Jalan Jalan ke TWA Gunung Tunak Lombok

faztravelog-twa-gunung-tunak-lombok5

TWA Gunung Tunak | fazword

 

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, destinasi yang satu ini baru ngehits tahun lalu. saya yang lagi merantau jauh dari Lombok cuma bisa lihat di Instagram sambil mupeng (kasian banget yak😦 ). Nah, kebetulan tanggal 1 Mei 2015 (hari Jumat) adalah tanggal merah, disambung dengan hari Sabtu dan Minggu yang libur reguler. Lumayan long weekend, akhirnya saya putuskan untuk pulang ke Lombok. Saya tanya adik di rumah mau ajak saya liburan kemana, pada kompak bilang ke TWA Gunung Tunak. Yes, deal karena mupeng ini harus segera diobati😀

Trip ke TWA Gunung Tunak ini saya lakukan pada hari Minggu, 3 Mei 2015. Berdasarkan informasi dari adik saya dan beberapa teman, lokasi TWA Gunung Tunak adalah di Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk menuju ke TWA Gunung Tunak, kita harus menuju ke arah Kuta, Lombok terlebih dahulu. Pagi – pagi saya berangkat dengan partner setia motor saya, berangkat dari rumah melalui jalan by pass Bandara Internasional Lombok ke arah Kuta. Tiba di Kuta, patokannya adalah bundaran intersection ini:

Kuta Lombok Intersection | fazword

Kuta Lombok Intersection | fazword

Dari sini, kita belok kiri kemudian lurus saja sampai +- 10 km sampai ketemu jalan masuk ke TWA Gunung Tunak ini di sebelah kanan jalan:

Jalan Masuk TWA Gunung Tunak | fazword

Jalan Masuk TWA Gunung Tunak | fazword

Jalan masuknya yang itu tuh masuk ke kanan. Ikuti jalan ini lurus +- 3km sampai jalannya habis di Pantai Tunak. Dari pantai ini, belok kiri ikuti jalan tanah pinggir pantai, nah di sinilah perjalanan penuh adventure dimulai. Karena untuk mencapai TWA Gunung Tunak nya sendiri, kita harus memasuki jalan dalam hutan Gunung Tunak. Jalannya penuh tantangan tapi masih tergolong bagus karena motor matic saya dan beberapa pengunjung lainnya, juga beberapa mobil keluarga bisa masuk😀 . Buat yang gak bisa, nanti minta tolong temannya yang bisa ya, atau minta saya temenin kalo saya lagi di Lombok😛 .

Oke, setelah jalan pinggir pantai +- 500m, tantangan pertama kita adalah harus naik tanjakan yang satu ini untuk mencapai gerbang utama TWA Gunung Tunak. Ini dia tanjakannya:

Jalan TWA Gunung Tunak | fazword

Jalan TWA Gunung Tunak | fazword

Setelah tanjakan tadi, kita tiba di Gerbang Utama TWA Gunung Tunak. Di sini kita diminta bayar retribusi wisata.

Gerbang Utama TWA Gunung Tunak | fazword

Gerbang Utama TWA Gunung Tunak | fazword

Setelah bayar retribusi, lanjut masuk jalan dalam hutannya. Jalanannya beraspal tapi kondisinya sudah lebur bercampur dengan tanah, tapi tidak becek walaupun hujan. O ya, untuk keamanan jalan dalam hutan ini, waktu itu saya lihat ada patroli polisi hutan, sepertinya rutin, top kan!😉 . Jalan dalam hutan ini panjangnya sekitar 6km. Jadi, cukup menantang tapi bikin fresh karena udara segar dalam hutan.

Jalan Dalam TWA Gunung Tunak | fazword

Jalan Dalam TWA Gunung Tunak | fazword

Setelah melewati jalan ini, akhirnyaa….. tibalah kita di lokasi utama TWA Gunung Tunak yang ngehits itu. Yang pertama menyambut adalah pantainya yang luas ini.

Pantai TWA Gunung Tunak | fazword

Pantai TWA Gunung Tunak | fazword

Tapi, kali ini tujuan saya bukan pantai, tujuan saya adalah bukitnya yang fotogenik itu. Bukitnya dengan view laut lepas, batu karangnya yang menonjol keluar dari air laut, mercusuarnya yang bisa dinaiki untuk selfie, dan breathtaking view bukitnya yang bikin mupeng terus setiap kali saya lihat di instagram. Yuk naik ke bukitnya di sana.

Setelah naik ke atas bukitnya, viewnya luar biasaaa….. akhirnya mupeng ini terobati😛 . Enjoy the view!…😉

TWA Gunung Tunak | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

Ada yang lagi nyantai di halaman rumah nih😛

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

Tadi itu adalah sisi yang menghadap pantai, untuk melihat sisi yang menghadap laut lepas dan ke mercusuarnya, kita harus naik lagi melalui jalan-jalan kecil di antara semak ini.

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

Setelah naik sekitar 100 meter, di sinilah breathtaking view itu. Top! Perjuangan di perjalanan tadi terbayar lunas dengan view yang luar biasa ini. Please enjoy!🙂

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

Di ujung sana ada mercusuar yang beberapa orang naiki untuk melihat lebih tinggi, tapi sangat tidak direkomendasikan jika tidak memiliki alat pengaman dan angin sedang kencang. Ingat, puncak hanya bonus🙂

Waktu itu, saya gak lama di sini karena hari itu ada “pertandingan abad ini” tinju dunia antara Pacquiao dengan Mayweather yang gak boleh saya lewatkan😛 . Akhirnya, sekitar jam 10 pagi saya cabut dari sini dan pulang ke rumah. Sudah puas foto-foto, mupeng terobati, modal bikin orang mupeng di instagram juga sudah dapat😛 , lengkap sudah!😀 .

Sebelum pulang, maafkan satu yang numpang nampang ini, mana tahan gak selfie di sini😛

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

TWA Gunung Tunak Lombok | fazword

Untuk jalur pulang, sama dengan jalur kedatangan tadi. Buat yang mau lanjut jalan-jalan sehari di Lombok, dari TWA Gunung Tunak ini dekat dengan kawasan Kuta, Tanjung Ann, Mawun, dan Selong Belanak. Boleh dicoba tripnya seperti yang pernah saya coba di Lombok One Day Trip.

Untuk koleksi foto lainnya dari TWA Gunung Tunak, bisa dilihat di Galeri Foto: TWA Gunung Tunak.

Enjoy dan Explore Lombok!

 

Terima kasih

ttd

6 thoughts on “Jalan Jalan ke TWA Gunung Tunak Lombok

    • Halo
      Mobil bisa masuk langsung sampai pantai Tunaknya kok, di pinggir bukit tunaknya ada parkiran.
      Waktu saya kesitu banyak yang bawa mobil masuk langsung

  1. Kemaren lebaran 2016 ke lombok. Padahal nginep di kuta dan terkesan banget sama bukit maresse , tanjung aan , pantai batu payung dan pantai kuta nya yg berpasir segede gede merica. Ada juga yg sehalus terigu. Pantainya bersiiih banget. Sampe aku bw pulang tuh pasir mericanya. Gak ada yg ngasih tau tuh ada yg kyk gini. Sayang banget. Dari pantai kuta ini mah deket…memang sih akan ke lombok lagi krn lombok tuh cantiknya kebangetan. Pengen ke gunung tunak!!! Keren!!!

Leave a Reply

