Merpati Nusantara MZ6604 Denpasar – Lombok: Ayo Naik Merpati!

Merpati Nusantara Airlines | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Airlines | Doc: Fazword

Melanjutkan perjalanan pulang pulau saya libur semester ini, ada sebuah keinginan yang ingin sekali saya laksanakan dari dulu, yaitu naik Merpati. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini bisa nyobain Merpati sekaligus saya mendedikasikannya untuk membantu Merpati Nusantara yang sedang “kurang sehat” keadaannya. Saya juga mengajak teman-teman semua membantu keuangan Merpati dengan naik Merpati, si Jembatan Udara Nusantara yang sedang dirundung ketidakpastian nasib. Ayo naik Merpati!

Back to the Trip >>

Penerbangan dengan Merpati ini adalah lanjutan dari penerbangan saya di leg sebelumnya Jakarta ke Denpasar dengan AirAsia QZ7510 (trip reportnya dapat di baca di sini). Leg kedua ini adalah untuk rute Denpasar – Lombok yang sudah saya konfirmasi diterbangi dengan Merpati Nusantara. Ini adalah pengalaman pertama saya naik Merpati Nusantara dan tentu saja saya berharap akan menjadi pengalaman manis yang tidak terlupakan, atau paling tidak bikin saya ketagihan naik Merpati lagi😀 .

Flight Details:

Flight Number: MZ6604

Origin: Denpasar, Ngurah Rai International Airport (DPS/WADD)

Destination: Lombok International Airport (LOP/WADL)

Fleet: Xian AVIC Modern Ark 60 (MA60)

Date: Thursday, 9 January 2014

Takeoff: 1.30 PM (Scheduled) – 1.40 PM (Actual)

Landing: 2.15 PM (Scheduled) – 2.25 PM(Actual)

Seat: 9B (then moved to 12A)

Penerbangan MZ6604 yang dijadwalkan berangkat jam 1.30 siang mengharuskan saya sudah check-in paling tidak jam 12.45 siang, tapi karena setelah tiba dari penerbangan sebelumnya saya ke kota Denpasar untuk cari makan aja😛 , maka akhirnya saya telat check-in. Saya masih ingat waktu itu jam saya sudah menunjukkan pukul 13.06 WITA saat saya mulai ngantri di check-in desk Merpati. Tapi, alhamdulillah check-in saya masih diterima meskipun mbak-mbaknya sempat nanya saya kok telat.. (maaf mbak hehe…)

Counter Check in Merpati Denpasar | Doc: Fazword

Counter Check in Merpati Denpasar | Doc: Fazword

Dari tempat check-in, saya buru-buru ke gate 16 tempat MZ6604 akan boarding. Tiba di sana saya tanya staff Merpati mengenai status penerbangan saya dan alhamdulillah belum boarding.

Sekitar pukul 13.20 akhirnya ada panggilan boarding Merpati MZ6604 bersamaan dengan Sky Aviation yang ke NTT. Boarding menggunakan bus karena pesawat kami parkir di remote ujung timur apron Ngurah Rai Airport. Di bis saya ambil kursi paling depan biar bisa mutuin pesawat, tapi eh ternyata banyak yang fail😦 .

Garuda Indonesia Airbus A330-200 PK-GPK | Doc: Fazword

Garuda Indonesia Airbus A330-200 PK-GPK | Doc: Fazword

Garuda Indonesia A330-200 PK-GPS' nose  | Doc: Fazword

Garuda Indonesia A330-200 PK-GPS’ nose | Doc: Fazword

Terus pak terus ke remote parking, kemudian nampak jejeran penghuni remote. Ada A320 PK-RMVnya Tigerair Mandala, Fokker 50nya Transnusa dan dua MA60 milik Merpati Nusantara yang salah satunya akan jadi tunggangan saya siang itu😉 .

Tigerair Mandala Airbus A320 PK-RMV | Doc: Fazword

Tigerair Mandala Airbus A320 PK-RMV | Doc: Fazword

Transnusa Fokker 50 PK-TNA, Merpati Nusantara MA60 PK-MZI & PK-MZE | Doc: Fazword

Transnusa Fokker 50 PK-TNA, Merpati Nusantara MA60 PK-MZI & PK-MZE | Doc: Fazword

Yang manakah tunggangan saya? Ternyata bus kami berbelok tepat di parkiran PK-MZI. Hello MZI! My first ever Merpati ride😉 .

