Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Akhirnya, saya harus nulis juga tentang hal ini.  Setelah banyak teman dan keluarga yang “tercengang” bagaimana saya sering mendapatkan tiket pesawat yang murah B) (Kebetulan aja kali yah :D). To be honest, saya sebenarnya hanya lucky bisa mendapatkan tiket pesawat murah dan mungkin saya sering menjadi penumpang dengan tiket termurah se-pesawat.

Ilustrasi Tiket Pesawat | Image by: Jejakvicky

Ilustrasi Tiket Pesawat | Image by: Jejakvicky

Berburu tiket pesawat murah adalah sebuah kewajiban bagi teman-teman budget traveler. Bagaimana tidak, pembengkakan di harga tiket pesawat bisa melunturkan title sebagai budget traveler langsung saat itu. Saya sendiri tetap berprinsip traveling boleh naik pesawat, asal tiketnya lebih murah dibanding moda transportasi lain. Oke😉

Dalam memilih tiket pesawat murah, kita dapat “mengambil manfaat” dari ketatnya persaingan antar maskapai Low Cost Carrier (LCC) saat ini di Indonesia. Di Indonesia sendiri, setau saya maskapai LCC antara lain Citilink, Indonesia AirAsia, Lion Air & Wings Air dan Tigerair Mandala. Ke-lima maskapai di atas adalah para pelaku utama persaingan hebat dunia penerbangan low-cost Indonesia. Bagaimana dengan maskapai Full Service Carrier (FSC)? Tetap tidak menutup kemungkinan bahwa maskapai FSC bisa menawarkan harga tiket lebih murah dibandingkan maskapai LCC. Loh? Iya benar. Saya sendiri beberapa kali mendapatkan tiket lebih murah di maskapai Garuda Indonesia dan Batik Air jika dibandingkan maskapai Low-Cost, seperti yang akan saya terbangi mudik lebaran ini yaitu Batik Air dan Garuda Indonesia. Keduanya menawarkan tiket jauh lebih murah dibanding maskapai lain, seperti Batik Air PKU-CGK 790K dan Garuda CGK-LOP hanya 690K  (No sensor, tapi bukan iklan yah😛 ). Maskapai FSC di Indonesia antara lain Garuda Indonesia, Batik Air, sementara maskapai lainnya seperti Sriwijaya Air, Nam Air dan Merpati Nusantara Airlines saya tidak bisa definisikan termasuk ke yang mana hehe😀 . Yang tidak termasuk LCC maupun FSC namanya Hybrid Airline ya😀 Seperti Malindo Air di Malaysia.

Selain “memanfaatkan persaingan” antar maskapai di atas, ada beberapa hal yang perlu teman-teman traveler lakukan agar bisa lebih mudah mendapatkan harga tiket pesawat murah. Berikut ini di antaranya yang saya lakukan:

Rajin-rajin cek harga tiket. Ini simple saja, tinggal cek website masing-masing maskapai lalu bandingkan tarifnya. Tetapkan parameter harga murah menurut teman-teman sendiri, lalu bandingkan. Cara lainnya coba gunakan software-software pencari harga tiket seperti utiket com dan tiket2 com. Cek ketersediaan harga promo melalui software-software tersebut.

Mendaftar/Subscribe newsletter Maskapai. Nah yang satu ini lebih simple lagi dibanding cara nomor 1. Cukup subscribe neweletter di setiap maskapai dengan e-mail. Maka nanti maskapai sendiri lah yang akan menginfokan kepada kita tentang program-program promo melalui e-mail. Sekarang sedang booming-booming nya penyebaran promo via e-mail (selain socmed). Saya sendiri sudah berlangganan newsletter maskapai AirAsia, Tigerair Mandala, Garuda Indonesia dan Lion Air. Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan, yang paling utama adalah peluang menjadi yang pertama mengetahui adanya promo tiket. Jadi, bisa menang perburuan tiket murah😀 Seperti di bawah ini. Saya baru saja mendapatkan e-mail dari AirAsia mengenai promo flight ke Singapore Rp 0. Dan akhirnya saya menemukan tiket return ini.

AirAsia Rp0 BDO-SIN-BDO | Fazword

AirAsia Rp 0 BDO-SIN-BDO | Fazword

Ikuti terus akun socmed maskapai-maskapai. Hampir seluruh maskapai Indonesia saya Follow twitternya atau like Fanpagenya di facebook. Marketing melalui socmed juga sudah mulai menjangkiti dunia penerbangan. Banyak maskapai yang menginfokan promo, program dan rute baru melalui social media. Jadilah yang pertama tahu.

Cari rute penerbangan Alternatif. Cara ini adalah salah satu strategi saya jika sudah melihat harga tiket pedes di mata (baca: mahal). Inilah saatnya mencari rute alternatif. Transit pun tidak apa. Siapa bilang transit melelahkan? Padahal sebenarnya menguntungkan looh.. Bisa berkunjung ke kota lain sekalian. Nama lainnya Sambil menyelam minum air. Siapa tau kan tarif kota asal ke kota transit + tarif kota transit ke kota tujuan lebih murah dibanding penerbangan langsung. Kok bisa? Bisa dong. Logikanya begini, penerbangan ke kota transit bisa saja kita gunakan maskapai low cost yang sedang promo, kemudian penerbangan lanjutannya dengan maskapai yang sedang promo juga. Intinya adalah, tarif bisa lebih murah dibandingkan dengan yang langsung.

Ambil jadwal traveling yang fleksibel. Hal ini untuk mengantisipasi sedang naiknya tarif pesawat di suatu masa, misal saat peak season seperti lebaran, natal, libur sekolah, dll. Kalo kita sudah fleksibel, tidak akan terganggu dengan adanya peak season. Sekalinya ada tiket murah di suatu masa, fix, langsung reservasi.

Jadikan kota tujuan Anda fleksibel. Seperti saya, misal ketika saya akan pulang ke Lombok. Jika harga tiket ke Lombok sedang mahal amat, bisa saja saya alihkan kota tujuan saya dengan terbang ke Bali atau Surabaya. Kemudian saya lanjutkan perjalanan darat ngeteng ke Lombok agar hemat😀

Siapkan alat pembayaran tiket maskapai. Tidak semua maskapai memiliki fleksibilitas dalam pembayaran tiket pesawatnya. Bahkan ada juga yang hanya menerima pembayaran melalui credit card ataupun klik pay. Jika pada umumnya kita memiliki kartu ATM, tapi faktanya adalah tidak semua maskapai menerima pembayaran melalui ATM, atau jika ada tidak semua bank bisa diterima. Jadi, siap siaga selalu dengan alat pembayaran. Poin ini bukannya saya mengharuskan kita memiliki semua media pembayaran dari semua bank, bisa saja kita mengandalkan bantuan teman yang memiliki alat pembayaran tertentu. Seperti saya, misal membeli di salah satu maskapai low cost terbesar Asean, saya selalu meminta tolong teman saya untuk membayarkan melalui alat pembayaran yang dia punya, karena kebetulan saya tidak punya😀 Kemudian saya ganti uangnya.

Dari tujuh cara di atas, saya paling sering berhasil mendapatkan tiket murah dengan cara ke 1, 2 dan 3😀 Kamu? Punya cara masing-masing pasti ya🙂

0a1a6-dsc_0253Sekian dulu tips berburu tiket pesawat murah dari Fazword. Selamat mencoba😀

Terima kasih

0264d-ttd

========================================================

One thought on “Tips Berburu Tiket Pesawat Murah

Leave a Reply

