Lion Air JT642 Surabaya – Lombok: Golden Sunset Onboard

Lion Air

Lion Air | Doc: Fazword

Setelah tiba di Juanda International Airport dengan Garuda Indonesia GA361 dari Bandung sekitar 1,5 jam yang lalu, kini saatnya saya melanjutkan perjalanan menuju “Call of Duty” saya di Lombok. Seperti saya deskripsikan di tulisan GA361, di perjalanan Surabaya – Lombok kali ini saya akan numpang Lion Air dengan nomor penerbangan JT642. Jadwalnya suits my duty banget deh😀, takeoff dijadwalkan jam 17.30 WIB dan landing sekitar pukul 19.30 WITA. Saya memang awalnya merencakan tiba di rumah sekitar selepas isya, biar langsung in dengan duty-nya, inilah salah satu alasan mengkonfirmasi penerbangan ini.

Flight Details:

Flight Number: JT642

Origin: Surabaya, Juanda International Airport (SUB)

Destination: Lombok International Airport (LOP)

Fleet: Boeing 737-900 ER PK-LGV

Date: Friday, 20 September 2013

Takeoff: 5.30 PM (Scheduled)

Landing: 7.30 PM (Scheduled)

Seat: 10F

Selesai istirahat di arrival hall Juanda Airport, saya kemudian melanjutkan langkah ke terminal keberangkatan. Saya yang sebelumnya sudah melakukan web-check in Lion Air hanya perlu melakukan pembayaran PSC di counter check-in Lion Air. Berikut suasana check-in hall dan check-in counter Lion Air JT642 sore itu.

FIDS Juanda Airport | Doc: Fazword

Check-in hall Juanda Airport | Doc: Fazword

Check in Counter Lion Air JT642 | Doc: Fazword

Setelah membayar PSC Bandara Juanda 40 ribu rupiah, saya akhirnya mendapatkan boarding pass yang saya re-print di counter tadi. Selanjutnya kemana? Saya yang baru pertama kalinya depart dari Juanda Airport ini sedikit celingak celinguk ketika selesai dari counter check-in😀. Tapi, ternyata saya hanya perlu naik ke lt.1 menuju airside untuk mencari gate saya. Oh ya, JT642 sore itu mendapatkan gate 4. Saya kemudian naik ke airside, inilah dia airside Juanda Airport yang sekilas saya liat langit-langitnya mirip sky interiornya Boeing😛

Juanda Intl' Airport Airside | Doc: Fazword

Juanda Intl’ Airport Airside | Doc: Fazword

Nyampe di airside kurang lebih 1 jam sebelum boarding, akhirnya saya putuskan untuk isi perut dulu. Saya belok kanan di depan Diplomat Cafe. Lumayan ganjal perut dengan bakso sambil nyante ala Diplomat Cafe😀. Sekitar 40 menit saya habiskan waktu duduk-duduk di situ, akhirnya melangkahlah saya ke gate 4. Suasana gate 4 sore itu tidak terlalu ramai, cukup banyak pax yang sedang duduk memandangi aktivitas di apron dan runway Juanda Airport yang jelas nampak dari situ. Cocok untuk spotting nih😛 Saya keluarkan kamera, tapi wait… ada pengumuman. Ternyata itu pengumuman boarding penumpang JT642 Lion Air ke Lombok. What? ? Saya masih ingat waktu itu jam saya masih menunjukkan pukul 16.43 LT. 17 menit lebih cepat dari waktu boarding yang tertera di boarding pass yakni 17.00 LT. Wah, gajadi deh nyepot di SUB😦

Saya mengikuti pax yang boarding, kebanyakan adalah warga Lombok karena saya dengar banyak yang bercakap bahasa Sasak😀 Yee.. sudah terasa seperti saya di Lombok😉 Sambil jalan-jalan di airbridge, ada PK-TXH nya Express Air tuh😉 *jeprett Akhirnya dapat satu😀

PK-TXH Express Air | Doc: Fazword

Awalnya saya kira akan langsung naik pesawat melalui airbridge itu, tapi ternyata para pax yang jalan di depan saya turun tangga. Yes! Artinya kita akan naik bus ke pesawat sana. AvGeek pasti tau kenapa saya bilang Yes!😀😉

