Bangkok Day 4: Pratunam Market, KBRI Bangkok, Jersey Thailand

Bangkok Day 4, 5 April 2013

Hari ini, hari ke-empat sekaligus hari terakhir kami di Bangkok😦 Tidak terasa sudah akan berakhir nih My Bangkok Journey.

Sesuai judul tulisan ini, hari ini adalah hari beli oleh-oleh Bangkok, seperti sudah direncanakan akan full dengan beli oleh-oleh.. Yeeyy😀 Pagi sekali sudah siap di meja makan hotel, sarapan puas-puas, lalu mandi dan siap-siap cuss… Sekitar jam 8an pagi kami sudah siap meluncur. Kali ini, kami kembali split menjadi dua grup dengan tujuan berbeda. Tujuan saya dan pengikut (peace😀😛 ) adalah ke Pratunam Market, sedangkan grup yang satu lagi ke MBK. Di depan hotel kami berpisah. Belanja oleh-oleh di Pratunam Market😀

Petchburi Road Pagi Itu | Doc: Fazword

Petchburi Road Pagi Itu | Doc: Fazword

Pratunam Market mudah diakses melalui Petchburi Road, dekat dengan KBRI Bangkok, Pantip Plaza, Platinum Mall juga hotel kami, Residence Hotel. Jadi kami ke sana hanya jalan kaki menikmati suasana Bangkok pagi itu. Oh ya, ini adalah nilai plus kami yang ke Pratunam Market, karena kami punya kesempatan mampir dulu di KBRI Bangkok. Sampai di depan KBRI, kami minta izin ke satpam KBRI. Kantor KBRI waktu itu sudah buka, kami kemudian disuruh satpam ke seorang pegawai di ruang dekat gerbang. Langsung saja saya, “Excuse me Sir, may We come in and take photos there?” sambil nunjukin taman depan KBRI. Pertama Bapak itu melihat dulu penampilan kami, karena kebanyakan menggunakan celana pendek + sendal😀 akhirnya sebagian besar dari kami ditolak. Kata beliau yang boleh masuk adalah yang pake sepatu dan celana panjang (rapi brooh). So, hanya saya dan beberapa teman yang boleh masuk (anak baik😀 ) . Saya coba membujuk Bapak itu (please pak🙂 ), minta supaya semuanya diizinkan, sampai akhirnya si Bapak pun luluh dan izin kami kantongi… Yeyy.. “Okey, take photos there” Katanya. “Thank you very much sir.”

KBRI Bangkok | Doc: Fazword & Friends

KBRI Bangkok | Doc: Fazword & Friends

Foto di halaman depan KBRI Bangkok | Doc: Fazword & Friends

Foto di halaman depan KBRI Bangkok | Doc: Fazword & Friends

Wisma Indonesia | Doc: Fazword

Wisma Indonesia | Doc: Fazword

Selesai sudah babak narsis depan taman KBRI. Bermaksud berpamitan dan mengucapkan terima kasih ke Bapak itu, surprisingly beliau menjawab kami “Sama-sama, hati-hati ya. Mau kemana kalian?” Looh?! Ternyata beliau orang Indonesia juga😀. Jadi malu sudah sok-sok-an bahasa linggis campur thai belepotan wkwkwkkw. Padahal Bapak tadi pake Batik looh, seragam hari Jumat. “Kami mau ke Pratunam Market Pak🙂 “. “Oke, hati-hati ya. Itu tas taruh di depan biar aman” Kata beliau kemudian. “Oke pak, terima kasih banyak, maaf tadi saya nggak tau kalo Bapak orang Indonesia juga😀 *malu ” Kemudian kami berpamitan dan keluar lingkungan kantor KBRI sambil tertawa malu😀 (Sampe ketemu suatu saat nanti pak, maaf kemarin lupa kenalan😀 )

