Bandung One Day Trip: Pulang Ke Kotamu

Maung Bandung & Menara Masjid Alun Alun | photo: fazword

Bandung One Day Trip | photo: fazword

Hampir 8 bulan saya tidak ke Bandung, terakhir bulan November tahun 2014 dan tidak pernah ke Bandung lagi, sampai akhirnya bulan Juni 2015 ini datang juga kesempatan untuk ke Bandung lagi, pulang ke kotamu.

Seperti biasa setiap bulan Ramadhan selalu banyak yang ngajakin buka bersama, nah kali ini salah satunya diajak teman-teman kuliah untuk bukber tanggal 27 Juni di Bandung, yuk lah cuss sekalian reuni untuk pertama kalinya setelah tahun kelulusan.

Acara bukber kan biasanya mulai sore menjelang waktu berbuka, jadi bisa nih dari pagi sampe sorenya explore Bandung dulu. Saya mulai menyusun itinerary untuk Bandung One Day Trip, dan akhirnya fix mau explore venue -venue yang sudah dipercantik dan berubah total sejak saya meninggalkan Bandung, dengan tujuan akan ke Braga, Cikapundung River Spot, Jalan Asia Afrika, Gedung Merdeka dan Alun-Alun Bandung. Semua venue tadi sudah berubah total sejak saya meninggalkan Bandung 8 bulan lalu. Hatur Nuhun Wargi Bandung Sadayana!🙂

the trip >>

Sabtu, 27 Juni pagi saya sudah di pool XTrans Karawaci, saya ambil keberangkatan jam 6 pagi dengan estimasi tiba di Bandung sekitar jam 9.30.

Xtrans Karawaci - Bandung | Photo: fazword

Xtrans Karawaci – Bandung | Photo: fazword

Fast forward, benar sekitar jam 9.30 saya sudah sampai di Bale XTrans di Cihampelas. Kepagian nih😀

Sebelum mulai Bandung One Day Tripnya, saya maen dulu ke Gramedia Merdeka, tempat nongkrong favorit pas kuliah dulu hehe… Waktu itu lagi ada bazar buku akhir bulan, ini nih kenapa dulu saya demen ke Gramed karena sering ada bazar buku akhir bulan, pas kantong mahasiswa lagi di ujung tanduk haha😀 . Selesai dari Gramed, mampir sebentar ke Bandung Electronic Center (BEC) yang sudah diperluas gedungnya sambil nyari musholla untuk sholat Dzuhur. Ibadah selesai, mari mulai One Day Trip nya, eh jadinya half day ya😀

Braga | photo: fazword

Braga | photo: fazword

Destinasi pertama adalah Jalan Braga. Jalan Braga ini dipercantik menjelang Konferensi Asia Afrika 2015, banyak dipermak dan jadi lebih rapi. Sekarang ada tulisan B R A G A di perempatannya yang fotogenik banget.

B R A G A | photo: fazword

B R A G A | photo: fazword

Itu ada pasangan lagi asik foto foto, dah aku mah apa atuh ini ngetripnya solo aja😦

Selain si B R A G A nya, di kawasan Braga juga ada bangku bangku di atas trotoar jalan untuk duduk duduk santai bareng teman atau si dia. Sama seperti kawasan Asia Afrika dan Alun Alun Bandung.

Duduk santai di Braga | photo: fazword

Duduk santai di Braga | photo: fazword

Setelah puas di Braga, saya lanjut lagi ke venue selanjutnya. Kalo yang ini baru nih, hasil revitalisasi kawasan pinggir kali Cikapundung. Yak, selanjutnya saya ke Cikapundung Riverspot. Dari Braga cukup jalan kaki saja ke arah Gedung Merdeka, nanti langsung ketemu Cikapundung Riverspot.

Cikapundung Riverspot | photo: fazword

Cikapundung Riverspot | photo: fazword

Kawasannya asik juga untuk duduk santai karena ada bangku bangku taman, dan kawasan riverspot nya yang teduh.

Waktu itu siang siang lagi banyak yang neduh di sini, maklum lagi puasa, ikutan ngadem dulu lah😀

Cikapundung Riverspot | photo: fazword

Cikapundung Riverspot | photo: fazword

Puas ngadem di sini, saya lanjutkan tripnya, mau ngejar waktu Ashar dan jam ngabuburit di Alun Alun. Selanjutnya dekat aja, saya ke Gedung Merdeka dan nongkrong pinggir jalan Asia Afrika.

Gedung Merdeka Bandung | photo: fazword

Gedung Merdeka Bandung | photo: fazword

Di samping dan depan Gedung Merdeka banyak bangku dijejerkan untuk duduk nyante, tempatnya fotogenik, gak heran banyak yang bawa kamera dan tongsis. Waktu itu juga pernak pernik Konferensi Asia Afrika 2015 masih banyak menghiasi Jalan Asia Afrika seperti patung para tokoh dunia Asia Afrika yang laris manis diajak selfie orang-orang yang lagi wisata.

