AirAsia QZ7510 Jakarta – Denpasar: Pecah Telor 2014

AirAsia A320 PK-AXI | Doc: Fazword

Awal tahun 2014 sudah punya kesempatan mabur lagi, alhamdulillah. Pecah telor penerbangan 2014 saya dibuka oleh AirAsia Indonesia. Ya, tanggal 9 Januari 2014 kemarin saya mabur dengan AirAsia Indonesia dari Jakarta ke Denpasar. Ada sebuah kebetulan, tahun 2013 pecah telor penerbangan saya juga dibuka oleh AirAsia Indonesia pada tanggal 8 Januari 2013 dari Bandung ke Surabaya yang saya tuliskan di sini. Ada sebuah pola menurut saya, yaitu semakin barat kota asal, semakin timur kota tujuan penerbangannya, dan harinya selalu +1. Polanya:

8 Januari 2013 mabur AirAsia Indonesia QZ7632 Bandung – Surabaya, 9 Januari 2014 mabur AirAsia Indonesia QZ7510 Jakarta – Denpasar.

Yang jadi pertanyaan saya, jika ini sebuah pola yang akan terus diikuti, mungkinkah 10 Januari 2015 saya akan mabur AirAsia AK1408 Kuala Lumpur – Lombok ? haha😀 .

Baiklah, back to trip saya yang tanggal 9 Januari kemarin adalah salah satu dari dua leg penerbangan yang akan saya ambil untuk pulang ke Lombok dari Bandung. Leg pertama ini adalah terbang dari Jakarta ke Denpasar dengan AirAsia Indonesia.

Flight Details:

Flight Number: QZ7510

Origin: Jakarta, Soekarno-Hatta International Airport (CGK/WIII)

Destination: Denpasar, Ngurah Rai International Airport (DPS/WADD)

Fleet: Airbus A320-216, PK-AXI

Date: Thursday, 9 January 2014

Takeoff: 6.00 AM (Scheduled) – 6.15 AM (Actual)

Landing: 8.50 AM (Scheduled) – 8.43 AM(Actual)

Seat: 19D

Saya berangkat tengah malam dari Bandung ke bandara Soekarno-Hatta dengan bis Primajasa, tiba di bandara sekitar jam 3 pagi. Sepertinya saya terlalu cepat berangkat dari Bandung😀 . Di Terminal 3 Soekarno-Hatta tempat AirAsia, suasana masih kosong melompong. Belum ada aktivitas penerbangan dari sini, pesawat juga masih tidur cantik. Dini hari itu, saya akhirnya memilih untuk masuk ke free area terminal 3 yang berada di area kedatangan. Suasananya? Lebih sepi lagi, hanya ada beberapa pegawai toko yang sedang membersihkan tokonya.

Arrival Terminal 3 Soekarno - Hatta Airport | Doc: Fazword

Arrival Terminal 3 Soekarno – Hatta Airport | Doc: Fazword

Arrival Terminal 3 Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

Kurang jam setengah 4, pagi itu mulai ada aktivitas di area check-in. Akhirnya saya putuskan untuk masuk kesana, mau drop bagasi dulu biar gak dibawa kemana-mana😀 . Tapi, ternyata desk check-in AirAsia belum satupun ada yang buka.😦

AirAsia Check-in Counter Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

AirAsia Check-in Desks Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

Berbeda dengan dua pengguna Terminal 3 lainnya yang sudah melayani check-in, yaitu Lion Air – Batik Air dan Tigerair Mandala.

Lion Air / Batik Air Check-in Counter Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

Lion Air / Batik Air Check-in Desks Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

Tigerair Mandala Check-in Counter Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

Tigerair Mandala Check-in Desks Soekarno-Hatta Airport | Doc: Fazword

Sekitar 15 menit saya menunggu belum ada tanda apapun, akhirnya saya tinggalkan ke toilet. Jam biologis pagi sudah memanggil😛 . Keluar dari toilet, ternyata check-in AirAsia sudah buka dan antriannya sudah panjaang😦 . Mau tidak mau saya ikut antri.

Check-in AirAsia Terminal 3 Soekarno-Hatta | Doc: Fazword

Cukup lama mengantri karena banyak pax di depan saya yang check-in group, akhirnya saya dapatkan boarding pass.

