Wisata Pekanbaru: Pustaka Wilayah Soeman HS

Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS | Doc: Fazword

Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS | Doc: Fazword

Berkunjung ke Pekanbaru? Saya baru sekali ke kota ini dan masih sedikit kebingungan venue-venue mana saja yang harus dikunjungi. Alhasil, saya bertanya-tanya ke teman-teman saya yang asli Pekanbaru selain juga browsing di Internet, akhirnya saya simpulkan bahwa saya harus mengunjungi Pustaka/Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru. Alasannya adalah menurut referensi yang saya baca, saya pasti akan takjub melihat bangunan dan koleksi yang ditawarkan oleh PusWil ini. Okelah!

Pustaka Wilayah Soeman HS terletak di Jalan Jenderal Soedirman No.426 Kota Pekanbaru. Cukup mudah diakses karena terletak di Jalan protokol kota dan dijangkau oleh rute Trans Metro Pekanbaru. Pertama kali saya ke Perpustakaan ini, benar menurut referensi tadi, bahwa saya pasti takjub, dan memang saya takjub, bahkan sangat takjub. Perpustakaan ini menampakkan dirinya dengan sebuah kemegahan arsitektur bangunan 5 lantai. Untuk ukuran sebuah perpustakaan daerah, gedung Pustaka Soeman HS ini tergolong sangat besar. Inilah dia gedungnya.

Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS | Doc: Fazword

Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS | Doc: Fazword

Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS | Doc: Fazword

Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS | Doc: Fazword

 

Gedung Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Gedung Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Bagaimana? Megah bukan? Saya rasa teman-teman semua setuju. Di dinding-dinding gedung ini, terpahat relief-relief tentang Riau dan kehidupannya. Relief-relief tersebut menjadikan gedung ini tampak semakin megah dengan perpaduan budaya melayu.

Relief Dinding Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Relief Dinding Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Lepas dari ketakjuban bangunannya dari luar, mari kita masuk. Tujuan kita ke sini edu-vacation kan? Bukan liat-liat doang😛 Masuk ke perpustakaan, tas dan jaket harus dititipkan di tempat penitipan di ground floor. Di Lantai dasar ini terdapat arena bermain anak-anak dan bilik diskusi, sedangkan koleksi buku sendiri berada di lantai dua dan tiga, lantai empat dan lima ada ruang diskusi, conference room, hingga auditorium. Di Perpustakaan Soeman HS juga ada free WiFi connection yang termasuk kenceng (buat yang suka donlod :D) karena memang sebelumnya Pustaka Soeman HS ini dijadikan pusat pers pada pelaksanaan PON 2012 Riau. Untuk menikmati semua fasilitas tadi, pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Meja Diskusi Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Meja Diskusi Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Saya yang bertujuan mencari referensi buku IT menemukan kumpulan buku IT di lantai 2. Banyak sekali referensi di sini, jadi bingung sendiri mau pake yang mana😀 Karena koleksi bukunya sangat banyak, beberapa pengunjung juga kebingungan mencari buku tujuannya di mana. Tapi, di sinilah fungsi e-Katalog. e-Katalog disediakan di meja informasi di lantai 2 dan 3. Cukup melakukan pencarian di sana maka akan muncul ada tidaknya buku serta lokasi raknya di mana. Simple bukan😀

Galeri Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Galeri Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Koleksi Buku Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Koleksi Buku Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

 

Koleksi Buku Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Koleksi Buku Pustaka Soeman HS | Doc: Fazword

Rak Buku Lantai 2 Tampak dari Lantai 3 | Doc: Fazword

Rak Buku Lantai 2 Tampak dari Lantai 3 | Doc: Fazword

Kalo ingin meminjam koleksi di sini, teman-teman harus menjadi anggota. Silahkan ambil dan isi formulir di information center di lantai dasar. Tapi, saya kurang tau apakah yang tidak domisili Riau juga diperbolehkan atau tidak, karena dua kali di sana kemarin saya tidak bertanya😀 Yang pasti, Pustaka ini tetap terbuka untuk pengunjung dari belahan dunia manapun (lebay)😀

Tambahan review dari saya, lokasi Pustaka Soeman HS ini bersebelahan dengan komplek kantor Gubernur Riau dan dekat dengan Menara Bank Riau. Jadi, berkunjung ke Pustaka Soeman HS sekalian berkunjung ke komplek kantor Gubernur dan venue lainnya di sekitar sini.

Kantor Gubernur Riau | Doc: Fazword

Kantor Gubernur Riau | Doc: Fazword

Jadi, kalau sedang di Pekanbaru, ke Pustaka Soeman HS ya, atau baru planning mau ke Pekanbaru, langsung masukkan ya di itinerary-nya Pustaka Soeman HS.

Terima kasih

0f895-ttd

 

 

=======================================================

One thought on “Wisata Pekanbaru: Pustaka Wilayah Soeman HS

Leave a Reply

