Tanjung Pangsing, Primadona Tersembunyi di Lombok Barat

Found This at Pangsing | Doc: Fazword

Found This in Pangsing | Doc: Fazword

Bosan dengan liburan pantai Kute, tanjung Ann, Senggigi, atau bahkan Gili? (Rasanya ini susah ya :P) Kali ini saya mau bagi cerita tentang salah satu tujuan wisata lainnya di Lombok Raya ini. Pantai Pangsing? Pernah mendengarnya? Belum pernah ya?😀 Baiklah, begini ceritanya..

Pantai Pangsing, terletak di desa Buwun Mas, Sekotong Timur, Kabupaten Lombok Barat. Karena saya punya keluarga di Teluk Sepi, Buwun Mas, jadilah saya sering ke pantai ini. Paling tidak sekali setahun lah waktu lebaran…Pangsing ini sebenarnya adalah tanjung yang menjadi pintu Teluk Sepi dengan laut lepas. Oleh karena itu, dari Teluk Sepi nampak sangat indah pemandangannya (Apalagi kalau sudah di sana ya :D). Gambaran umumnya Pantai Pangsing merupakan pantai berpasir putih lembut dengan garis pantai memanjang membentuk tanjung sebagai gerbang teluk Sepi. Untuk jalur masuk terdekat ke Pantai Pangsing, terlebih rekan-rekan traveler yang melalui Pelabuhan Lembar, pantai ini hanya berjarak +- 30km perjalanan darat. Akses jalan menuju ke Pangsing sudah bagus, aspal sampai di Teluk Sepi, Buwun Mas. Selanjutnya ada dua pilihan, yakni tetap menggunakan jalan darat melewati perbukitan dengan jalanan tanah atau menyebrang dari Teluk Sepi dengan perahu masyarakat. Kalau saya sampai saat ini selalu lebih memilih untuk menyewa perahu masyarakat ke sana, dibanding harus menjelajahi trek ekstrim jalur darat ke sana. Tarif penyewaan? Negosiasi sendiri lah ya, kondisional sesuai harga solar dan keadaan laut. Kalo menggunakan kendaraan pribadi ke sini, titipkan saja di rumah warga di Sepi, siap membantu kok😉

Pelabuhan Lembar - Pangsing | Google Maps

Pelabuhan Lembar – Pangsing | Google Maps

Kalo masih bingung rutenya, ini saya tuliskan traveling path nya dengan start dari Mataram: Mataram – Gerung – Lembar – Sekotong – Buwun Mas (Sepi) – Teluk Sepi – Pangsing. Mudah kan? Biasanya dari rumah saya akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam sampai di Teluk Sepi, selanjutnya mencari perahu dan menyebrang kurang lebih 0,5 jam. Jadi, total perjalanan dari rumah saya sampai ke keindahan Pangsing kurang lebih 2 jam. Tiba di pantai Pangsing, hal pertama yang langsung terngiang adalah mandi😀 Air teluk yang tenang dengan pantai yang landai tentu saja sebuah venue sea bathing yang nyaman bukan?😀

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Oh ya, di pantai Pangsing ini ada cottage yang kebanyakan saya lihat disewa oleh bule yang berlibur. Turis lokal? Saya sendiri kurang tau karena saya belum pernah mencobanya😀 Saya cukup nginap di rumah keluarga saya😀

Cottage in Pangsing | Doc: Fazword

Cottage in Pangsing | Doc: Fazword

Selain mandi, boleh juga jalan-jalan mengitari pantai mencari pemandangan baru. Cari karang-karang yang bentuknya unik dan indah juga bisa, banyak di sini. Salah satunya itu tuh yang di paling atas tulisan ini😀. Pas jalan-jalan, Saya nemu beberapa view dari beberapa sudut pantai Pangsing seperti di bawah ini:

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Komposisi warna airnya: kuning- hijau-biru😀

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Ada yang lagi mancing nih😀

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Sudah sampai ujung, airnya makin tenang dan adem😉

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Tanjung Pangsing | Doc: Fazword

Sudah puas? Lapar? Kalo iya, cobalah berjalan ke dalam permukiman masyarakat di sana. Siapa tau ada yang sedang jual ikan. Jika beruntung, warga juga pasti menjajakan ikannya di pinggiran pantai depan permukiman mereka. Selain ikan, coba negosiasi dengan masyarakat sana untuk membeli (atau minta😀 asal dikasih) kelapa muda yang banyak ditanam di sana. Kebetulan saya juga masih ada keluarga di sini, jadi tidak susah untuk dapat dua – tiga biji kelapa muda. Untuk rekan-rekan traveler bagaimana? Asalkan kita sopan dan baik bertanya, besar kemungkinan dapat juga gratisan, atau bayar/tukar sesuatu dengan warga😉🙂

Mau beli oleh-oleh dan cinderamata? Di sini saya belum pernah menemukan ada yang menjual seperti di Kute, Tanjung Ann dan Senggigi sana. Tidak ada anak-anak kecil yang jualan, atau warung dibuka di sini. Jadi, masih sepi dan alami banget dah ini pantai. I can say this because I got that😉

Jika sudah puas, mari kembali. Saya biasanya kembali ke Teluk sepi sekitar jam 3 sampai 4 sore lah menunggu air pasang kembali. Karena kalo air sedang surut, suka jauh jalan kakinya dari laut ke pantai😀. Karena kita berada dalam teluk, jadi kalo surut lumayan ke tengah surutnya.

Kembali ke Teluk Sepi. Mari pulang. Pasti puas sudah jalan-jalan seharian😀

 

Terima Kasih

122f0-ttd

Leave a Reply

