TransNusa TN571 Lombok – Denpasar: Balik Rantau

TransNusa Logo

TransNusa Aviation Mandiri | Doc: Fazword

Setelah sebulan lamanya saya menghabiskan waktu di tanah kelahiran, Lombok dalam rangka libur kuliah dan magang, akhirnya 7 September saya harus kembali ke tanah perantauan di Bandung. See ya soon Lombok, very soon🙂

Have a Nice Trip | Doc: Fazword

Sebulan liburan sebenarnya saya cukup sibuk, mungkin bisa disebut libur semester tersibuk dibanding yang sudah-sudah sebelumnya karena memang saya banyak kegiatan. Karena kesibukan itu pula “perburuan” tiket kembali saya pun terbengkalai. Seminggu sebelum keberangkatan, barulah saya mulai mengecek harga tiket Lombok – Jakarta/Bandung. Dan hasilnya pun apes banget penerbangan langsung Lombok – Jakarta sudah mahal banget, begitu juga dengan yang ke Bandung transit (1 jtan😦 Mungkin dampak melemahnya rupiah). Tarif tersebut bagi mahasiswa seperti saya masih “di atas”, cari alternatif lain! Dan keberuntunganpun datang dengan menerbangi rute Lombok – Denpasar – Jakarta dengan dua airline berbeda. TransNusa dan Sriwijaya Air. Total tarifnya 700an K, lumayan normal. Baiklah, saya confirm keberangkatan dengan dua airline tersebut di tanggal 7 September. Dan, ini adalah first touch saya dengan kedua airline tersebut🙂, juga dengan bandara Ngurah Rai😉

Sehari sebelum keberangkatan dengan TransNusa ke Denpasar, saya ditelepon pihak TransNusa yang sudah saya duga akan menginfokan ini ==>> Delay . Ya, jadwal penerbangan yang seharusnya takeoff jam 7.30 berubah menjadi jam 10.10 karena alasan operasional. Baiklah! Bagi saya tidak masalah karena jeda waktu dengan penerbangan saya selanjutnya masih lumayan lama. Tetap senyum🙂

Flight Details:

Flight Number: TN571

Origin: Lombok International Airport (LOP)

Destination: Denpasar, Ngurah Rai International Airport (DPS)

Fleet: Fokker 50 PK-TNA

Date: Saturday, 7 September 2013

Takeoff: 10.10 AM (Scheduled)

Landing: 10.40 AM (Scheduled)

Seat: 7F

Hari H, kurang jam 7.30 saya sudah berangkat ke Airport, cukup kepagian memang dengan jarak rumah saya yang hanya +- 4km dari Airport, tapi saya sengaja berangkat lebih awal karena keluarga saya akan ada acara sekitar jam 9 dan saya mau bertemu dulu dengan teman saya yang akan berangkat duluan (jam 8.30) ke Surabaya dengan penerbangan berbeda. Tiba di airport, saya ketemu teman saya yang sudah check-in duluan, lalu saya juga masuk ke Check-in Area. Check-in TransNusa TN571 belum buka, jadi mari liat-liat suasana check-in pagi itu. Ini adalah pertama kalinya saya memperhatikan dengan seksama area ini, padahal sudah sering bepergian lewat bandara ini.

Check-In Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Check-in Counters Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Sekitar jam 9, check-in counter TransNusa TN571 ke Denpasar buka. Mari! Check-in, drop bagage, request seat (got 7F ;)) dan ready for departure.

Check-in Counter TransNusa LOP | Doc: Fazword

Selesai check-in itu saya langsung ke counter PSC dan melenggang ke ruang tunggu. Passenger Service Charge domestic departure di BIL adalah 25 ribu rupiah. Dan, saya baru tau kalo sekarang bayar PSC di BIL sudah ada counternya, ada tiga malah di atas (lt 1), kalo yang dulu cuma ada satu loket di sebelah check-in area yang pasti tidak bisa menampung ramainya penumpang di BIL.

To Waiting Room LOP | Doc: Fazword

Airport Tax Counter LOP | Doc: Fazword

PSC Counters LOP | Doc: Fazword

Sebelum masuk waiting room, mari kita intip FIDS LOP pagi itu, dan ini dia:

FIDS Bandara Internasional Lombok | Doc: Fazword

Kesimpulan saya, bandara ini sibuk!

Saya kemudian masuk Waiting Room, lumayan rame karena sedang ada beberapa penerbangan yang menunggu. Waktu itu masih kurang jam 9.15, lumayan untuk duduk-duduk memperhatikan aktivitas di waiting room dan apron. Silih berganti panggilan boarding penumpang Garuda Indonesia, Wings Air, Merpati Nusantara.