Boarding Pass AirAsia | Doc: Fazword

Tertera boarding time jam 5.20. Oke, mari ibadah dulu dan lanjutkan ke waiting room. Selesai beribadah, saya kemudian naik ke waiting room terminal 3 zona 5. Suasanya cukup ramai karena pagi itu selain penerbangan saya, ada beberapa penerbangan juga yang berangkat hampir bersamaan, seperti AirAsia ke Jogja, Tigerair Mandala ke Pekanbaru, Lion Air ke Denpasar dan Batik Air ke Jogja. Bayangkan saja betapa penuhnya waiting room domestik terminal 3 pagi itu. Berikut ini suasana pagi itu setelah cukup lengang karena ada yang diberangkatkan:

Waiting Room Terminal 3 Soekarno-Hatta | Doc: Fazword

Pukul 5.20 sudah lewat tapi belum ada juga panggilan boarding QZ7510, yang masih ada waktu itu final call AirAsia ke Jogja. Akhirnya sekitar pukul 5.30 QZ7510 dipersilahkan boarding. Boarding kali ini menggunakan bis, mengantar kami ke pesawat yang parkir di apron timur. Bis berjalan melewati beberapa rego yang ingin sekali saya naiki, seperti si Sharklet PK-AZG, si Angry Bird PK-AXS tapi ternyata tidak satupun dari mereka, Pe Ha Pe :(  , bis terus jalan sampai di depan PK-AXI yang parkir tepat setelah PK-AXS. (Almost😦 ). Pintu bis tidak langsung dibuka, karena saya lihat pilot masih melakukan round check kesiapan pesawat dan belum masuk ke cockpit. Beberapa menit kemudian, akhirnya pintu bis dibuka dan mari ganti naik pesawat😀 .

Tiba di kursi saya untuk dua jam ke depan, seat 19D yang berada di aisle. Penampakan selama boarding

Boarding AirAsia QZ7510 | Doc: Fazword

Boarding cukup lama, sepertinya pesawat hampir penuh, +- 90% terisi pagi itu. Menurut informasi captain saat welcome announcement , pesawat kami akan takeoff dari runway 25R, waktu tempuh +- 1 jam 45 menit, ketinggian jelajah 37000 kaki di atas pemukaan laut, cuaca sedikit berawan dengan visibility 10km dan kecepatan jelajah +- 700 km/h. Jam 5.58 pesawat kami pushback, kemudian taxi ke runway. Traffic pagi itu tidak terlalu ramai, hanya menunggu satu pesawat takeoff dan satu landing kemudian pesawat kami takeoff sekitar pukul 6.15.

Sudah cruising, tapi karena saya duduk di aisle, tidak bisa melihat pemandangan cantik di luar sana😦 . Mari eksplor apa saja yang ada di depan saya, termasuk isi kantong doraemon 😀 .

Legroom nya yang khas LCC😀 .

Legroom A320 AirAsia | Doc: Fazword

View ke window, ada yang lagi terpesona tuh, ihikk😉

Onboard AirAsia QZ7510 | Doc: Fazword

The seat. Spot The AirAsia Logo!

AirAsia Seat | Doc: Fazword

Daan, mari lihat ini kantong doraemonnya😀 . Ada magazine Travel 3Sixty edisi global, dan edisi terbaru yang baru rilis pertama kali, yaitu edisi bahasa Indonesia. Kemudian ada inflight shopping menu, safety card dan tentu saja airsickness bag. Complete!

AirAsia Seat Pocket Contents | Doc: Fazword

Mari buka majalah Travel 3Sixty edisi pertama bahasa Indonesia. Ada satu konten yang cukup menarik yaitu tentang kreatifitas awak kabin AirAsia yang banyak ditampilkan selama penerbangan. Pernah nonton safety video AirAsia yang kocak itu? (Kalo belum, cari di youtube yah, banyak😀 ), kemudian surprise perayaan ulang tahun anggota keluarga kita/orang tersayang di udara yang dapat kita atur dengan kontak ke AirAsia terlebih dahulu. Nah, perayaan ulang tahun inilah yang cukup menarik bagi saya karena ada futu-futu pilot yang sepertinya familiar di socmed😛 *colek kapten Benny Kastor😀 .

AirAsia Birthday on Air | Doc: Fazword

AirAsia Birthday on the Sky | Doc: Fazword

Lanjut buka isi magazine nya, dua-duanya saya buka biar puas😀. Sampe kemudian sekitar jam 7.18 captain mengumumkan bahwa kita akan segera mendarat di Ngurah Rai dan pesawat mulai descend.

Di overhead panel, seatbelt sign sudah on. Yuk markiland (Mari kita landing😀 ).