Merpati Nusantara MA60 PK-MZI | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 PK-MZI | Doc: Fazword

Tadi sewaktu di bis saya dengar percakapan mbak-mbak ground crew Merpati katanya penumpang MZ6604 kali ini hanya 25 orang, dan ketika naik ke pesawat saya liat kebanyakan bule😀 . Hello pals! Let’s have a nice flight!. Dan seperti biasa saya akan menjadi orang terakhir yang naik pesawat (Kali ini jangan ditimpuk ya😛 ). Karena naik terakhir, ada beberapa yang bisa dijepret (kecuali jepret diri sendiri gak bisa gara-gara solo traveling😦 ).

Hello Mike Zulu India!  | Doc: Fazword

Hello Mike Zulu India! | Doc: Fazword

The Propeler | Doc: Fazword

The Propeler | Doc: Fazword

PK-MZI Merpati Nusantara | Doc: Fazword

PK-MZI Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Transnusa Fokker 50 PK-TNA | Doc: Fazword

Transnusa Fokker 50 PK-TNA | Doc: Fazword

Boarding Merpati Nusantara MZ6604 to Lombok | Doc: Fazword

Boarding Merpati Nusantara MZ6604 to Lombok | Doc: Fazword

Oke, seluruh penumpang sudah naik kecuali saya (tunggu dulu, jangan ditimpuk hahaha😛 ) , kini giliran saya. Disambut dengan ramah oleh mbak FA dan ground crew yang tadi di bis bersama saya. Dan welcome onboard Merpati Nusantara MA60 Aircraft!. Interiornya lumayan juga, om dan tante bule di depan saya ini masih bisa berdiri tegak saat boarding. Overhead bin-nya juga cukup luas. Tjakep!😉

Interior Cabin MA60 Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Cabin Interior MA60 Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Cabin Interior MA60 Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Cabin Interior MA60 Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Seat saya di boarding pass tertera 9B, tapi karena saya tau bahwa penerbangan kali ini tidak penuh, maka saya berniat pindah seat, nyari window seat😀 . Saya bisik-bisik ke mbak ground crew nya tanya seat 13A kosong atau tidak, katanya kosong tapi kalo saya mau pindah harus izin ke FA. Baiklah, thank you😉 . Setelah semua penumpang duduk, saya dekati salah satu FA dan… “Mbak, seat 13A kosong ya. Saya pindah ke sana ya saya sebenarnya di 9B“….”Oke mas, tapi di 12A aja yah“… “Baik mbak, terima kasih😉 “. Yes, akhirnya di window seat lagi😛 . Ternyata nanti selama penerbangan dua mbak FA yang di penerbangan kami duduk di seat 13. Jadi bisa denger deh gosip ala FA😀 (asal jangan gosipin saya aja yah :hammer ). Duduk manis di 12A😉 .

Beberapa saat kemudian, pesawat door closed, pushback dan peragaan safety oleh FA. Runway aktif masih runway 27, jadi taxinya dekat.

MZ6604 Continue Taxi to Runway 27 | Doc: Fazword

Merpati 6604 Continue Taxi to Runway 27 | Doc: Fazword

Merpati 6604 Cleared for Takeoff Runway 27 | Doc: Fazword

Merpati 6604 Cleared for Takeoff Runway 27 | Doc: Fazword

Hanya butuh setengah runway Ngurah Rai untuk MA60 mulai ‘meninggalkan bumi’… dan yaa.. let’s climb high to the sky!

Merpati Nusantara Takeoff Ngurah Rai Airport | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Takeoff Ngurah Rai Airport | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Takeoff Ngurah Rai Airport | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Takeoff Ngurah Rai Airport | Doc: Fazword

Selanjutnya pesawat kami membuat left turn untuk kemudian mengarah ke timur ke Lombok.

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

During Climbing to Cruising Altitude | Doc: Fazword

And Finally We're over the Clouds. Let's Cruis the Sky | Doc: Fazword

And Finally We’re over the Clouds. Let’s Cruis the Sky | Doc: Fazword

Tampak jalan tol atas laut Bali Mandara.

