Mandala Air Jakarta – Bangkok: Perjalanan Dinas Kampus

Over The Coastal Line of Gulf of Thailand

Setelah lama berjuang, akhirnya datang juga kesempatan merasakan pengalaman bepergian ke luar negeri itu. Ya, 2-5 April 2013 Saya berkunjung ke Bangkok dalam rangka tugas dinas kampus saya, thanks to Politeknik Telkom!. Dalam kesempatan pertama ini, Saya ke Bangkok bersama sembilan orang teman dan lima orang dosen pembimbing. Total tim ini berjumlah 15 orang. Untuk transportasi Indonesia – Bangkok PP, kami telah dibelikan tiket Mandala Air oleh kampus.

Flight Details:
Flight Number: RI900

Origin: Jakarta, Soekarno Hatta International Airport (CGK)

Destination: Bangkok, Suvarnabhumi International Airport (BKK)

Fleet: Airbus A320-232 PK-RMO

Date: Tuesday, 2 April 2013

Takeoff: 7.00 AM (Scheduled)

Landing: 10.20 AM (Scheduled)

Seat: 27A

Tanggal 2 April, jam 1 pagi kami sudah meninggalkan Bandung menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang, Banten. Perjalanan dengan kendaraan travel memakan waktu kurang lebih 3 jam sampai di terminal 3 Soekarno Hatta. Pukul 5 pagi, check in counter Mandala tujuan ke Bangkok telah dibuka. Kami 15 orang langsung check-in bersama. Pada check-in kali ini, Saya tidak melakukan request seat, tapi surprisingly saya dapat seat number 27 A (window seat lover😉.. hehe)

Check-in Counters T3

Pagi itu, terminal 3 keberangkatan internasional tidak terlalu dipadati penumpang. Kalo saya tidak salah, hanya ada dua international flight pagi itu yakni Jakarta – Kuala Lumpur dan penerbangan kami ke Bangkok. Alhasil, ketika di pintu imigrasi, tidak terjadi antrian yang lama. Proses keimigrasian berjaan lancar dan secara resmi, paspor baru saya telah mendapatkan stempel pertamanya.. Yes!😀

My Boarding Pass and Pasport

Selesai dari pemeriksaan imigrasi, kami langsung menuju ke ruang tunggu setelah sebelumnya melewati pemeriksaan terakhir. Di sini, segala cairan dan gel termasuk air minum yang volumenya lebih dari 100ml wajib ditinggalkan dan tidak boleh dibawa masuk. Banyak penumpang yang akhirnya “terpaksa” menghabiskan semua air minumnya walaupun masih banyak (biar gak sia-sia mungkin hehe) daripada harus dibuang begitu saja. Selain itu, jika memakai ikat pinggang yang berkepala besi, maka wajib dilepas dan dilewatkan pada pemeriksaan X-Ray Scanner. Pemeriksaan penumpang penerbangan internasional lebih ketat daripada penerbangan domestik (padahal seharusnya sama-sama ketat ya).

Berhasil tiba di ruang tunggu kurang lebih setengah jam sebelum boarding, bisa kami manfaatkan untuk istirahat sebelum mengudara lebih dari 3 jam nanti. Dari waiting room, tampak aktivitas terminal 2. Selain itu, ruang tunggu Terminal 3 yang merupakan Eco-Friendly designed building juga sangat bagus dan nyaman (My first time here indeed :D)

Waiting Room T3

Sekitar jam 7 kurang 15 menit, Boarding Call penumpang Mandala Air tujuan Bangkok diumumkan. Keluar dari terminal 3, kami telah ditunggu oleh bus Mandala Air yang akan mengantarkan kami ke pesawat yang berada di apron timur terminal 3. Selama perjalanan di bis, ada penampakan pesawat AirAsia livery “WOW” a.k.a PK-AXS dan pesawat-pesawat penghuni terminal 3 lainnya.

AirAsia’s Fleet

Another QZ

Lion Air’s B739

Proses Boarding berlangsung lumayan lama, karena pesawat yang tampaknya full load. Sepertinya Mandala mulai berkuasa di rute ini karena memang satu-satunya maskapai Low Cost yang melayani rute Jakarta – Bangkok (ke bandara Suvarnabhumi) selain AirAsia yang melalui bandara Don Mueang di Bangkok. Selama boarding, kesempatan lagi untuk intip sekitar😀

Another RI Fleet

SQ B777 Landing

QZ Boarding and CI Landing

PK-AXS Takeoff

Setelah proses boarding selesai dan pintu pesawat ditutup, Cabin Crews mulai memperagakan safety demo kepada penumpang. Kemudian, kurang lebih pukul 7 pagi itu, pesawat mulai push back kemudian taxiing ke runway 25R. Setelah menunggu dua pesawat yang landing, akhirnya pesawat kami Cleared for Takeoff. Pesawat kemudian takeoff dengan mulus dan langsung berputar ke arah utara climbing untuk mencapai ketinggian jelajah dan arah menuju Bangkok.

Selama penerbangan, tidak banyak yang dapat kami lakukan karena memang fasilitas yang tersedia, ya maskapai Low Cost lah. Yang ada adalah inflight magazine yang dapat kami bolak balik sambil sesekali mengambil momen indah di udara waktu itu. Dalam penerbangan ini, Cabin Crews Mandala Air menyediakan meal and merchandise sale. Harga barang telah tertera di inflight shop menu yang ada di masing-masing kursi.

Isi “Kantung Doraemon”😀

Leg Room

A Precious Moment

Over Melaka Strait

Tidak terasa, 3 jam lebih sudah penerbangan dan kami segera mendarat di Bangkok. Pramugari kembali mengumumkan safety information untuk persiapan landing. Mendarat di Bangkok untuk pertama kalinya langsung di Bandara Suvarnabhumi, salah satu bandara tersibuk di Asia. Bandara ini sangat megah dan seperti menyambut kedatangan kami dengan keramahan di The Land of Smile, Thailand. Alhamdulillah touch down Bangkok dengan selamat. Selamat Datang di Bangkok.

Air France B777

Thai Airways International B777-2D7 HS-TJH

TC-JND Turkish Airline A330

Selain foto-foto di atas, teman-teman dapat melihat flight report ini dalam bentuk video pada video berikut: