Batik Air ID6853 Pekanbaru – Jakarta: Mudik Lebaran 2013

Batik Air | Doc: Fazword

Inilah kali kedua saya terbang bersama Batik Air. Maskapai yang baru berusia +- 3 bulan ini berhasil “menarik hati” saya untuk terus penasaran mencobanya. Ya, setelah penerbangan Batik Air saya dari Jakarta ke Pekanbaru bulan Juni lalu, awal Agustus ini saya kembali ke kabin Batik Air. Minggu, 4 Agustus 2013 perjalanan mudik lebaran 2013 saya dimulai. Tujuan tentu saja ke tanah tercinta di Lombok. Tapi karena belum ada satupun maskapai yang melayani penerbangan langsung Pekanbaru – Lombok, maka pilihan paling baik adalah transit di Jakarta terlebih dahulu.

Persiapan mudik saya tahun ini memang lebih matang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bayangkan, tiket penerbangan Batik Air kali ini sudah saya beli dari bulan Juni lalu. Waktu itu saya memanfaatkan baru dibukanya rute Batik Air ke Pekanbaru, karena biasanya maskapai dengan rute baru banyak menawarkan tiket promo😀 Dan jadilah saya dapatkan tiket IDR 770K untuk H-4 lebaran ini. Tergolong murah untuk penerbangan full service di hari mepet lebaran.😀 Once again, Thank you Batik Air😉

Berikut ini detail penerbangannya:

Flight Details:

Flight Number: ID6853

Origin: Pekanbaru, Sultan Syarif Kasim II International Airport (PKU)

Destination: Jakarta, Soekarno Hatta International Airport (CGK)

Fleet: Boeing 737-900 ER PK-LBG

Date: Sunday, 4 August 2013

Takeoff: 7.30 PM (Scheduled)

Landing: 9.15 PM (Scheduled)

Seat: 25F (But then I moved to 26D-E-F😉 looking for free seat row to take rest hehe)

Pertama-tama tentunya saya dari kontrakan di Pekanbaru menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Perjalanan dimulai jam 4 sore. Kok cepat banget? Iya, karena seorang teman saya akan terbang duluan petang itu dengan kakaknya Batik Air (red: Lion Air) ke Jakarta juga. Sebenarnya datang lebih awal tidak jadi masalah ya, bahkan keuntungan untuk mengantisipasi padatnya Bandara karena arus mudik. Tiba di bandara, teman saya check-in, saya hanya menunggu di luar karena check in Batik Air belum dibuka. Di depan bangunan terminal Bandara ini, ada sebuah taman yang banyak dikunjungi pengunjung Bandara. Apalagi kalo bukan yang di foto berikut:

Sultan Syarif Kasim II International Airport | Doc: Fazword

Sekitar jam 5, saya akhirnya masuk ke area check in. Meskipun Check in Batik Air belum juga buka karena masih dipakai “kakaknya”, tapi suasana area check in yang nyaman membuat saya santai saja di sini. Suasana menyambut lebaran begitu terasa di Bandara ini, dengan beberapa hiasan lebaran. Hmm… Mudik jadi lebih terasa😀

To Check In Counter | Doc: Fazword

Check In Area Sultan Syarif Kasim II Int'l Airport | Doc: Fazword

Check In Area Sultan Syarif Kasim II Int’l Airport | Doc: Fazword

Kurang lebih setengah jam saya menunggu di Check-in Area, akhirnya check in Batik Air dibuka. Langsung saja beberapa pax menyerbu counter, terlihat excited sekali karena akan segera mudik dan bertemu keluarga🙂 Saya check-in, kemudian drop bagasi dan bayar airport tax (30rb rupiah) langsung di counter. Saya juga request seat 25F untuk penerbangan kali ini. Yes!😀

Check In Batik Air | Doc: Fazword

Setelah check-in, saya langsung ke ruang tunggu saja. Ingin segera menikmati internet connection, kemudian buka flightradar24 untuk melihat “calon” tunggangan saya hari itu. Dan ternyata, tunggangan saya kali ini adalah si PK-LBG, pesawat pertama yang diterima Batik Air. Hmm🙂