Bali Mandara Toll Road from the Sky | Doc: Fazword

Bali Mandara Tollroad from the Sky | Doc: Fazword

Pesawat akhirnya cruising untuk kurang lebih 30 menit ke depan. Now, what to do? Mari coba lihat kabin MA60 Merpati Nusantara ini. Kursi dikonfigurasi 2-2 dengan leg room cukup lega.

Merpati Nusantara MA60 Seat Configuration | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Seat Configuration | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Seat Configuration | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Seat Configuration | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Seat Legroom | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Seat Legroom | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Legroom | Doc: Fazword

Merpati Nusantara MA60 Legroom | Doc: Fazword

Setelah itu, mari kita lihat isi seat pocketnya. Ada inflight magazine, inflight shop menu, airsickness bag, dan safety card MA60.

Merpati Nusantara Inflight Magazine | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Inflight Magazine | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Inflight Magazine | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Inflight Magazine | Doc: Fazword

Beberapa menit kemudian, FA mulai membagikan inflight snack. Ingat ya kalo naik Merpati dapat snack😀 . Snacknya apa saja? Here they are:

Merpati Nusantara Inflight Snack | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Inflight Snack | Doc: Fazword

A bread and a cup of fresh water. Lumayan daripada tidak sama sekali kan?😉

Merpati Nusantara Inflight Snack | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Inflight Snack | Doc: Fazword

Setelah saya habiskan snacknya, FA berkeliling untuk collect kotak inflight snack tadi. Setelah itu, saya bebas😀 .

Cabin shot from seat 12A:

Cabin MA60 Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Cabin MA60 Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Pesawat kami mulai memasuki udara Lombok. Selanjutnya? Ternyata pesawat kami akan holding dulu dengan menyusuri pantai selatan Lombok dari ujung barat sampai ujung timur. Artinya? Cuci mata, banyak yang indah indah😉 . Akan ada Pantai Kute dan sekitarnya, tebing pinggir laut Tanjung Ringgit di Lombok Timur sampai pemandangan daratan Lombok yang hijau ❤ . Berikut ini penampakan-penampakan cantik pantai selatan Pulau Lombok. (Klik gambar untuk memperbesar).

Lombok Insight | Doc: Fazword

Lombok Insight | Doc: Fazword

Lombok Insight | Doc: Fazword

Lombok Insight | Doc: Fazword

5 Gilis, anyone know? | Doc: Fazword

5 Gilis, anyone know? | Doc: Fazword

Pesawat terus memasuki udara Lombok, dan sudah benar-benar di atas tanah pulau Lombok.

Thick cloud over Lombok | Doc: Fazword

Thick cloud over Lombok | Doc: Fazword

Pada foto di bawah ini, Lombok tampak seperti sedang mendung setengah. Ada sisi gelap dengan awan hitam pekat dan ada sisi terang yang masih terkena cahaya matahari.

Lombok Insight | Doc: Fazword

Lombok Insight | Doc: Fazword

Dan ternyata benar! Lombok sedang mendung sebelah. Pada gambar di bawah ini, Lombok International Airport sudah tampak, tapi ternyata pesawat kami bukannya mendekat malah banking ke kanan dan menjauh. Let’s cruise along the south coastal line!

Lombok Island | Doc: Fazword

Lombok Island | Doc: Fazword

Lombok Island Beautiful View | Doc: Fazword

Lombok Island Beautiful View | Doc: Fazword

Om-om dan tante-tante bule di seat di depan tampaknya terpesona sesuatu. Saya penasaran pingin ngintip ke sana juga tapi ternyata… pemandangan di sebelah kiri juga tidak kalah cantik, bahkan sangat cantik ❤😉 .

Merpati Nusantara Brings You to the Beautiful Island | Doc: Fazword

Merpati Nusantara Brings You to the Beautiful Island | Doc: Fazword

Kute Lombok? | Doc: Fazword

Kute Lombok? | Doc: Fazword

Kute Lombok? | Doc: Fazword

Kute Lombok? | Doc: Fazword

Pesawat kami terus semakin ke timur, saya tetap futu-futu😀 , tidak menghiraukan FA di belakang saya sedang bahas apaan😛 (asal jangan gosipin saya aja😛 ).

Lombok Coastal Line From the Sky | Doc: Fazword

Lombok Coastal Line From the Sky | Doc: Fazword

Underwater view | Doc: Fazword

Underwater view | Doc: Fazword

Setelah itu tampak kawasan barisan tebing Tanjung Ringgit di Kabupaten Lombok Timur. Subhanallah, cantik nian….