To Pratunam Market | Doc: Fazword & Friends

To Pratunam Market | Doc: Fazword & Friends

To Pratunam | Doc: Fazword & Friends

To Pratunam | Doc: Fazword & Friends

Lanjut perjalanan, ke Pratunam Market kurang lebih 100an meter lagi di seberang Pantip Plaza dan Platinum Mall. Nyebrang jembatan penyebrangan di depan Pantip Plaza, jalan dikit then…. Welcome to Pratunam Market😀 Masih belum jam 10 sih, tapi sudah banyak kios yang buka dan pengunjung juga sudah mulai ramai. Inilah salah satu spot dari Bangkok’s Crazy Shopping District. Banyak orang Indonesia yang sudah ke sini, dan banyak pula yang merekomendasikan tempat ini untuk kita yang mau membeli oleh-oleh/kenang-kenangan Bangkok. Very recommended!!

Pantip Plaza | Doc: Fazword

Pantip Plaza | Doc: Fazword

Platinum Fashion Mall | Doc: Fazword

Platinum Fashion Mall | Doc: Fazword

Kami 10 orang ke Pratunam Market, 7 di antaranya adalah cewek. So, you know lah bagaimana sesi belanja kali ini dikendalikan mereka cewek-cewek😛 (peace girls😉 ). Sebelumnya, tadi saat meninggalkan hotel tadi, kami semua sepakat untuk kembali ke hotel jam 3 sore karena sekitar jam 5 sore nanti kami sudah harus check out hotel. Jadi, kami memiliki waktu maksimal belanja sekitar 5 jam. Lama ya😀 Pertama, baru saja memasuki soi ke Pratunam Market, ada sebuah toko yang baru saja buka. Cewek-cewek stop di situ😀 There are so many stuffs there, Bangkok’s authentic stuffs, dan yang kesan-kesan ancient. Beli tas, dan saya juga akhirnya beli tas di situ untuk cewek-cewek di rumah😀 Harga? Sesuai cerita banyak pelancong Pratunam sebelumnya, memang murah-murah yah jika dibandingkan dengan harga stuff seperti itu di Indonesia. Harga tas tadi hanya 90 THB (+- 30rb rupiah). Yes, satu jenis oleh-oleh sudah dibeli. Cerita selanjutnya tentang oleh-oleh yang saya beli saja ya😀

Pratunam Market | Doc: Fazword

Pratunam Market | Doc: Fazword

Pratunam Market | Doc: Fazword

Pratunam Market | Doc: Fazword

Saya sudah merencanakan oleh-oleh untuk yang di rumah, kampus, dan kosan. Rinciannya: tas, kaos thailand (sepertinya ini wajib banget –“), souvenir, dan satu lagi makanan yang jadi khas di Thailand. Kalo dipikir-pikir, memang seperti itulah yang normalnya seseorang beli kalo sedang berkunjung ke daerah lain. Sesuatu yang khas. Tas sudah saya beli tadi, lanjut yang lainnya. Kami melangkah lebih dalam, terkadang ada yang berhenti di kios ini, itu, sedangkan saya dan ada teman jalan terus sampai kami menemukan sebuah kios di soi itu yang menjual kaos thailand, dan souvenir (gantungan kunci coy😀 ). Stop! You must enter and see! Di situlah saya membeli kaos thailand untuk saya, looh?!😀 dan yang di rumah juga😀 . Selain itu di sini saya juga membeli souvenir (Gantungan Kunci). Tiga oleh-oleh sudah dibeli, uang masih lumayan menjanjikan😀

Pratunam Market | Doc: Fazword

Pratunam Market | Doc: Fazword

Lanjut jalan lagi, ini masih di soi itu looh, belum masuk ke dalam Pratunam Marketnya. Kembali kami stop di sebuah shop, yang sepertinya menjual lebih lengkap oleh-oleh yang saya cari. Souvenir, makanan, kaos, tas ada di sini. Semua yang saya rencanakan memang. Tapi karena sudah ada yang dibeli di kios-kios sebelumnya, di sini saya membeli yang belum dan nambah yang sudah ada (karena budget masih hijau😀 ) Namanya Muk Shop di Pratunam Market. Recommended Pratunam Market Shop, Muk Shop (versi saya).Ini nih sangat saya rekomendasikan karena lengkap dan harga lebih bersahabat. Kata yang punya shop, dia banyak teman orang Indonesia dan Filipina, dia tahu bahwa orang Indonesia banyak belanja ke Bangkok. So, Mam (saya memanggilnya) banyak memberikan kami “keringanan” belanja di situ. Saya sendiri diberi bonus a cup of snack! Khap khun krap mam hehehe😀 Di Muk Shop, saya membeli snack, tambahan tas, dan hiasan dinding bertema Traditional Siam.

Muk Shop Pratunam | Doc: Fazword

Muk Shop Pratunam | Doc: Fazword

Muk Shop at Pratunam Market | Doc: Fazword

Muk Shop at Pratunam Market | Doc: Fazword

Di depan Muk Shop, saya nemu koran bahasa Thailand nih😀 Pura-pura baca koran, padahal apalah bacaannya hahaha

Thai Newspaper | Doc: Fazword

Thai Newspaper | Doc: Fazword

So, semua oleh-oleh saya sudah terbeli. Kurang lebih jam 1.30 kami masih berkeliling. Karena ngebet banget pada mau cari jersey Thailand, kami bertanya sana-sini dimana tempat jual jersey di pratunam.

Inside Pratunam Market | Doc: Fazword

Kebanyakan menunjuk ke Baiyoke Market di ujung Soi. Akhirnya kami ke sana. Dan tahukah kalian bahwa Baiyoke Tower yang ada di situ adalah The Tallest Building in Bangkok. Masuk ke sana, kami sedikit kecewa karena itu bukanlah jenis jersey yang kami cari, kualitas kainnya berbeda. Akhirnya, kami sepakat tidak mencari di situ lagi, mending cari makan, udah lapar nih😀. Karena kami tidak tahu dimana makanan halal di situ, akhirnya kami ke fast food yang ada di pinggir Petchburi Road seberang Pantip Plaza. (Pesan menu yang bersayur aja😀 )

Baiyoke Tower | Doc: Fazword

Baiyoke Tower | Doc: Fazword

Depan Platinum Mall | Doc: Fazword

Depan Platinum Mall | Doc: Fazword

Hampir jam 2 siang, so 1 hour left for us. Satu jam ini kami paksakan ke Supachalasai National Stadium untuk membeli jersey Thailand di Soi yang diberitahu satpam stadion saat kami ke sana malam sebelumnya. Ke sana kami naik Taksi, oh ya sebelumnya kami split menjadi dua grup lagi, satu grup ke MBK untuk menukarkan kupon promo kaos MBK. (Lumayan, gratis coy :D) Sampai di depan Soi yang ditunjukkan satpam, Binggo! Benar, di situ memang full tempat jualan jersey Thailand semua. Kalo saya tidak salah, Soi nomor 10 di sebelah barat National Stadium. Dari ujung ke ujung, kiri-kanan soi tersebut penuh dengan toko jersey. Ya, inilah pusat jersey Thailand itu😀 Kami berlima yang ke National Stadium langsung mencari jersey buruan, karena memang sudah dikejar waktu. Saya sendiri tidak terlalu sibuk mencari jersey karena sudah membeli jersey di MBK dua hari sebelumnya. Harga jersey di sini bervariasi, paling murah 80-100 Baht yang ada di luar toko diletakkan dalam sebuah keranjang. Kalo dilihat-lihat sih itu barang yang sudah lama tidak laku, ada cacat sablon, pokoknya ada kurangnya. Tapi kalo teliti, bisa kok dapat jersey yang masih bagus di situ. Kalo sudah masuk ke toko, harganya antara 300-400 Baht. Masih lumayan murah sih, kalo dikonversi ke Rupiah itu antara 95rb – 110rb. Jersey yang tersedia dari jersey klub lokal Thailand sampai klub internasional, jersey timnas Thailand sampai timnas Indonesia juga ada. Complete!

Soi 10 Jersey Shop | Doc: Fazword

Soi 10 Jersey Shop | Doc: Fazword

Supachalasai Stadium Jersey Shop | Doc: Fazword

Supachalasai Stadium Jersey Shop | Doc: Fazword

Soi 10 Jersey Shop | Doc: Fazword

Soi 10 Jersey Shop | Doc: Fazword

Sampai jam 3, perburuan jerseynya masih belum selesai juga. Fix! Kami terlambat kembali ke hotel. Sekitar jam 3.15, barulah selesai dan sudah buru-buru cari taksi. Saya sendiri di tengah buru-buru akhirnya membeli jersey timnas Polandia dengan untuk dijadikan sample dan kenang-kenangan dengan Soi itu. Mungkin suatu saat nanti saya kembali ke Bangkok😀

Kembali ke hotel, buru-buru langsung ke kamar. Ternyata, tidak ada orang. Pintu terkunci. Panik? Tentu saja, masa sih sudah ditinggalin ke Airport😦 . Saya turun ke lobi nanya Resepsionis, katanya belum ada yang kembali. Eh? Jadi, kami kembali paling awal -_- Untungnya mbak resepsionis baik dan memberikan saya kunci kamar (kunci cadangan), jadi tidak gelandangan di depan pintu😀

Residence Hotel Bangkok Lobby | Doc: Fazword

Residence Hotel Bangkok Lobby | Doc: Fazword

Hampir jam 4 sore, barulah mereka kembali -_- Darimana saja kalian -_- Tapi, bukan masalah ya, semua nampak ceria karena oleh-oleh sudah dibeli. Selanjutnya adalah persiapan pulang.

Saya merasa hari itu singkat sekali, dan sebentar lagi kami akan meninggalkan Bangkok😦 Baiklah, ceritanya saya lanjut nanti lagi yah, sekarang biarkan saya fokus menikmati momen-momen terakhir di Bangkok🙂

Sekian dan terima kasih

========================================================

6 thoughts on “Bangkok Day 4: Pratunam Market, KBRI Bangkok, Jersey Thailand

  1. Mas mau nanya dong, kalau mau beli kaos2 yang ada gambar2 gajah itu lebih murah di Pratunam atau MBK ya ?? Kalau di Pratunam pasti ada nggak ya ? Makasih

    • Hallo,
      kalo pendapat saya pribadi sih pasti lebih murah di Pratunam karena tempatnya memang seperti pasar grosir pakaian gitu, mirip2 tanah abang di Jakarta, pilihannya juga lebih banyak dibanding MBK, dan pasti ada kok, saya juga waktu itu beli di Pratunam Market.
      Good luck ya

      • Oh, makasih ya mas infonya. Oiya mau tanya lagi kalai baju-baju gambar gajah atau tulisan Thailand harganya kisaran berapa baht waktu mas beli ??

      • Seingat saya antara 65 – 100 THB sudah dapat yang kualitasnya cakep kok mas.
        Dan, jangan ragu-ragu menawar harga ya di Bangkok ini, biasanya dikasih😀
        Seperti yang saya ceritakan di tulisan ini, ada penjual yang ternyata punya teman dari Indonesia, eh jadinya ngasih saya diskon dan bonus gara-gara itu hehe

        Good Luck mas

    • halo mas,
      maaf saya kurang tau kalo pabriknya mas hehe…
      kalo toko tokonya banyak di samping national stadium seperti yang saya tulis di tulisan ini.
      toko toko di sini bisa jadi supplier juga untuk LN setau saya.

Leave a Reply