Suasana ruang tunggu petang itu lumayan padat, tapi alhamdulillah masih ada beberapa bangku kosong untuk ditempati. Tampaknya, arus mudik di Bandara ini sedang memuncak di jam segitu. Selama saya menunggu, pengumuman boarding silih berganti, Lion Air, Garuda Indonesia, Tigerair Mandala, Citilink sampai akhirnya saya sadari bahwa ruang tunggu itu sudah lengang kembali :O Cepat ya😀

Ruang Tunggu Bandara Sultan Syarif Kasim II | Doc: Fazword

Next…

Ruang Tunggu Sultan Syarif Kasim II Int'l Airport | Doc: Fazword

Ruang Tunggu Sultan Syarif Kasim II Int’l Airport | Doc: Fazword

Sambil menunggu, sekitar pukul 18.30 Local time adzan maghrib berkumandang. Alhamdulillah, saatnya berbuka puasa. Ini adalah kali pertama saya buka puasa di bandara🙂 Cukup dengan sekaleng minuman dan sebuah roti untuk mengganjal perut. Isinya nanti saja di pesawat, kan dapat inflight meals😛

Sekitar pukul 18.50, pesawat Batik Air PK-LBG mendarat dari Jakarta. Inilah dia, selamat bertemu PK-LBG. Selanjutnya kita mbalek ke Jakarta bareng😀 Kurang lebih pukul 19.15, penumpang Batik Air ID6853 mendapat panggilan boarding melalui Gate 2. Ini dia! Let’s go board the PK-LBG! Boarding kali ini harus turun ke area apron dan harus menggunakan bus karena apron bandara memang sedang diperluas. So, It’s okay lah😀

Boarding Batik Air ID6853 | Doc: Fazword

Saya langsung masuk ke pesawat. No picture taken here. Setiba di row 25 (baris kursi saya), rupanya 25F sudah ditempati seseorang (baca: cewek). Saya meminta izin untuk duduk di sana, tapi nampaknya dia tidak mau, bahkan pasangannya meminta saya untuk duduk saja di 25D. Uhh… okey lah, tidak apa-apa hahaha… Saya paham kok yang ingin bersama sang pacar😉 Saya duduk di sana sampai pintu pesawat ditutup. Dan ternyata, row 26 D-E-F di belakang saya kosong, saya pikir-pikir daripada ganggu pasangan ini, mending saya kesana. Yup, right after the gate closed, I moved.😀. FYI, seat row 26 di Batik Air tidak memiliki window😀 Saya memang sengaja di sana ingin mencari ketenangan dan lebih fokus. Yuk ah takeoff Capt! Pesawat kemudian taxiing diiringi panduan keselamatan melalui AVOD. Saya tidak tahu pesawat takeoff dari runway berapa, karena tiba-tiba saja pesawatnya “ngebut”😀 dan tek-op. Bye bye pekanbaru, see ya on next precious time.

Penerbangan kali ini adalah penerbangan malam, dengan durasi +- 1,45 jam. Enaknya ngapain ya? Record video? Ya device saya sedang tidak support. Jadilah hanya seperti penumpang biasa, sambil sesekali took picture of something lah selama penerbangan😀 Setelah mencapai ketinggian jelajah, seatbelt sign off, kemudian AVOD nyala. Yee… saatnya otak-atik. Pax-pax yang lain juga sudah tidak sabaran sepertinya. Saya malah hanya melihat flight voyager dan baca-baca informasi di AVOD. Saya baru sadar sekarang bahwa pada penerbangan ini, saya full isi dengan membaca. Batik Magz saya habiskan, dan info-info di AVOD juga habis :O Bisa ya😀

Sebentar kemudian, flight attendants membagikan meals. Selamat makan😀 Menu kali ini adalah nasi ayam pedas + bolu pandan lembut + kit kat. Penasaran? Niih..:

Inflight Meals Batik Air | Doc: Fazword

Selesai dengan the air dinner, kembalikan lagi ke FA bekas makannya. Lanjut membaca Batik Magz dan intip flight voyager. Selain flight voyager, AVODnya juga saya manfaatkan untuk re-charge Hape saya. Dan it works!