Tanjung Ringgit Lombok | Doc: Fazword

Tanjung Ringgit Lombok | Doc: Fazword

Setelah di ujung timur, pesawat kami kemudian berputar 180° (?) kembali ke barat.

The 'sexy lady' | Doc: Fazword

The ‘sexy lady’ | Doc: Fazword

Kemudian pesawat kami melakukan last turn di titik yang pemandangannya sangat cantik ini, sampai-sampai dua FA di belakang saya ‘terbangun’ dari perbincangan hangat mereka dan terpesona sodara-sodara😀 . Saya masih ingat salah satu FA bilang..”wah mbak, cantik banget view di situ“… Kemudian ngomongin saya😛 “eh.. eh.. dia foto-foto“…”itu ombaknya pasti tinggi“.. daaan seterusnya😀 .

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Beautiful Lombok Island from the Sky | Doc: Fazword

Oke, pesawat kami sudah diberi clearance untuk continue approach. Captain dari cockpit menginstruksikan FA untuk cabin preparation before landing. *FA Announcement

Approaching Lombok Airport Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Approaching Lombok Airport Merpati Nusantara | Doc: Fazword

Gear down!

Gear Down | Doc: Fazword

Gear Down | Doc: Fazword

Final approach, tampak pelabuhan ikan Teluk Awang (?) dan proyek jalan raya wisata yang masih terpotong pembangunan jembatan. (Klik gambar untuk memperbesar).

Teluk Awang | Doc: Fazword

Teluk Awang | Doc: Fazword

Tourism Road Project | Doc: Fazword

Tourism Road Project | Doc: Fazword

Terus approach, dan dipastikan pesawat kami akan landing di runway 31. Make senses karena awan yang benar-benar horrible di barat bandara tadi sehingga runway aktif adalah runway 31.

Flaps Set to 30 | Doc: Fazword

Flaps Set to 30 | Doc: Fazword

Flaps Set to 30 | Doc: Fazword

Flaps Set to 30 | Doc: Fazword

Selanjutnya adalah penampakan tanah Lombok yang hijau ❤ dan hamparan sawah yang tertata rapi. Indahnye…. (Klik gambar untuk memperbesar)

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

The Beauty of Lombok Island | Doc: Fazword

Approaching minumum…. Landing!

Seconds before touchdown | Doc: Fazword

Seconds before Touchdown | Doc: Fazword

Touchdown | Doc: Fazword

Touchdown | Doc: Fazword

Pesawat kami akhirnya landing dengan mulus di runway 31 Lombok International Airport. Welcome to Lombok! Kemudian, ..”para penumpang yang terhormat, selamat datang di Bandar Udara Internasional Lombok di Praya. Waktu setempat telah menunjukkan….. dst“. Selamat datang di Lombok International Airport, bandara dengan tingkat kenaikan kunjungan wisatawan mancanegara tertinggi di Indonesia (BPS). Ada siapa saja siang itu di apron? Yep, ada A320 Jetstar Airways, dua B739ER Lion Air, ATR72-600 Garuda Indonesia, Private jet Embraer EMB-135BJ Premi Air, dan tentu saja ‘pesawat tak bertuan’ B733 PK-YVL Batavia Air.

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lombok International Airport | Doc: Fazword

Exit runway via Alpha and parking stand number 4.

Exit Runway via Alpha | Doc: Fazword

Exit Runway via Alpha | Doc: Fazword

Flaps normal | Doc: Fazword

Flaps set to 0 | Doc: Fazword

Dan, akhirnya parkir di stand 4. Di stand 1 ada private jet nya Premi Air tadi, dan tampak landing light salah satu pesawat yang sedang final approach. Pesawat apakah itu? akan kita lihat sebentar lagi.

Premi Air Embraer EMB-135BJ PK-RJG at Lombok | Doc: Fazword

Premi Air Embraer EMB-135BJ PK-RJG at Lombok | Doc: Fazword

Seatbelt sign masih on tapi para penumpang sudah berdiri dan membuka overhead bin 😀 .

Disembark MZ6604 | Doc: Fazword

Disembark MZ6604 | Doc: Fazword

Dan ini dia yang keliatan landing light-nya tadi. Boeing 737-800 Garuda Indonesia nomor penerbangan GA430 dari Jakarta.

