Batik Air ID6850 Jakarta – Pekanbaru: Pengalaman Pertama Batik Air

Sabtu, 22 Juni 2013

Fly Batik Air | Doc: Fazword

Hari ini, Sabtu 22 Juni 2013 saya memiliki jadwal terbang kembali, kali ini ke Pekanbaru. Looh, bukan ke Lombok? Ya, kali ini saya tidak langsung pulang ke Lombok, melainkan berkelana dulu ke Pekanbaru untuk melaksanakan kerja praktik selama 1,5 bulan ke depan. Penerbangan ini adalah pertama kalinya saya menggunakan service maskapai baru, Batik Air. Ceritanya lagi penasaran sama pelayanannya yang disebut-sebut bersaing dengan Garuda😀

Tiket penerbangan saya kali ini bisa dibilang murah (mungkin paling murah se-pesawat😛 ) untuk sebuah maskapai full service dengan durasi flight lebih dari 1,5 jam. Saya dapat promo 590rb saja😀 untuk rute Jakarta – Pekanbaru.

Flight Details:

Flight Number: ID6850

Origin: Jakarta, Soekarno Hatta International Airport (CGK)

Destination: Pekanbaru, Sultan Syarif Kasim II International Airport (PKU)

Fleet: Boeing 737-900 ER PK-LBM

Date: Saturday, 22 June 2013

Takeoff: 4.55 PM (Scheduled)

Landing: 6.35 PM (Scheduled)

Altitude: 32000 feet above sea level

Seat: 6F

My Boarding Pass | Self Documentation

Perjalanan tentu saja saya mulai dari Bandung menuju ke Bandara Soekarno-Hatta dengan bis Primajasa. Perjalanan darat kurang lebih selama 3,5 jam dan saya sampai di Terminal 3 tempat Batik Air sekitar jam 1.30 siang. Langsung check-in, serahkan koper biar bawaan ringan, ibadah, dan selanjutnya eksplor T3 Soetta😀 Penerbangan saya yang nanti jam 4.55 sore masih kurang lebih dua jam lagi, waktu yang tidak lama untuk menghabiskan kenyamanan ruang tunggu T3.

Waiting Room T3 Soekarno-Hatta | Doc: Fazword

Di Waiting Room T3 Soekarno-Hatta, kita dapat menikmati layanan free WiFi dan kenyamanan sebuah Ec0-friendly Waiting Room tentunya😀 Jadi, waktu 2 jam terasa singkat dan sekitar pukul 4.25 panggilan boarding penumpang ID6850 Batik Air diumumkan. Baiklah, bismillah. My first experience to fly with Batik Air🙂 Penerbangan kali ini akan menggunakan service Boeing 737-900ER PK-LBM. Salah satu dari empat pesawat yang dimiliki Batik Air saat ini. Oh ya, ketika masih di ruang tunggu, saya mengecek flightradar24.com dan tau bahwa si PK-LBM baru saja mendarat di Soekarno-Hatta dari Sepinggan Airport, Balikpapan.

Pesawat Batik Air | Doc: Fazword

PK-LBM Batik Air | Doc: Fazword

Boarding berlangsung normal, disambut dengan senyum🙂 khas Pramugari berkebaya putih😉 dan keramahan interior Batik Air yang lebih lega. Seat saya yang ada di row depan membuat saya tidak banyak melihat sampai ke belakang. Tapi cukup terlihat seperti full house di penerbangan kali ini.

Sekitar pukul 4.50 pesawat push back kemudian taxiing mengikuti antrian di CGK sore itu. Antriannya panjang coy😀 Macet kayak di jalan tol. Kurang lebih ada delapan pesawat di belakang pesawat kami. Bayangkan!