Gedung Merdeka Bandung | photo: fazword

Gedung Merdeka Bandung | photo: fazword

Gedung Merdeka Bandung | photo: fazword

Gedung Merdeka Bandung | photo: fazword

Hal – hal kayak gini yang bikin selalu kangen ingin pulang ke Bandung🙂

Maung Bandung | photo: fazword

Maung Bandung | photo: fazword

Bandung | photo: fazword

Bandung | photo: fazword

Selain bangunan – bangunan bersejarah, sekarang di sepanjang Jalan Asia Afrika juga berjejer bangku bangku dan bunga – bunga. Jadi asik sendiri nongkrong pinggir jalan, dimana lagi coba nongkrong pinggir jalan bisa senyaman ini.

Nongkrong Asik Jalan Asia Afrika | photo: fazword

Nongkrong Asik Jalan Asia Afrika | photo: fazword

Ikutan nongkrong juga ah…

Nongkrong Asik Jalan Asia Afrika | photo: fazword

Nongkrong Asik Jalan Asia Afrika | photo: fazword

Hari itu hari Sabtu, jadi cukup ramai orang yang lalu lalang depan trotoar ditambah kendaraan yang cukup ramai memadati Jalan Asia Afrika. Tapi asiknya nongkrong tetap gak keganggu. Yang bawa kamera tetap asik hunting foto, banyak yang bagus dijadiin objek jepretan kamera.

Maung Bandung & Menara Masjid Alun Alun | photo: fazword

Maung Bandung & Menara Masjid Alun Alun | photo: fazword

Satu destinasi lagi untuk melengkapi Bandung One Day Trip ini, saya lanjutkan ke Masjid Alun Alun. Ke sini menjadi kewajiban bagi saya setelah banyak banget liat foto – foto Alun Alun ini viral di instagram, asli bikin mupeng pas liat halamannya disulap jadi arena bermain warga yang rapi. Saya masih ingat dulu waktu pertama kali ke Alun Alun ini tahun 2011, tidak ada kesan bahwa ini Alun Alun, atau masjid. Halaman dan sekitarnya kotor dan tidak rapih, semrawut kaki lima, pengemis dan anjal, tapi sekarang… WOW luar biasa perubahannya setelah direvitalisasi.

Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Sore itu Alun Alun dipenuhi warga yang berkumpul bersama keluarganya dan remaja-remaja yang sedang asik main bareng teman – temannya, sambil ngabuburit kali ya, rame banget, kayaknya saya gak bisa ke halaman nya yang sudah kayak karpet itu😀 , akhirnya saya ganti target yaitu naik ke puncak menaranya. Kita liat halamannya yang alus pisan itu dari puncak menara, yuk..

Menara Alun Alun Bandung | photo: fazword

Menara Alun Alun Bandung | photo: fazword

Kedua menara masjid alun alun bandung ini terbuka untuk umum sebagai tujuan wisata. Kalo saya tidak salah ingat, waktu itu dikasih tau menara ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, kecuali jam sholat tutup. Untuk dapat sampai ke puncak, kita harus beli tiket dulu yang ada di dekat lift menara. Tiket/Infaq masuk menara masjid alun alun Bandung harganya Rp 4000.

Tiket Masuk Menara Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Tiket Masuk Menara Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Tiket sudah dapat, yuk ah naik biar segera lihat. Kita harus naik sampai 18 lantai sesuai yang ada di liftnya.

Sampai di puncak, WOW! View Bandung 360°. Dan, inilah dia landmark kota Bandung yang bikin saya mupeng terus

Alun Alun Bandung | photo: fazword

Alun Alun Bandung | photo: fazword

Alus pisan euy pemandanganna.. Bandung Juara lah!

Bandung One Day Trip | Photo: fazword

Bandung One Day Trip | Photo: fazword

Tower sebelahnya dan enjoy the view…

Menara Alun Alun Bandung | photo: fazword

Menara Alun Alun Bandung | photo: fazword

Kubah Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Kubah Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Kubah Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Kubah Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Pas waktu sholat ashar tiba, saya akhirnya turun. Puas sudah! Lain kali datang lagi.

Setelah sholat Ashar, saya duduk – duduk sebentar di masjid sambil istirahat. Lumayan lelah juga ngetrip walaupun sebenarnya semua tempat yang saya kunjungi tadi berdekatan, semuanya saya datangi dengan jalan kaki. Menjelang jam 5 sore, akhirnya saya cau karena sudah dikontak sama teman – teman untuk kumpul bukber… bye Alun Alun Bandung.

Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Masjid Alun Alun Bandung | photo: fazword

Selesai sampai di sini Bandung One Day Trip. Selanjutnya adalah acara bukber yang kali ini kita pilih lokasinya di Paskal Food Market, pertama kalinya saya ke sini padahal dulu tiga tahun tinggal di Bandung😀

Review saya, Bandung benar-benar berubah menjadi lebih baik. Hanya dalam waktu 8 bulan saya meninggalkan Bandung, saya kembali dan melihat Bandung yang baru. Mari jaga fasilitas – fasilitas yang mempercantik kota ini, jangan disalahgunakan, patuhi aturan, buang sampah pada tempatnya karena cantiknya Bandung adalah cantiknya kita sebagai warga yang tinggal di dalamnya. Hatur nuhun wargi Bandung sadayana, saya pasti akan tetap pulang ke Bandung, kota yang saya sebut sebagai rumah kedua setelah Lombok. Bandung Juara!

“Bumi Pasundan Lahir Ketika Tuhan Sedang Tersenyum” – M.A.W. Brouwer

 

ttd

 

Leave a Reply