Boarding JT642 | Doc: Fazword

Lion Air Bus | Doc: Fazword

Selama di bus, saya nanya pak sopirnya, ” Pak, pesawat parkirnya dimana?” (Ya di apron lah, masa di parkiran motor -_-)..”Di parking stand 22 mas..”..”Oh nggih pak, terima kasih”. Dari tempat naik bis tadi ke parking stand 22 ternyata jauh juga, karena parking stand 22 termasuk remote area, lokasinya dekat tower SUB. Sampai di parking stand 22, mari turun bis dan ganti naik pesawat😀

Lion Air's B739ER for JT642 | Doc: Fazword

Lion Air’s B739ER for JT642 | Doc: Fazword

Tower SUB | Doc: Fazword

Dan inilah dia tunggangan saya sore itu, Lion Air Boeing 737-900 ER PK-LGV.

PK-LGV Lion Air | Doc: Fazword

Sebelum masuk pesawat, capture everything dulu ya termasuk “foto wajib” paling atas tuh😉.

Lagi nyiram halaman ya pak?😀😀

Boarding JT642 | Doc: Fazword

Ini nih pintu depan Boeing 737-900 ER😉

B739ER Main Door | Doc: Fazword

Oke, langsung masuk ke cabin disambut mbak mugari😉 dan diarahkan ke singgasana saya di 10F. Ada alasan utama kenapa ketika web-check in sebelumnya saya memilih seat 10F. Alasannya adalah pertama, karena saya akan terbang di sunset time😉 Ini juga adalah salah satu alasan saya memilih terbang dengan Lion Air, karena warna winglet dan engine pesawatnya 11:12 warna sunset yang indah itu😉 [:-]. Alasan kedua adalah letak seat 10F ada tepat di depan engine sebelah kanan pesawat. Selama penerbangan ke Lombok (ke arah timur) sudah pasti akan membelakangi sunset (di barat), untuk mendapatkan kombinasi warna sunset dengan livery Lion Air, maka lokasi paling cocok adalah di depan engine dan sayap agar bisa menjepret ke belakang.😉 Got it?😉 Akan saya buktikan dengan foto-foto gorgeous sunset moment di bawah yah😀😉

Inilah view dari singgasana saya sesaat setelah saya duduk😀

Onboadr JT642 | Doc: Fazword

Onboard JT642 | Doc: Fazword

Waktu saya masuk pesawat, kira-kira waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 4.55 sore, artinya masih ada 35 menit lagi menuju waktu takeoff yang dijadwalkan, lama banget😦 Pada saat boarding tadi, sudah ada dua bis yang mengantar penumpang JT642, berarti masih ada bis-bis lainnya di belakang yang masih belum nampak akan tiba. Daripada bengong, lebih baik saya eksplor penampakan dari seat saya. Ini dia:

Seat legroom Lion Air B739 economy cabin

Lion Air Economy Seat Legroom | Doc: Fazword

Setelah itu, saya coba mengangkat seluruh isi seat pocketnya. Ini dia, complete!

Lion Air Seat Pocket Contents | Doc: Fazword

Nah, itu dia LIONMAG yang akan menemani saya menunggu takeoff. Mari dibuka. Ada satu bagian yang paling menarik bagi saya, yaitu bagian Lion Group Fleet. Ternyata seluruh pesawat Lion Group (Lion Air, Wings Air, Batik Air, dan Malindo Air) sudah diupdate di LIONMAG ini. Dari sini saya tau bahwa sampai saat itu, Lion Group mengoperasikan pesawat-pesawat tipe Boeing 747-400, Boeing 737NG (800 & 900ER), Boeing 737 Classis (300 & 400), serta pesawat turboprop canggih ATR72 (500 & 600). Luar biasa!!!