Antrian Soekarno-Hatta | Doc: Fazword

Kurang lebih pukul 5 sore, pesawat Take-off dari runway 7L kemudian berbelok dan cruising ke arah barat, kemudian maintain altitude 32000 kaki di atas permukaan laut. Selama penerbangan, sangat banyak hal yang bisa dieksplor dari maskapai baru ini. Terutama saya yang penasaran dengan pelayanan full service-nya😀, sekalian mau dibandingin dengan experience saya terbang dengan Garuda Indonesia. Ada inflight magazine, inflight entertainment berupa AVOD, ada inflight meals dan tentu saja seat pitch yang lega 32″ di kelas ekonomi.

Inflight Entertainment Batik Air | Doc: Fazword

Inflight Meals Batik Air | Doc: Fazword

Seat Pitch 32" Batik Air | Doc: Fazword

Seat Pitch 32″ Batik Air | Doc: Fazword

Selama penerbangan ini, saya eksplor semua terutama koleksi di inflight entertainment-nya. Film, game, musik, sampe pengetahuan umum destinasi-destinasi utama di Indonesia (ada Lombok bro😀 ). Saya sempatkan diri menonton Film dunia percintaan Cina haha😀 sambil menikmati meals yang disediakan. Sebagai penutup, semua penumpang dibagikan a cup of ice cream (ˆڡˆ). Belum habis ice cream saya, di AVOD muncul pemberitahuan bahwa 15 menit lagi layar akan dimatikan karena kita segera mendarat. Wow, cepat banget? –” Atau saya yang tidak sadar lamanya penerbangan ini –“. Sebelum benar-benar akan mendarat, saya mengabadikan satu momen indah di udara berikut:

Fly Batik Air | Doc: Fazword

Sekitar pukul 6.30 petang itu, pesawat telah touch down Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru. Untung saja kabut asap yang melanda Pekanbaru waktu itu sedang tidak parah sehingga tidak mengganggu visibility untuk kepentingan penerbangan (kalo terganggu, bisa saja berkunjung ke Medan atau Batam :D). Pesawat landing dengan normal, nyaman kemudian taxiing ke apron dan parkir tepat disamping pesawat GIA si PK-GFF (take-off lebih dulu dari PK-LBM tadi di Soetta).

Dan seperti biasa, saya turun paling akhir dari pesawat. Ya you know lah, biar bisa sapa-sapa mbak mugari😉😛 … Becanda.. bukan untuk itu, melainkan saya ingin mengambil gambar interior Batik Air. Sky interior coy🙂 Salah satu andalan maskapai-maskapai untuk menjaga mood penumpang selama penerbangan.

Sky Interior Batik Air | Doc: Fazword

Setelah misi Sky Interior berhasil, yuk ah turun dari pesawat. Kali ini benar-benar nyapa mbak mugari🙂 Tapi memang inilah prosedur standar antara penumpang dengan awak penerbangan. Iya kan? Keramahan menjadi salah satu nilai vital dari suatu maskapai, and Batik Air has it!🙂

Penerbangan yang nyaman dan aman meninggalkan kesan puas bagi first-timer seperti saya. Dan taukah sodara bahwa tanggal 4 Agustus nanti saya akan terbang dengan Batik Air lagi :O Yes, kesempatan untuk bertemu kembali dengan keluarga Batik Air. See you on 4 August, Batik Air! Terima kasih untuk penerbangan kali ini.

Tiba di PKU, saya langsung ke bagage-claim dan mengamati sebentar terminal kedatangan bandara ini. Lumayan bagus. Eco-friendly building.

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II |Doc: Fazword

Bagage-Claim Area Bandara SSK II | Doc: Fazword

Okelah, sekian catatan pengalaman terbang dengan Batik Air saya. Jemputan saya sudah tiba, kini saatnya memasuki kota Pekanbaru. Tanah Sumatera pertama yang saya tapaki. Selamat datang di Pekanbaru. A Milestone!

Salamdb275-ttd

========================================================

2 thoughts on “Batik Air ID6850 Jakarta – Pekanbaru: Pengalaman Pertama Batik Air