Lion Air JT659 Lombok – Jakarta

Lion Air B737-9ER at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Lion Air B737-9GPER at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Penerbangan kali ini sebenarnya bukan penerbangan yang sudah saya rencanakan sebelumnya. Hari ini Rabu, 13 Februari 2013 saya terbang dengan Lion Air dari Lombok ke Jakarta. Penerbangan saya yang sebenarnya adalah hari 3 hari berikutnya dengan Garuda Indonesia, akan tetapi saya batalkan karena saya sudah mendapatkan panggilan kembali ke kampus sehari sebelumnya. Jadilah saya “menghanguskan” tiket Garuda Indonesia (promo sih :D) yang tidak bisa di-refund dan lupa saya re-schedule😀

Begini ceritanya, waktu itu Selasa pagi saya ditelpon dari kampus mengatakan bahwa saya sudah harus ke kampus pada Kamis pagi karena ada urusan maha penting. Galau? Of course, karena memang sebelumnya saya sudah memiliki tiket penerbangan di hari Sabtu. Tapi, dengan pertimbangan matang ditambah dukungan sanak keluarga, jadilah saya memutuskan berangkat. Selasa, maghrib saya coba cek harga tiket penerbangan untuk besok. Dugaan awal saya pasti super mahal. But, a surprise! Saya mendapatkan tiket termurah di Lion Air dengan tarif 610rb. Cukup murah jika dibandingkan dengan tiket ekonomi normalnya 748rb. Baiklah! Hanguskan tiket Garuda dan beli tiket Lion Air ini. (Kenapa saya tidak re-schedule? Itu ada ceritanya, agak konyol gan, saya malu kalau dishare di sini hehehe :D) Jadilah saya memiliki tiket Lombok – Jakarta untuk esok sore.

Rabu, sore sekitar jam 4 saya sudah meninggalkan rumah. Penerbangan saya yang jam 17.55 tidak terlalu saya khawatirkan karena jarak rumah dan bandara yang dekat😀 Sesampai di Bandara, langsung check-in, drop bagasi, lalu keluar kembali. Males nunggu di ruang tunggu, biasanya jam segitu suka penuh. Toh, pesawat Lion dari Jakarta yang akan menerbangkan saya kembali nanti belum mendarat. Sekitar jam 17.10 mendaratlah sebuah pesawat Boeing 737-900 ER milik Lion Air di Bandara Internasional Lombok. Sip! Mari masuk ke ruang tunggu. Benar saja, ruang tunggu waktu itu penuh. Di apron, berjejer pesawat-pesawat yang siap terbang kembali, mungkin inilah jam sibuk di BIL.

Sekitar pukul 17.35, saya belum sempat duduk, terdengar panggilan boarding penumpang Lion Air JT659 tujuan Jakarta. Yuk mari, kita boarding. Seat saya yang berada di segmen belakang membuat saya diarahkan naik pesawat melalui pintu belakang. So? Saya turun ke apron. Sebuah keuntungan untuk yang suka spotting pesawat.

Flight Details:

Flight Number: JT659

Origin: Lombok International Airport (LOP)

Destination: Jakarta, Soekarno Hatta International Airport (CGK)

Fleet: Boeing 737-900 ER PK-LFI

Date: Wednesday, 13 February 2013

Takeoff: 5.55 PM (Scheduled)

Landing: 6.50 PM (Scheduled)

Seat: 27F

Citilink A320 at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Citilink A320 at Lombok International Airport | Doc: Fazword

Wings Air ATR72-500 | Doc: Fazword

Wings Air ATR72-500 | Doc: Fazword

Tail View, Wings Air & Citilink | Doc: Fazword

Tail View, Wings Air & Citilink | Doc: Fazword

Batavia Air PK-YVL (after bancrupty) and Trans Nusa Fokker-28 | Doc: Fazword

Batavia Air PK-YVL (after bancrupty) and Trans Nusa Fokker-50 | Doc: Fazword

Jet View Lion Air PK-LFI B737-9GPER | Doc: Fazword

Jet View Lion Air PK-LFI B737-9GPER | Doc: Fazword

Do you guys know that, this flight was exactly ontime as shown in schedule and my watch🙂 Semoga konsisten ya JT🙂 Takeoff dari runway 13, pesawat kemudian climbing ke arah timur, tepat diujung pantai Kuta kemudian berputar ke arah barat dan, here we come Jakarta! Karena penerbangan kami ke arah barat, sore hari, habis hujan, jadilah semakin ke barat, semakin indah ciptaan Tuhan yang tampak. Foto? Of course!

Wing View of JT659 |Doc: Fazword

Wing View of JT659 |Doc: Fazword

Wing View of JT659 | Doc: Fazword

Wing View of JT659 | Doc: Fazword

Pukul 18.50 pesawat telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang. Kemudian masuk ke taxy way dan mejeng kembali di Terminal 1A. Selamat datang di Jakarta.

Arrive at Jakarta Airport | Doc: Fazword

Arrive at Jakarta Airport | Doc: Fazword

Lion Air, the King of T1A Soetta | Doc: Fazword

Lion Air, the King of T1A Soetta | Doc: Fazword

Turun di apron, saya langsung masuk ke terminal dan mengambil bagasi. Kali ini cukup buru-buru, khawatir sampai di Bandung dini hari karena besok pagi sekali saya sudah harus di kampus. Dari Soekarno-Hatta ke Bandung saya naik bis Primajasa. Sekian catatan perjalanan saya kali ini. Overall, penerbangan kali ini sangat nyaman, almost exactly ontime, dan nice flight capt. Mochamad Sudjo.

Selain foto, saya juga mendokumentasikan penerbangan ini dalam bentuk video, Lion Air JT659 Lombok – Jakarta berikut:

Terima kasih

Lebih Interaktif di Twitter: @Fazword

51dc4-ttd

========================================================

Leave a Reply