Lion Group Fleet | Doc: Fazword

Lion Group Fleets | Doc: Fazword

Sudah habis bolak-balik LIONMAG, masih belum ada juga tanda-tanda pesawat akan pushback, padahal sudah approaching takeoff time nih, masih ada saja bis Lion Air yang mengangkut penumpang ke pesawat kami. Wah, seems to be a slight delay nih:\. Sambil menunggu, ada satu pemandangan menarik di apron, seorang bapak petugas kebersihan bandara Juanda dengan sepedanya sedang berkeliling bersih-bersih apron😉 Good Job pak! Anda adalah salah seorang pemain penting dibalik terwujudnya bandara Juanda sebagai bandara terbersih tahun 2012. Good Job!

Petugas Kebersihan Juanda Airport :) | Doc: Fazword

Petugas Kebersihan Juanda Airport🙂 | Doc: Fazword

Petugas Kebersihan ;) | Doc: Fazword

Petugas Kebersihan😉 | Doc: Fazword

Terima kasih pak, sampai jumpa😉

Petugas Kebersihan Juanda | Doc: Fazword

Petugas Kebersihan Juanda Airport| Doc: Fazword

Dan benar saja dugaan saya, ada sedikit delay di penerbangan ini karena mendekati jam 6 sore pesawat kami baru pushback😦. Inilah satu moment before pushback. Ada B738 PK-LKP Lion Air dengan livery 80th Boeing 737 Next Generation baru tiba entah darimana dan sedang taxi ke apron😉

Lion Air PK-LKP at SUB | Doc: Fazword

Pesawat kami kemudian taxi menuju runway 10 Juanda Airport, diwarnai dua kali hold short menunggu dua pesawat yang landing. Terakhir ada A320nya AirAsia entah darimana. Setelah dua yang tadi landing, pesawat kami akhirnya masuk ke runway dan clear for takeoff Lionair 642. Takeoff saya videokan, tapi masih belum diupload ya😉

JT642 already on rwy 10 SUB | Doc: Fazword

Pesawat meninggalkan tanah Jawa. Lombok, aku datang!

JT642 Takeoff | Doc: Fazword

Kalo sudah takeoff begini, inilah saatnya teman-teman semua, The Golden Sunset Moments. Inilah salah satu alasan saya kenapa naik Lion Air untuk penerbangan kali ini dan alasan utama saya memilih seat 10F😉. Enjoy this sunset moments ya, special for you😉

Klik foto untuk memperbesar gambar😉

Sunset Onboard Lion Air JT642 | Doc: Fazword

Itulah beberapa foto indahnya maha karya Tuhan, indahnya Sunset onboard Lion Air JT642😉. Terbang semakin ke timur, mendekati Lombok, semakin ke timur semakin gelap menjauhi matahari yang sudah tenggelam di sana. Moment selanjutnya saya hanya beristirahat karena memang sudah kurang istirahat sejak malam sebelumnya. Sempat terlelap kurang lebih setengah jam, saya kemudian dibangunkan pengumuman pramugari untuk persiapan mendarat. Penerbangan yang singkat, cukup 1 jam saja menerbangi Surabaya – Lombok. Satu momen sebelum descent.

Winglet Lion Air B739 | Doc: Fazword

Pesawat approach runway 13 Lombok International Airport. Sebenarnya mau saya videokan, tapi ternyata kamera saya tidak kooperatif saat itu😦 It showed me “Battery Exhausted” . What? Baterainya hanya kuat untuk capture foto. Baiklah🙂

Momen sebelum benar-benar landing, inilah pemandangan Lombok malam hari.

Moments Before Landing JT642 | Doc: Fazword

Moment Before Landing JT642 | Doc: Fazword

Lombok Night View | Doc: Fazword

Percayalah bahwa salah satu sumber kilau lampu-lampu berikut ini berasal dari rumah saya😉. Dear guys, rumah saya memang terletak di bawah jalur approach rwy 13 LOP🙂.

Sekitar pukul 19.50an WITA pesawat kami landing dengan “gagahnya”😀 di Bandara Internasional Lombok.

