah snorkeling, sudah siap dengan perlengkapan, mari kita nyebur…

Snorkeling @ Gili Nanggu | photo: fazword

Adik – adik ini sangat menikmati liburannya di Gili Nanggu

Kids Friendly Gili Nanggu | photo: fazword

Waktu itu di Gili Nanggu sedang ramai dengan wisawatan yang datang sekeluarga, baik dari Lombok maupun luar Lombok.

Family Leisure Gili Nanggu | photo: fazword

Gili Nanggu benar – benar asik, dengan pasir putih lembut, ombak yang tenang dan pemandangan underwater nya yang cihuy kece pisan… Full seharian kami habiskan untuk snorkeling dan jalan jalan di pulau mini ini.

Semakin sore semakin rame, tapi tetap asik.

Snorkeling @ Gili Nanggu | photo: fazword

Setelah puas, kulit udah lengket dan agak gosong, akhirnya sekitar jam 4 kami pulang. Nyebrang lagi dengan kapal yang menunggu kami kembali ke Pelabuhan Tawun. Dari Pelabuhan Tawun perjalanan darat masih kami lanjutkan dengan motor, kembali ke Praya dengan rute sebaliknya dari saat kami datang tadi Sekotong – Lembar – Gerung – Praya.

Malam sampai rumah, dan yess… saatnya seleksi foto untuk blog dan bikin orang mupeng di Instagram😛

Gili Nanggu adalah salah satu tempat baru yang saya kunjungi di tahun 2015 selain Pulau Tidung dan TWA Gunung Tunak . Tripnya baca sini ya .. Curi Curi Cuti Libur ke Pulau Tidung dan Jalan Jalan ke TWA Gunung Tunak.

Mengutip quote dari Dalai Lama “Once a year go someplace you’ve never been before”.

Untuk galeri foto ke Gili Nanggu dapat dilihat di: Galeri Foto Trip Gili Nanggu

Terima kasih

ttd

2 thoughts on “Trip ke Gili Nanggu, Lombok Barat

1. edun lur,

alus euy..

semoga bisa deh ke gili nanggu..

ke bali gak pengen, udah mainstream,,,hahahaha

pertamanya sih cuman baca review naek pesawat, tapi kok ada post baru soal lombok, jadi makin ngiler..masih ada flight murah gak ya ke lombok dari CGK or HLP kitu..

huhuhu

• hatur nuhun kang…
      hayu atuh liburan ka Lombok hehehe

rajin rajin cek promo aja kang hehe, dari HLP ada Batik aja sekarang ke Lombok, kalo CGK ada Batik Garuda dan Lion