Recharge Gadget on Batik Air | Doc: Fazword

Batik Air Magazine and Invocation card | Doc: Fazword

Untuk mengurangi kaku di badan, saya akhirnya melakukan lavatory visit😀 Penasaran juga dengan penampakan lavatory pesawat yang masih gress kayak gini. Ini dia:

Lavatory Batik Air | Doc: Fazword

Mungkin ini kali ya pengganti tidak dapat video di penerbangan ini😀

Saya kembali ke seat. Membaca lagi, lagi dan lagi sampai akhirnya pesawat mulai descent. Saya lihat di voyager pesawat sedang berada di udara laut jawa sebelah tenggara Bangka Belitung. Sebentar lagi Soetta. Tapi, prediksi saya bahwa lalu lintas udara malam ini pasti “macet”. Mungkin pesawat akan melambat atau holding beberapa menit menunggu giliran landing. Benar saja! Di Voyager terlihat pesawat bergerak memutar membentuk lingkaran, dan memang terasa karena pesawat beberapa kali banking. Yup! Traffic Soetta sedang ramai. Kurang lebih 15 menit kemudian, dari cockpit terdengar suara captain “Flight Attendant landing position.” Yak, sudah mulai approach Soetta. Kemudian safety information dan lagi-lagi saya tidak tahu kapan dan tiba-tiba pesawat sudah touch runway. Inilah nasib tidak ada window😀

Landing berjalan normal dan ya, “Para penumpang yang terhormat, Selamat Datang di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, di Jakarta. Waktu setempat telah menunjukkan pukul 9.14 menit… bla bla… dst”. Taxiing ke Terminal 3 malam itu terasa lama karena memang taxiing in pun macet😦 Saking padatnya traffic Soetta malam itu. Tapi, alhamdulillah tiba di Terminal 3 juga. Kali ini, saya turun dari pintu belakang, menyapa mbak Pramugari di pintu kemudian turun tangga. Kali ini, I have time to take pictures. Berikut ini beberapa di antaranya, spesial untuk Batik Air🙂

Batik Air Livery | Doc: Fazword

Batik Air PK-LBG | Doc: Fazword

Batik Air Logo | Doc: Fazword

Selesai, kemudian masuk ke Terminal 3, bagage claim kemudian melenggang keluar terminal. Tapi, eiitt… stop di depan information center T3. Di situ teman saya yang tadi terbang duluan dengan Lion Air menunggu saya. Ya! Malam ini kami akan menginap di bandara ini, tepatnya lagi di Terminal 3. Karena besok pagi jam 5 teman saya ini ada flight lanjutan ke Palu ditambah saya yang malas pulang tengah malam. Oh ya, Saya sendiri harus pulang dulu ke Bandung karena penerbangan saya ke Lombok adalah pada hari Kamis, 8 Agustus. Masih ada empat hari lagi, jadi sebaiknya saya ke Bandung dulu. Dan jadilah saya juga ikut-ikutan nginep di sini. Airport? Isn’t that home?😀 Suasana nyaman terminal 3 sangat cocok untuk menginap. Bahkan di Lt.1 terdapat sofa-sofa yang dapat dipergunakan untuk tidur. Saya bermalam di sana bersama turis-turis asing yang juga menunggu flight mereka esok pagi. Banyak kawan di sini😀

Dan akhirnya, Trip Report kali ini saya akhiri sampai di sini. Selanjutnya, insya Allah saya lanjutkan dengan Trip Report penerbangan saya selanjutnya ke Lombok. PS: Penerbangan hari Kamis nanti adalah dengan Garuda Indonesia😀 Jadi, seperti membandingkan langsung Batik Air dengan Garuda Indonesia😀. Sekian🙂