Nasi Balap Puyung : Kuliner Khas Lombok

https://faztravelog.files.wordpress.com/2013/07/0c52a-nasi-balap-puyung.jpg
Doc: Hot and Spicy Flavour Blog

Nasi Balap? Nasinya balapan? kayak Valentino Rossi? Atau balapan kayak Lewis Hamilton? Bukan sob😀 Nasi Balap ini adalah nama salah satu kuliner khas pulau Lombok yang terkenal itu😀 Ciri khasnya kuliner ini sangat terkenal karena rasanya yang pedas, ditambah sambal ayam pedas, dan ayam kriuknya yang super pedas. All pedas inside! Biar gak pusing dan salah kaprah, mari kita bahas di sini.

1. Sejarah Nasi Balap

Menurut beberapa sumber yang saya baca (di internet), sejarah Nasi Balap itu kurang lebih seperti ini:

Asal mula makanan ini pada tahun 1970an, Inaq Esun memulai membuat makanan khas yang berisi Nasi Putih, Ayam Pelecingan, Ayam Kering dan Kacang Kedele. Pertama kali Inaq Esun menjualnya di Pasar Kebon Roek (Mataram) dengan sistem barter, yaitu menukar makanan buatan Inaq Esun dengan kebutuhan lainnya.

Barulah sejak tahun 1990an diberi nama Nasi Balap Puyung. Menurut beberapa artikel yangs aya baca, asal usul nama Nasi Balap ini adalah, salah satu cucu Inaq Esun yang merupakan pembalap lokal sering memenangi perlombaan balapan, dan setiap menang dia mentraktir teman-temannya untuk makan di warung kecil milik neneknya ini. Kemudian tercetuslah nama “Nasi Balap Puyung“.

Oleh karena itu pula, kuliner ini disebut juga “Nasi Balap Puyung Cap Inaq Esun

Logo Nasi Balap Cap Inaq Esun

Dalam perkembangannya, kini banyak Rumah Makan di Pulau Lombok yang memberi nama Nasi Balap Puyung / Nasi Puyung. Namun aslinya masih tetap seperti dulu, yaitu terletak di Desa Puyung, Dusun Lingkung Daye, kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah di kediaman Inaq Esun sekeluarga sendiri. Selain itu, ada cabang-cabang yang saya boleh bilang resmi karena rasanya memang mirip dengan yang di Puyung (kata lidah saya, rasa memang nggak bisa bohong :D) diantaranya yaitu di :

1. Jl. Sriwijaya No. 80, Mataram
2. Komplek Ruko Senggigi Plaza, Senggigi, Kab. Lombok Barat
3. Komplek pertokoan sebelah timur Masjid Agung Kota Praya.
4. Fajar Cafe, Kauman, Praya
5. Pertigaan Bendungan Batujai, Gelondong, Praya ada kaki lima yang menjual
6. Tanah Awu, keluar dari Gerbang utama Bandara Internasional Lombok banyak rumah makan yang menyediakan Nasi Balap, dll.

Nah, ini ada foto di dapur di Rumah Makan Nasi Balap di Puyung (pusat😀 )

https://i1.wp.com/farm9.staticflickr.com/8141/7669195752_8aea970bef.jpg

Nasi Balap Puyung | Doc: Explore Lombok Blog

2. Terus, Bagaimana Rasa Nasi Balap?

Seringnya saya makan kuliner yg satu ini bikin saya hafal dan faham betul cita rasanya. Maklum, saya kan orang Lombok😀
Langsung aja sob, rasanya itu PEDAS DASS DASS !
Kata temen saya sih, sebelum makan rasanya pengen cepat-cepat nyicip, pas pertengahan makan langsung nyesel gara – gara pedesnya (tp tetep aja ngabisin😀 ), tapi pas selesai makan, langsung pengen tambah. Terbayang sob? Yang jual juga biasanya ngerti sob kalo masakan ini pedas, makanya Nasi Balap ini selalu ditambahin Kedelai Goreng sebagai pengurang rasa Pedas.
O ya, hati hati sob dijamin “penantang” nasi balap akan ngabisin satu roll tissue rumah makan karena keringet ngalir ditambah ing*s #Oops😛
Tertantang Sob???

3. Berapa Harga Nasi Balap Puyung?

Terakhir saya makan Nasi Balap Puyung pada awal Februari lalu, waktu itu di Rumah Makan Nasi Puyung di Puyung rumah Inaq Esun. Satu porsi Nasi Balap waktu itu harganya Rp10.000 sudah sangat puas. Saya kurang tau harga saat ini (Juli), tapi saya yakin tidak akan jauh berbeda. Harga 10rb cukup murah kan untuk kenikmatan sebuah kuliner khas pulau Lombok? Tergantung opini teman-teman🙂

Nasi Balap Puyung

Sudah jelas kan mengenai Nasi Balap Puyung? Tidak lagi menyangkanya nasi yang balapan di atas piring😀 Oleh karena itulah, saya sangat menyarankan teman-teman traveler untuk mencoba kuliner yang satu ini ketika ngetrip di Lombok. Kalo saya boleh bilang sih rugi besar kalo tidak nyoba😀 Kabarnya sekarang sudah banyak lokasi penjualan Nasi Balap ini, seiring semakin ramenya pariwisata Lombok. Kemajuan!

Untuk melihat testimoni dari teman-teman traveler yang pernah nyoba, silahkan teman-teman baca di trit Kaskus saya khusus mengenai Nasi Balap Puyung ini di sini.

Berikut saya tambahkan penampakan menggiurkan dari Nasi Balap Puyung ini dari berbagai sumber di internet (karena saya memang tidak punya self-documentation Nasi Balap😀 )

https://faztravelog.files.wordpress.com/2013/07/2f440-dsc03768.jpg

Nasi Balap Puyung | Doc: rona-nauli.blogspot.com

https://i2.wp.com/static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/nasi-balap-khas-lombok-_130530184008-175.JPG

Nasi Balap Puyung | Doc: Republika

Nah, sekian dulu review singkat saya mengenai Nasi Balap Puyung ini, semoga berhasil membuat teman-teman traveler “menelan ludah” dan langsung mencatatnya sebagai WAJIB saat ke Lombok😀😛

Terima kasih untuk rekan-rekan bloger dan traveler yang fotonya saya gunakan di sini (maklum saya bukan tipe yang suka foto dulu sebelum makan😛 ) Semua foto sudah saya cantumkan sumbernya🙂

Terima kasih

Salam

0f094-ttd

========================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s