Waiting Room Lombok International Airport | Doc: Fazword

Kurang lebih pukul 9.40an, sebuah Fokker 50 milik TransNusa mendarat di BIL. Ya, inilah tunggangan saya ke Denpasar hari ini.

TransNusa Fokker 50 is Just Arrived | Doc: Fazword

Kurang lebih 15 menit kemudian, panggilan boarding penumpang TransNusa TN571 melalui Gate 1. Let’s board the Fokker! Inilah pertama kalinya saya terbang dengan pesawat baling-baling (turbo-prop) dan dengan TransNusa pula😉

Boarding TransNusa TN571 | Doc: Fazword

Lombok International Airport | Doc: Fazword

PK-TNA TransNusa | Doc: Fazword

Kursi saya yang bernomor 7F ternyata tepat berada di “ketiak” pesawat ini😀 Jadi, saya bisa melihat gear pesawat berputar cepat saat berpacu di landasan, melihatnya “berciuman” dengan landasan saat landing, Epic!😉

View from my Seat | Doc: Fazword

Boarding berlangsung lumayan cepat (mungkin karena pesawat kecil kali ya hehehe), kurang pukul 10.10 pesawat sudah pushback, taxi dan takeoff melalui runway 13 LOP. Penerbangan Lombok – Denpasar dengan TransNusa akan ditempuh dalam waktu +- 30 menit (singkat bener :/) Ya, inilah penerbangan jarak dekat! Seperti numpang kentut di lavatory aja😛 Tapi tetap saja saya sempatkan membaca isi “kantung doraemon”😀😛 yang waktu itu isinya ada Inflight Shop Catalogue dan Safety Card Fokker 50 TransNusa🙂

Inflight Shop Catalogue TransNusa | Doc: Fazword

Sebelum pesawat menurunkan ketinggian jelajah, mari menelisik sedikit penampakan dan kondisi seat Fokker 50 ini. Hmm.. Backpack saya ternyata tidak muat masuk di Overhead Compartment, jadilah saya taruh di bawah kursi saja, dan hasilnya pun lumayan “menyiksa” kaki di sana karena Leg Room yang cukup sempit (ekhem.. ingat pesawat kecil neh :D) Untung saja penerbangannya singkat😀 Seatnya dikonfigurasi 2-2, cukup nyaman🙂

Leg Room Fokker50 TransNusa | Doc: Fazword

Seat TransNusa | Doc: Fazword

Kurang lebih 15 menit di ketinggian jelajah, pesawat sudah menurunkan ketinggian, Descent! Mulai tampak daratan Nusa Penida, kemudian Bali dan nampak runway.

The Coastal Line of Bali| Doc: Fazword

Yuk ah capt mendarat nyentuh tanah Bali. Kurang lebih seperti di jam yang dijadwalkan, pesawat mendarat di Ngurah Rai International Airport. Selamat Datang!🙂

PK-TNA TransNusa at DPS | Doc: Fazword

Dari apron ke terminal, kami dijemput bus karena apron Ngurah Rai Airport sedang under-construction. Sampai di terminal, saya kaget melihat suasananya. Gaduh, rame! Hanya ada dua conveyor belt untuk beberapa penerbangan, bahkan untuk TN571 digabung dengan Wings Air dari Lombok (tadi takeoff duluan di BIL) dan satu penerbangan lainnya (saya lupa hehe) di waktu yang bersamaan –“. Jadi, ada tiga penerbangan di satu conveyor belt! What??? Alamat lama ini mah –”

Ngurah Rai's Domestic Bagage Claim Crowded! | Doc: Fazword

Ngurah Rai’s Domestic Bagage Claim Crowded! | Doc: Fazword

Kurang lebih setengah jam lamanya saya menunggu (tuh kan lama😦 ), akhirnya bagasi saya tiba. Langsung keluar terminal dan yeah.. inilah Bali! Saya numpang ngemper sampe ntar sore yaah😀😛 Penerbangan lanjutan saya dengan Sriwijaya Air SJ273 dijadwalkan takeoff pukul 15.45 WITA. Masih banyak waktu, cari makan dulu😀

Saya nemu depan Alfam*rt di connecting tunnel terminal international arrival ada boot fresh drink yang ada bangku nya. Nongkrong sana ahh😀. Saya pesan minuman jadi bekal nongkrong nungguin siang😀 Saya minum dulu ya, sekian trip report kali ini. Enjoy!😉 Dilanjutkan dengan penerbangan Sriwijaya Air saya nanti, my first SJ flight experience😉

Report ini juga saya buat dalam bentuk video report. Find it on Youtube or watch here: TransNusa Fokker 50 on TN571 Lombok – Denpasar.