Landed at LOP | Doc: Fazword

Setelah pesawat completed it’s stop, akhirnya kami disembark. Seperti biasa, saya menjadi the last one yang keluar pesawat😀😛 Menyapa mbak FA dan say bye bye PK-LGV. Thank you for the ride😉

Bye Bye PK-LGV | Doc: Fazword

On Airbridge LOP | Doc: Fazword

Bandar Udara Internasional Lombok ;) | Doc: Fazword

Bandar Udara Internasional Lombok😉 | Doc: Fazword

Saya langsung masuk ke terminal kedatangan domestik.

Domestic Arrival | Doc: Fazword

LOP’s Domestic Arrival | Doc: Fazword

LOP's Bagage Claim | Doc: Fazword

LOP’s Bagage Claim | Doc: Fazword

Dan, Selamat Datang di Lombok😉

Selamat Datang di Lombok | Doc: Fazword

Karena saya tidak ada bagasi, maka saya cukup santai melenggang. Tapi, saya tidak langsung keluar dari bagage claim,😀 saya “intip intip” dulu😀 aktivitas malam di Airport ini. Check-in counter sudah lumayan lengang, yang terlihat hanya aktivitas di check-in counter Garuda Indonesia untuk penerbangan ke Makassar dan Lion Air ke Jakarta. Kembali melihat ke bagage claim, penumpang JT642 tadi masih menunggu bagasi.

Inilah conveyor belt dan suasana bagage claim LOP Airport malam itu:

Conveyor Belt Lombok Airport | Doc: Fazword

Bagage Claim Lombok Airport | Doc: Fazword

Puas “mengintip”, akhirnya saya putuskan untuk keluar. Karena saya sudah “request khusus” ke keluarga untuk tidak dijemput (takut mengganggu aktivitas duty di sana😉 ), maka malam ini saya akan sampai di rumah dengan taksi. Oh ya, sistem taksi di Bandara Internasional Lombok sudah resmi. Kalo saya tidak salah ada dua taksi resmi di sini, yaitu Taksi Lombok Baru dan Koperasi Taksi Mataram. Saya malam itu lebih memilih Taksi Lombok Baru (termakan namanya kah? hahaha). Untuk sistem pembayarannya, boleh argometer boleh juga dengan tarif yang sudah ditetapkan ke daerah tujuan. Saya lebih memilih cara kedua biar langsung sesuai berapa duit yang harus keluar. Ini dia tarif taksi Lombok Baru Bandara Internasional Lombok: (Klik gambar untuk memperbesar)

Lombok Baru Taksi Fare | Doc: Fazword

Saya tarif yang mana? Itu tuh yang pertama. Daerah rumah saya (yang tadi kita lintasi sewaktu pesawat sedang on final) termasuk di wilayah rute nomor satu. Tarifnya, 55ribu rupiah😀 (lumayan ekhem ekhem… :P). Tarif taksi ini akan dibayarkan nanti ke driver setiba di alamat tujuan. Mari pak!.

Saya langsung keluar mencari pangkalan taksi resmi yang tepat berada di depan drop zone. Tapi, stop dulu, kita lihat dulu suasana terminal kedatangan Lombok Airport malam itu yang terkenal dengan keramaiannya yang super😀 Ini dia:

Lombok Airport Arrival | Doc: Fazword

Sudah rapi dan tertib kan?😉 Believe me!😉

Sudah? Baiklah, langsung melenggang keluar. Pangkalan taksi di sana tuh, saya dapat Taksi nomor 135. Mana pak?

Taksi Resmi Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Ketemu dengan drivernya, mari pak berangkat! “Duty” saya sudah manggil-manggil nih😀. Kurang lebih 20 menit saja saya sudah tiba di rumah. Disambut keluarga yang “setengah kaget” karena saya tiba-tiba muncul di tengah – tengah mereka (haha). Dear fams, aku pulang. I’m home😉🙂

Berakhirlah perjalanan saya hari itu. Perjalanan dari Bandung, kemudian ke Surabaya sampai akhirnya tiba di Lombok.

Terima kasih Garuda Indonesia, Lion Air, all crews and aircrafts with me on that day😉 See ya…

Sekian trip report kali ini. Biarkan saya fokus melaksanakan duty saya dulu ya, tapi eitss.. duty saya ini ada yang bisa diceritakan looh😀 Tunggu kelanjutannya yah teman-teman