AirAsia A320 Overhead Panel | Doc: Fazword

Runway Ngurah Rai yang aktif pagi itu adalah runway 27. Di atas kota Denpasar, pesawat banking ke kanan kemudian straight to the runway. “Wagon Air 7510 Cleared to land runway 27 wind … at…”. Tepat jam 8.43 (di jam saya), pesawat menyentuh runway 27 Ngurah Rai International Airport. Kemudian.. “Para tamu kami yang terhormat selamat datang di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di Denpasar Bali….. Terima kasih atas penerbangan Anda bersama AirAsia dan terima kasih atas dukungan Anda sehingga kami menjadi Skytrax’s World Best LCC for 5 Consecutive Years”.. Oh ya, saya baru ingat bahwa AirAsia selama lima tahun terakhir selalu terpilih menjadi Maskapai Berbiaya Rendah Terbaik Dunia versi Skytrax. Congrats AirAsia!

Pintu pesawat dibuka, penumpang pun turun.

Disembark AirAsia QZ7510 | Doc: Fazword

As usual, saya selalu memposisikan diri menjadi orang terakhir yang turun pesawat😛 . Minta ditimpuk apa sekarang? haha. Sambil nunggu orang-orang turun semua, intip – intip dari window boleh lah ya…

AirAsia PK-AXI | Doc: Fazword

Wings Air ATR72, Avtur Tank, AirAsia PK-AXI Wing | Doc: Fazword

Mbak FA dengan gesitnya lagi ngerapihin kabin untuk 25 minutes turn around. Good job!😉 .

AirAsia Crew Clearing Up the Cabin | Doc: Fazword

Setelah semua turun, kini giliran saya yang turun. Tidak ada desak-desakan melenggang sendiri seperti raja haha😛 . Sebelum turun, sapa-sapa dulu mbak FA yang nungguin di depan😉 . Dan, ini dia pengganti “foto wajib” yang tidak didapat di Soekarno-Hatta tadi:

AirAsia A320 PK-AXI | Doc: Fazword

View dari tangga, bus AirAsia belum ada yang datang? Bisa, bisa.

AirAsia Experience | Doc: Fazword

Ya, benar saja bus AirAsia belum ada yang datang menjemput kami. Pantesan banyak yang foto-foto di samping pesawat. Dan, nasib saya yang solo traveling, tidak ada yang fotoin😦 , yaah fotoin pesawatnya aja deh, kan lebih cakep😉 .

The roaring jet!  | Doc: Fazword

The roaring jet! | Doc: Fazword

AXI, thanks AXI😉

PK-AXI AirAsia | Doc: Fazword

Di ujung sana, ada Boeing 737-900ER Lion Air, PK-LFL lagi deboarding penumpangnya.

Lion Air B737-9GP(ER)(WL) PK-LFL | Doc: Fazword

Bis datang, karena panasnya Bali pagi itu minta ampun, maka saya naik duluan di bis 1 ini. Gak kuat lagi panas-panasan di apron. One last shot before get on the bus

Thank you PK-AXI | Doc: Fazword

Ternyata terminal kedatangan tidak jauh, bis cuma jalan +- 150 meter lah. Ada satu penampakan saja selama di bis, Bombardier CRJ1000 Garuda Indonesia PK-GRA. CRJ1000 pertama yang diterima Garuda Indonesia.

CRJ1000 Garuda Indonesia PK-GRA | Doc: Fazword

Sambil diliatin, sambil bergumam kapan nih bisa ngerasain si “pensil terbang”.😀

Garuda Indonesia eXplore Jet! PK-GRA  | Doc: Fazword

Garuda Indonesia eXplore Jet! PK-GRA | Doc: Fazword

Turun dari bis, masuk ke terminal nungguin bagasi. Dan, oh my god! Berantakan sekali terminal kedatangan domestik Ngurah Rai yang sekarang. Satu conveyor belt digunakan untuk 3 flight yang datang bersamaan, dan semuanya minimal Boeing 737. Mudah-mudahan pengerjaan seluruh proyek terminal baru Ngurah Rai cepat jadi, biar segera pindah kesana dan tidak sumpek lagi kayak gini:

Ngurah Rai International Airport Domestic Arrival | Doc: Fazword

Oke, bagasi saya sudah di tangan, mari keluar. Sudah tidak kuat dengan suasana yang begitu padat di sini. Tiba di luar, langsung kontak teman yang akan nemanin saya ke Denpasar cari makan pagi itu. Sudah lapar coyy… ke Denpasar untuk cari makan aja😛 .

Perjalanan leg satu saya selesai sampai di sini, masih ada satu leg lagi yang akan saya terbangi untuk sampai di Lombok. Kapan? jam 1.30 hari itu juga, langsung dengan Jembatan Udara Nusantara, Guess what?. Baca di Trip Report selanjutnya😉