Garuda Indonesia Landing at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Garuda Indonesia Landing at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Kalo tadi di Denpasar saya adalah orang terakhir yang naik, maka di sini juga saya adalah orang terakhir yang turun (minta diusir wkwkwk😛 ). Setelah turun pesawat, saya tidak langsung masuk ke terminal kedatangan, saya malah foto-foto trepik di LOP siang itu sambil pura-pura berteman dengan om dan tante bule yang lagi ngurusin bagasi spesial mereka😀 . Dapat apa foto-foto? Ini dia:

Ada Jetstar Airways yang lagi ditow dan siap-siap untuk penerbangan kembali ke Perth sebagai JQ111.

Jetstar Airways Airbus A320 VH-VGO at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Jetstar Airways Airbus A320 VH-VGO at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Ada ATR72-600 PK-GAA, ATR pertama milik Garuda Indonesia dengan sub-brand eXplore. Inilah pertama kalinya saya melihat langsung pesawat ini.

Garuda Indonesia 'eXplore' ATR72-600 at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Garuda Indonesia ‘eXplore’ ATR72-600 at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Di belakang PK-GAA sebenarnya juga ada dua B739ER nya Lion Air tapi tidak terfoto. Kelamaan foto-foto akhirnya saya ditegur oleh salah seorang petugas AMC dan meminta saya segera masuk…”maaf mas, silahkan langsung masuk ke terminal, di sini berbahaya” …”baik, terima kasih“. Akhirnya saya masuk ke terminal bareng om dan tante bule yang tadi, tapi masih sempat futu-futu😛 .

Fuselage MA60 yang ternyata panjang juga ya :O .

MA60 Fuselage | Doc: Fazword

MA60 Fuselage | Doc: Fazword

Thank you Captain Aditya😉 .

Thank you Captain | Doc: Fazword

Thank you Captain | Doc: Fazword

Thank you PK-MZI, thank you Merpati😉 .

Thank you PK-MZI | Doc: Fazword

Thank you PK-MZI | Doc: Fazword

Selanjutnya saya masuk ke terminal kedatangan dan menunggu bagasi saya yang keluarnya cukup cepat.

Conveyor Belt Lombok International Airport | Doc: Fazword

Conveyor Belt Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lombok International Airport Domestic Arrival | Doc: Fazword

Lombok International Airport Domestic Arrival | Doc: Fazword

Setelah mendapatkan bagasi, akhirnya saya keluar terminal dan bertemu jemputan. Welcome home Fazword🙂 .

======================================================

Review saya untuk pengalaman pertama terbang dengan Merpati Nusantara ini:
Pelayanan Merpati Nusantara cukup memuaskan, dari penanganan di ground yang cukup cekatan sampai ke udara. Crew yang ramah dan baik dalam melayani selama penerbangan, got inflight snack, adorable view during flight, penerbangan yang nyaman dan terima kasih Merpati telah menjembatani Nusantara. I give score 8 out of 10 for this flight experience.

Overall score: 8/10

Asli, saya jadi pengen lagi nyoba Merpati Nusantara setelah penerbangan ini, tapi nasib berkata lain ketika kemarin saya mencari tiket untuk kembali ke Bandung, ternyata kondisi Merpati semakin memburuk😥 , bahkan sampai no ops di Lombok, Denpasar dan Surabaya. Wal hasil, saya tidak menggunakan Merpati di penerbangan balik Bandung.

Saya menyelesaikan tulisan ini di Bandung (4 Februari 2014) saat Merpati sudah tidak terbang lagi. Terakhir saya baca berita, mereka akan terbang kembali pada bulan Maret 2014 (Maret, Merpati Nusantara Airlines Kembali Terbang), tapi entah masih atas nama Merpati Nusantara atau sudah berubah nama menjadi subsidiary-nya Merpati Aviation Service. Who knows? But really, saya berharap Merpati tetap terbang, tetap menjembatani Nusantara, terutama di daerah-daerah terpencil Indonesia yang sangat butuh transportasi udara yang selama ini hanya dilayani oleh Merpati. Keep Flying High Merpati! Let the Sky be in Love with You Forever! We Love You!

Terima kasih

ttd

Leave a Reply

